Tips Traveling Bagi Penderita Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Tips Traveling Bagi Penderita Gangguan Pendengaran

5/5 (1)

Bagi sebagian orang, traveling adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan dan sangat dinanti tidak terkecuali bagi orang yang menderita gangguan pendengaran. Banyak hal-hal penting  yang Anda persiapkan sebelum bepergian.

Agar masalah bepergian ini menjadi sesuatu yang aman dan nyaman bagi penderita gangguan pendengaran, maka tips-tips di bawah ini perlu Anda ketahui sebelum berangkat berwisata ke tempat yang Anda inginkan.

Tips Traveling Bagi Penderita Gangguan Pendengaran

Siapkan Sejak Awal

Sebelum memesan hotel, tanyakan tentang akomodasi yang tersedia untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran. Banyak hotel, terutama di negara-negara maju, memiliki kamar dengan fasilitas khusus untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran (misalnya, lampu berkedip untuk telepon dan bel pintu) jika Anda memintanya terlebih dahulu. Jika Anda bepergian dengan perusahaan tur, beritahu mereka tentang kebutuhan akomodasi Anda. Mereka mungkin bisa membantu.

Gunakan Teknologi

Unduh semua aplikasi yang relevan ke Smartphone Anda sebelum melakukan perjalanan. Sebagian besar aplikasi perusahaan penerbangan dan kereta api menyertakan jadwal dan memberikan peringatan untuk perubahan atau penundaan keberangkatan. Berlatihlah menggunakan aplikasi sebelum Anda pergi sehingga Anda siap jika mengalami kesulitan dalam perjalanan nanti.

Mengingatkan Orang Lain Tentang Kebutuhan Anda

Orang sering tidak menyadari gangguan pendengaran yang Anda alami karena tidak terlihat. Jadi jangan malu mengingatkan orang lain tentang kebutuhan Anda. Teguran lembut seperti memegang tangan di belakang telinga Anda sering berhasil dengan baik dan tidak mengganggu jalannya percakapan. Ketika ada informasi penting yang disampaikan, minta dalam bentuk tertulis jika memungkinkan. Bawalah buku catatan dan pena di tas Anda agar prosesnya mudah.

Bawalah Pelindung Telinga

Di kota-kota, kebisingan lalu lintas dan konstruksi ada dimana-mana. Menghadiri pertunjukan musik adalah cara yang bagus untuk menjelajahi tempat baru. Bawa penutup telinga ekstra untuk dibagikan dengan teman seperjalanan Anda.

Jangan Lupa Membawa Baterai Ekstra

Perangkat Anda tidak akan berfungsi tanpa daya. Pastikan untuk membawa persediaan baterai ekstra yang cukup. Siapkan pasokan baterai dalam tas perjalanan yang berbeda agar memudahkan Anda saat ingin mengganti baterai. Periksa apakah semua charger berfungsi dengan baik dan bawa tambahan jika tersedia.

Miliki Rencana Cadangan

Tetapkan rencana cadangan sebelum Anda pergi sehingga Anda dapat dengan mudah menerapkannya jika diperlukan. Contohnya termasuk menggunakan pocket-talker, sistem FM, atau menghubungkan headset berkualitas tinggi ke aplikasi yang membantu pendengaran pada smartphone Anda. Jika Anda memiliki alat bantu dengar cadangan, sebaiknya Anda bawa juga.

Dengan menjalankan beberapa tips diatas, Anda yang mengalami gangguan pendengaran tetap dapat menikmati perjalanan dan liburan tanpa masalah. Ingin mendapatkan tips dan berkonsultasi terkait masalah pendengaran yang lain? klik di sini.

Please rate this

and share :