Solusi Masalah Pendengaran

Keunggulan dan Kelemahan Tipe Behind The Ear (BTE)

5/5 (1)

Alat bantu dengar merupakan suatu perangkat akustik yang digunakan di dalam atau di belakang telinga seseorang yang mengalami gangguan pendengaran. Cara kerja alat bantu dengar adalah dengan memperkuat atau memperbesar suara di sekitar sehingga membantu penggunanya untuk mendengar dengan lebih jelas. Perlu diketahui bahwa alat bantu dengar tidak bisa menyembuhkan gangguan pendengaran yang diderita oleh seseorang. Namun tetap saja, alat ini akan sangat membantu bagi seseorang yang menderita gangguan pendengaran. Dengan alat ini, mereka dapat kembali berkomunikasi dengan baik, mengurangi stres akibat kesulitan dalam mendengar, dan yang paling penting adalah penderita gangguan pendengaran mampu tetap hidup produktif layaknya orang dengan pendengaran normal.

Alat bantu dengar sudah sangat banyak membantu para penderita gangguan pendengaran di seluruh dunia. Salah satu alat bantu dengar yang paling banyak digunakan saat ini adalah tipe Behind-the-Ear (BTE) yakni alat bantu dengar yang dipasangkan di belakang telinga dan dihubungkan dengan cetakan telinga (earmold) atau tabung mikro yang terpasang di telinga luar. Suara atau bunyi yang ada di sekitarnya akan disalurkan melalui earmold untuk diteruskan ke dalam telinga. Alat bantu dengar tipe BTE ini sudah ada sejak waktu yang lama dan hingga saat ini tipe ini telah mengalami peningkatan mulai dari bentuknya yang semakin kecil sehingga membuatnya semakin tidak terlihat, semakin canggih, dan semakin kuat. Meskipun demikian, tipe BTE  masih memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pro dan kontra alat bantu dengar tipe BTE.

PRO

  • Cocok dipakai untuk semua jenis gangguan pendengaran baik dari gangguan pendengaran ringan maupun parah. Tipe BTE ini dapat dipakai oleh siapapun bahkan bisa dikatakan tipe BTE adalah jenis alat bantu dengar yang paling cocok untuk anak-anak.
  • Karena baterai yang digunakan pada tipe BTE ini berukuran lebih besar dibandingkan degan baterai untuk tipe lainnya, maka tipe BTE pun bisa menyim pan amplifier yang lebih besar sehingga hasil amplifikasi suara pun lebih baik.
  • Pilihan gaya yang bermacam-macam. Tipe BTE ini hadir dalam berbagai gaya dan warna mulai dari warna terang, gelap, sampai warna yang senada dengan kulit yang membantu menyamarkan alat bantu dengar tersebut.
  • Daya tahan baterai lebih lama. Karena ukuran alat bantu dengar tipe BTE yang lebih besar dari pada tipe lainnya, maka ia bisa memuat baterai dengan ukuran yang lebih besar pula. Semakin besar ukuran baterai, semaklin lama juga daya tahannya.
  • Fitur yang dimiliki oleh tipe BTE ini lumayan lengkap mulai dari mikrofon, bluetooth, dan antifeedback.
  • Lebih mudah perawatannya. Karena bentuknya, pengguna tipe BTE akan lebih mudah dalam membersihkan, memegang, dan melepas-pasang baterai dibandingkan dengan alat bantu dengar tipe lain yang notabene berukuran lebih kecil seperti tipe In-The-Canal.
  • Tipe BTE yang paling basic memiliki harga yang paling terjangkau dibandingkan dengan tipe alat bantu dengar lain.

KONTRA

  • Terlihat dari luar. Karena letak penggunaan tipe BTE ini di belakan telinga, maka ia akan sangat mudah terlihat oleh orang lain. Sedangkan banyak penderita gangguan pendengaran yang merasa malu menggunakan alat bantu dengar. Maka untuk mereka yang ingin menyembunyikan alat bantu dengar yang dipakai, maka tipe BTE ini bukanlah pilihan yang tepat.
  • Posisinya yang berada di luar telinga membuat tipe BTE memiliki masalah dengan wind-noise yakni kebisingan yang disebabkan oleh deru angin. Meskipun demikian, perbaikan teknologi terus dilakukan oleh produsen alat bantu dengar dengan menyediakan fitur peredam wind-noise.
  • Ukuran yang terlalu besar jugadapat menjadi masalah bagi sebagian orang. Beberapa orang menganggap ukuran tipe BTE yang terlalu besar ini sebagai kekurangan karena terkesan tidak simple.

Jika dilihat dari penjelasan di atas, terdapat lebih banyak keunggulan yang dimiliki oleh tipe BTE dibandingkan dengan kelemahannya. Sebenarnya semua kembali pada pilihan masing-masing individu, tergantung dengan selera dan kebutuhan juga.

Anda dapat menemukan alat bantu dengar tipe BTE sesuai dengan pilihan Anda sendiri di sini

 

Please rate this

and share :