Kebiasaan yang Membahayakan Kesehatan Pendengaran
Pendengaran

Kebiasaan yang Membahayakan Kesehatan Pendengaran

No ratings yet.

Dalam kehidupan sehari hari, sering tanpa disadari kita membahayakan kesehatan pendengaran sendiri. Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan pendengaran. Kebiasaan ini, jika tidak kita hentikan dengan segera akan menyebabkan kerusakan permanen pada pendengaran.

Kebiasaan yang Dapat Membahayakan Kesehatan Pendengaran

Ingin tahu apa saja kebiasaan tersebut? Di bawah ini akan kita bahas beberapa kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan pendengaran.

Merokok dan Vaping

Nikotin membatasi aliran darah ke telinga, berpotensi merusak sel-sel rambut pada telinga dalam yang halus. Saat Anda merokok, semakin besar risiko kerusakan. Tidak hanya pendengaran Anda, tetapi juga pendengaran orang di sekitar. Studi menunjukkan bahwa remaja yang terpapar asap rokok pasif hampir dua kali lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran frekuensi rendah.

Hal yang sama berlaku untuk vaping. Rokok elektrik yang mengandung nikotin memiliki dampak yang sama pada sel-sel rambut telinga seperti halnya merokok. Dan cairan untuk rokok elektrik atau biasa disebut liquid mengandung ratusan bahan kimia dengan dampak kesehatan yang masih belum diketahui. Paling tidak, terdapat propilen glikol didalamnya. Dimana kandungan ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran mendadak.

Baca juga : Vaping dan Gangguan Pendengaran,Apakah Memiliki Keterkaitan?

Minum Alkohol

Mengkonsumsi Alkohol secara berlebihan dapat merusak hati Anda. Para ahli kesehatan percaya bahwa alkohol dapat mengganggu kemampuan otak untuk menafsirkan suara, terutama suara dalam frekuensi yang lebih rendah. Selain itu, racun yang terkandung dalam alkohol dapat merusak sel-sel rambut koklea yang terdapat pada telinga bagian dalam. Korteks pendengaran pusat otak sebenarnya dapat menyusut pada orang yang mengkonsumsi alkohol. Hal ini berarti bahwa saraf yang bertanggung jawab untuk memproses suara akan terkena dampak negatif.

Sebuah studi oleh para peneliti Jerman di University of Ulm menemukan bahwa minum berlebihan dalam jangka waktu lama merusak korteks pendengaran pusat. Sehingga meningkatkan waktu yang diperlukan untuk memproses suara. Hal ini dapat berarti Anda mungkin akan mengalami kesulitan mendengar orang yang berbicara dengan cepat. Atau membedakan satu suara dari suara yang lain di lingkungan di mana ada banyak kebisingan latar belakang.

Tidak Merawat Gigi

Rasanya aneh untuk berpikir bahwa merawat gigi Anda benar-benar dapat bermanfaat bagi pendengaran. Tetapi itu benar. Ketika gigi dan gusi Anda sehat, mulut akan bebas dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan pembengkakan. Ketika Anda lalai untuk menyikat gigi, bakteri berbahaya berkembang di mulut dan dapat memasuki aliran darah. Hal ini menyebabkan peradangan dan penyempitan pembuluh darah. Pembuluh darah termasuk yang penting untuk pendengaran.

Pendengaran yang baik tergantung pada sel-sel rambut (stereocilia) yang menerjemahkan impuls listrik dan mengirimkannya ke otak untuk interpretasi melalui saraf pendengaran.

Salah satu cara sel-sel rambut ini dapat rusak adalah dengan peradangan dan penyempitan pembuluh darah di telinga bagian dalam. Kerusakan ini tidak dapat dipulihkan, artinya gangguan pendengaran bersifat permanen. Beberapa gangguan pendengaran ini adalah wajar seiring bertambahnya usia, tetapi kebiasaan kesehatan gigi yang buruk dapat mempercepat prosesnya.

Mengabaikan Gangguan Pendengaran

Terakhir tetapi tentu tidak kalah penting, banyak orang mengabaikan gangguan pendengaran bertahun-tahun sebelum mencari bantuan untuk gangguan pendengaran. Hal ini biasanya terjadi karena stigma memakai alat bantu dengar. Tetapi jika hal ini diabaikan, kedepannya akan memiliki dampak kesehatan jangka panjang. Ketika otak Anda tidak mendengar semua kebisingan, Anda berisiko lebih tinggi mengalami penurunan kognitif, termasuk demensia.

Itulah sebabnya, di atas segalanya, jika Anda curiga Anda mengalami gangguan pendengaran, segera jadwalkan janji temu dengan praktisi perawatan pendengaran. Dengan segera melakukan pemeriksaan maka Anda akan terhindar dari masalah kesehatan pendengaran yang lebih serius di kemudian hari dan memiliki kesempatan untuk hidup lebih baik lagi.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/50937-Five-habits-that-are-harming-your-hearing-health

Please rate this

and share :