tes pendengaran
Solusi Masalah Pendengaran

Tes Pendengaran, Apa yang Anda Dapatkan ?

No ratings yet.

Apakah Anda pikir Anda mungkin menderita gangguan pendengaran? Langkah pertama untuk menentukan apakah Anda memerlukan bantuan pendengaran adalah mengikuti tes pendengaran. Tapi seperti apa tes pendengaran ini? Ingin tahu tentang apa yang akan terjadi selama pertemuan pendengaran pertama Anda audiolog?  Pelajari apa yang diharapkan pada ujian pendengaran Anda dan bagaimana Anda dapat dipersiapkan.

Baca juga : Mengenal Audiolog, Tenaga Kesehatan Untuk Pendengaran

 

Sejarah pendengaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika Anda masuk untuk tes pendengaran adalah memberikan beberapa informasi tentang kesehatan dan riwayat pendengaran Anda. Ini dapat membantu menentukan kemungkinan penyebab gangguan pendengaran dan memberi audiologis Anda beberapa informasi tentang cara terbaik untuk merawat Anda.

 

Beberapa hal yang mungkin perlu Anda ketahui untuk riwayat pendengaran Anda meliputi:

 

  1.   Riwayat penyakit Anda yang dapat menyebabkan masalah pendengaran, seperti alergi, infeksi telinga, atau berbagai jenis trauma kepala atau      telinga.
  2.   Riwayat pengobatan Anda
  3.   Riwayat pekerjaan Anda, terutama jika Anda bekerja di lingkungan yang bising atau keras
  4.   Riwayat gangguan pendengaran keluarga Anda
  5.   Masalah atau gejala terkait telinga sebelumnya yang pernah Anda alami, seperti tinitus, sakit telinga, atau operasi atau perawatan telinga              sebelumnya.

 

Inspeksi dan pengujian telinga

Setelah audiolog Anda memiliki pemahaman tentang riwayat pendengaran Anda, ia akan melakukan beberapa tes dan pemeriksaan pendengaran yang berbeda. Tes-tes ini tidak menyakitkan dan umumnya non-invasif. Beberapa tes pendengaran yang paling umum meliputi:

 

Pemeriksaan secara visual

Seringkali tes pertama yang dilakukan audiolog Anda adalah inspeksi visual sederhana pada telinga luar dan tengah Anda. Pemeriksaan visual ini dapat membantu untuk mendiagnosis kelainan apa pun dengan telinga Anda sendiri, dan juga untuk menemukan endapan kotoran telinga atau benda asing yang dapat mengganggu pendengaran Anda. Ini juga cara termudah untuk melihat apakah telinga tengah dan gendang telinga Anda meradang atau rusak.

 

Pengujian nada murni

Tes pendengaran klasik untuk sebagian besar orang adalah tes nada murni, juga dikenal sebagai tes medan suara atau konduksi udara. Tes ini dilakukan dengan mengenakan sepasang headphone dan mendengarkan nada pada frekuensi dan volume yang berbeda. Ketika Anda mendengar nada, Anda akan diminta untuk menekan tombol atau memberi sinyal kepada audiolog. Tes ini membantu menentukan frekuensi dan tingkat suara yang dapat ditangkap telinga Anda dengan akurat, dan juga memberi tahu audiolog Anda jenis gangguan pendengaran yang mungkin Anda miliki. 

 

Pengujian bicara

Tes lain yang mirip dengan tes nada adalah tes bicara. Dalam tes ini, audiolog Anda akan memainkan kata dan frasa yang berbeda untuk Anda melalui satu set headphone dan meminta Anda untuk mengulanginya. Ini membantu audiolog Anda secara akurat menentukan kemampuan pendengaran Anda dalam percakapan normal.

 

Hasil

Setelah Anda mengambil tes pendengaran, audiolog Anda akan memeriksa hasil tersebut dan membuat rekomendasi untuk apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Ini mungkin termasuk tindak lanjut dengan dokter Telinga, Hidung, dan Tenggorokan atau rekomendasi untuk alat bantu dengar. Sebagian besar janji temu pendengaran berlangsung sekitar satu jam, dan tergantung pada hasil Anda, Anda mungkin perlu membuat janji tindak lanjut juga.

 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang menjadwalkan ujian pendengaran atau memahami hasil Anda, hubungi pusat alat bantu dengar Indonesia (ABDI) hari ini atau hubungi nomor 0800-100-2234 untuk membuat janji temu dengan perawat professional pendengaran di wilayah terdekat dimana Anda  tinggal.

Please rate this

and share :