Kaitan Antara Hipertensi dan Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Kaitan Antara Hipertensi dan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Gangguan pendengaran telah dikaitkan dengan berbagai dampak negatif bagi kesehatan secara keseluruhan. Seperti peningkatan risiko isolasi sosial, depresi, dan demensia. Hipertensi atau juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi, dapat menjadi faktor risiko besar untuk stroke dan penyakit jantung. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, satu dari tiga orang dewasa menderita tekanan darah tinggi. Tapi apa hubungannya dengan gangguan pendengaran?

Apa Itu Tekanan Darah?

Tekanan darah adalah ukuran kekuatan darah terhadap dinding pembuluh darah. Jika tekanan darah tinggi, itu berarti jantung Anda memompa darah melalui arteri dengan sangat cepat. Gaya yang berlebihan menyebabkan kerusakan pada lapisan dinding pembuluh darah yang halus, menghasilkan area dimana penumpukan plak berlemak. Ini dapat menyebabkan benjolan yang semakin besar karena semakin banyak plak yang terkumpul. Efek jangka panjang dari ini adalah pembuluh darah mengumpulkan sejumlah besar plak lemak, yang mengurangi atau menghentikan aliran darah dan berpotensi membuat gumpalan darah.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Beberapa faktor meningkatkan risiko memiliki tekanan darah tinggi, dan ini termasuk asupan garam yang tinggi, merokok, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, konsumsi alkohol yang signifikan, stres, usia, dan genetika. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa hanya setengah dari orang Amerika dengan hipertensi yang dirawat dan dikendalikan. Faktor yang berkontribusi terhadap hal ini adalah kebanyakan orang tidak tahu kapan tekanan darah mereka meningkat dan perlu memeriksakan tekanan darah untuk menyadari bahwa mereka berada di luar batas sehat.

Konsekuensi Gangguan Pendengaran Bagi Kesehatan Secara Keseluruhan

Mirip dengan tekanan darah, kita sering tidak dapat merasakan perubahan kecil karena gangguan pendengaran kita berkembang. Bahkan jika kelihatannya gangguan pendengaran tidak berhubungan langsung dengan gangguan fisik berbahaya dan penurunan kognitif, ilmu pengetahuan memberitahu kita bahwa semuanya lebih terhubung daripada yang kita pikirkan. Peningkatan tekanan darah dapat melukai arteri dan menyebabkan masalah sirkulasi di bagian tubuh manapun, gangguan pendengaran dapat mengurangi stimulasi dan menyebabkan kerusakan pada otak. Para ilmuwan telah menemukan bahwa gangguan pendengaran dapat memicu isolasi sosial dan depresi, yang dikenal sebagai faktor risiko penurunan mental.

Baca juga : Kenali Dampak Gangguan Pendengaran Pada Kesehatan Mental

Hubungan Antara Pendengaran dan Jantung

Hubungan antara kesehatan jantung dan kesehatan pendengaran adalah tentang peredaran darah ke seluruh tubuh. Peredaran darah memiliki kemampuan untuk mempengaruhi sejumlah proses tubuh, terutama di bagian tubuh yang paling rapuh – seperti koklea. Organ dalam telinga yang halus yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal suara ke otak. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah pada koklea, merusak sel, menghilangkan sel oksigen dan nutrisi, dan menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

Pemeriksaan Tekanan Darah dan Tes Pendengaran

Jika Anda atau siapa pun yang Anda kenal memiliki tekanan darah tinggi, Jadwalkan tes pendengaran, dan cari tahu apakah pendengaran Anda dipengaruhi oleh tekanan darah Anda. Dan jika Anda atau orang yang dicintai mengalami gangguan pendengaran, pastikan Anda juga mengunjungi Ahli tenaga perawatan kesehatan pendengaran disini untuk memeriksa tekanan darah Anda. Kehilangan pendengaran dan hipertensi berjalan seiring, sehingga mengenali koneksinya lebih awal dapat menyelamatkan pendengaran Anda – atau bahkan hidup Anda.

Sumber : https://www.yourhearinghealth.com/blog/a-link-between-hypertension-hearing-loss/

Please rate this

and share :