Hal yang Dilakukan Pada Pemeriksaan Pendengaran Pertama
Pendengaran

Hal yang Dilakukan Pada Pemeriksaan Pendengaran Pertama

No ratings yet.

Bersikap proaktif tentang kesehatan pendengaran dengan melakukan pemeriksaan pendengaran akan sangat membantu kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan. Tentunya Anda akan merasa sangat terbantu dengan melakukan pemeriksaan pendengaran. Prosedur pemeriksaan pendengaran sendiri dapat bervariasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Disini kami memberikan gambaran umum tentang apa yang dapat Anda harapkan pada kunjungan pertama ke tempat perawatan profesional pendengaran Anda.

Melengkapi Formulir Informasi

Pada awal pemeriksaan pendengaran umumnya Anda akan diberi beberapa dokumen untuk diisi dengan lengkap. Dokumen tersebut berisi biodata dan semua kondisi medis maupun keluhan yang Anda rasakan. Pemeriksaan pendengaran tidak hanya untuk menilai pendengaran, namun juga dapat menentukan apakah masalah pendengaran Anda mungkin disebabkan oleh kondisi medis yang telah Anda informasikan melalui dokumen tersebut. Jika ada kondisi medis yang dicurigai, mereka dapat merujuk Anda ke seorang profesional medis yang sesuai.

Sebagian besar profesional pendengaran akan mengolah informasi dari dokumen yang Anda isi saat pertama kali datang. Oleh karena itu, memberikan informasi dengan lengkap dan benar akan membantu penyedia perawatan pendengaran untuk memberikan Anda perawatan sebaik mungkin.

Pemeriksaan Kondisi Telinga

Profesional pendengaran biasanya akan mulai dengan melihat kondisi telinga Anda dengan sebuah alat yang disebut Otoskop. Mereka mencari tanda-tanda kelainan atau kondisi medis yang dapat berkontribusi pada masalah pendengaran Anda. Selain itu, mungkin Anda hanya memiliki penumpukan kotoran telinga yang dapat berkontribusi pada masalah pendengaran dan dapat menghalangi proses pemeriksaan pendengaran secara akurat.

Pemeriksaan Pendengaran

Prosedur pemeriksaan pada setiap tempat dapat bervariasi tergantung pada masalah pendengaran dan kekhawatiran Anda. Karena itu, jangan terkejut jika pemeriksaan Anda berbeda dari seorang teman yang memberitahu Anda tentang pengalaman pemeriksaan pendengaran mereka. Pengujian dapat meliputi:

  • Tes tekanan- untuk memeriksa fleksibilitas gendang telinga Anda (dan kemampuannya untuk mengirimkan suara)
  • Tes nada – untuk mengukur seberapa lembut Anda dapat mendengar nada dari nada yang berbeda (yang akan dipetakan pada audiogram)
  • Tes percakapan – di mana Anda diminta untuk mengulangi kata-kata dan / atau kalimat yang Anda dengar pada tingkat yang berbeda

Evaluasi Hasil Pemeriksaan Pendengaran

Setelah pemeriksaan, profesional pendengaran akan mendiskusikan hasil tes dan membuat rekomendasi untuk langkah selanjutnya. Selain itu Anda juga akan direkomendasikan untuk melakukan reevaluasi dalam beberapa bulan hingga satu tahun. Jika dari hasil pemeriksaan ternyata Anda mengalami gangguan pendengaran maka Anda akan disarankan menggunakan alat bantu dengar atau perawatan pendengaran lainnya yang sesuai dengan kondisi pendengaran Anda. Diskusi tambahan seputar pemilihan alat bantu dengar juga dapat dilakukan.

Pemeriksaan Pendengaran Rutin

Pendengaran Anda terkait dengan banyak hal yang mempengaruhi kualitas hidup – termasuk karir, hubungan sosial, kesehatan fisik dan mental, dan banyak lagi. Sehingga sangat penting untuk bersikap proaktif, menyeluruh dan menangani gangguan pendengaran sebelum menjadi semakin parah.

Untuk menghindari masalah yang lebih serius akibat keterlambatan pemeriksaan pendengaran, maka segera  temukan seorang profesional pendengaran di dekat Anda dan jadwalkan janji pemeriksaan pendengaran Anda hari ini atau klik di sini.

Please rate this

and share :