Infeksi Telinga Tengah Pada Anak
Pendengaran

Infeksi Telinga Tengah Pada Anak

No ratings yet.

Ada berbagai jenis infeksi telinga, seperti otitis eksterna atau yang dikenal sebagai  telinga perenang. Dan semuanya dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara. Namun yang kebanyakan terjadi pada anak-anak adalah infeksi telinga tengah. Hal ini paling terkait dengan gangguan pendengaran sementara pada anak.

Infeksi telinga tengah yang juga disebut otitis media akut dapat menyebabkan sakit telinga dan peradangan. Selama atau setelah infeksi awal, cairan dapat menumpuk di ruang yang dipenuhi udara di belakang gendang telinga. Hal ini dikenal sebagai otitis media dengan efusi .

Penumpukan ini dapat mengurangi mobilitas gendang telinga dan tulang tengah, yang menyebabkan masalah pendengaran. Tetapi jika dirawat dengan benar, infeksi akan hilang, sakit telinga akan hilang, dan kemampuan pendengaran anak akan kembali normal. Namun, penting untuk mempelajari penyebab, gejala, dan faktor risiko sehingga Anda tahu kapan harus mencari bantuan medis untuk anak Anda.

Penyebab Infeksi Telinga Tengah

Singkatnya, infeksi telinga tengah hampir selalu berkembang selama atau setelah infeksi pernapasan atas, seperti flu biasa. Infeksi menyebabkan peradangan dan pembengkakan di belakang tenggorokan, termasuk bagian anatomi yang dikenal sebagai tabung Eustachius. Tabung ini menghubungkan tenggorokan ke telinga tengah, dan ketika bengkak, ia tidak bisa lagi menyamakan tekanan di ruang telinga tengah.

Tekanan ini menumpuk di ruang telinga tengah yang kecil dan sekresi normal tidak bisa mengalir seperti biasanya. Tekanan negatif dan kelebihan cairan dapat menyebabkan sakit telinga, tekanan, pusing, dan gangguan pendengaran sementara.

Mengapa Anak-Anak Sangat Rentan Terhadap Infeksi Telinga?

Sebenarnya hal ini bisa terjadi pada siapa saja yang terkena flu. Namun, anak yang lebih kecil jauh lebih rentan karena dua alasan. Pertama, sistem kekebalan tubuh mereka kurang berkembang, sehingga lebih sulit untuk melawan infeksi pernapasan. Kedua, tabung Eustachius mereka lebih horizontal, sehingga membuat cairan lebih sulit mengalir.

Faktor risiko lain adalah infeksi kronis dari kelenjar gondok atau amandel. Kelenjar ini dekat dengan tuba Eustachius, sehingga penyerang virus atau bakteri dapat dengan mudah menyebar ke telinga tengah. Dalam kasus-kasus itu, seorang spesialis telinga-tenggorokan-hidung, yang dikenal sebagai otolaryngologist, dapat merekomendasikan operasi pengangkatan kelenjar-kelenjar tersebut – dikenal sebagai tonsilektomi atau adenoidektomi – untuk mencegah penyebaran infeksi di masa depan. Setelah area bedah sembuh kemungkinan akan membaik.

Gejala Infeksi Telinga Tengah

Untuk bayi dan balita, mungkin sulit mengenali gejala untuk anak kecil yang tidak bisa mengungkapkan rasa sakit atau iritasi telinga yang mungkin mereka alami. Berikut adalah gejala yang biasanya terjadi :

  • Demam
  • Terus-menerus menggaruk atau menarik telinga (menunjukkan rasa sakit atau tidak nyaman)
  • Respons yang lambat terhadap suara dan suara lainnya (menunjukkan masalah pendengaran)
  • Sifat lekas marah
  • Sekresi dari telinga

Untuk anak-anak yang lebih besar, remaja dan orang dewasa, gejala-gejala ini sering terjadi:

  • Sakit telinga yang konstan
  • Perasaan tertekan di telinga
  • Kesulitan memahami ucapan
  • Perasaan pusing atau tidak seimbang
  • Muntah atau mual umum

Jika Anda atau anak Anda memiliki gejala-gejala di atas, hubungi dokter anak, dokter keluarga atau otolaringologi Anda. Penting untuk bertindak cepat karena dapat mempengaruhi pendengaran anak Anda. Ini bisa mengganggu, tetapi hampir selalu bersifat sementara dan tidak mengakibatkan gangguan pendengaran permanen. Namun, gangguan pendengaran harus dievaluasi oleh profesional kesehatan.

Jika Gangguan Pendengaran Bukan Karena Infeksi

Jika anak Anda mengalami kehilangan pendengaran secara tiba-tiba tetapi tidak ada tanda-tanda gangguan telinga tengah atau infeksi pernapasan, pastikan untuk melakukan perawatan pendengaran dengan menghubungi website kami disini. Bertindak cepat penting karena anak-anak dengan gangguan pendengaran dapat mengalami keterlambatan perkembangan bahasa dan bicara.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/help/hearing-loss/middle-ear-infections

Please rate this

and share :