pusatalatbantudengar AksesorisAlatBantuDengar
Alat Bantu Dengar

Aksesoris Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Membeli alat bantu dengar adalah keputusan yang penting dan merupakan investasi yang penting bagi Anda yang mengalami gangguan pendengaran. Setelah memilih perangkat yang paling tepat dengan bantuan seorang profesional, kini saatnya Anda memilih aksesoris alat bantu dengar yang terbaik untuk memaksimalkan fungsi alat bantu dengar Anda.

Aksesoris alat bantu dengar yang wajib dimiliki

Beberapa aksesoris alat bantu dengar dibuat untuk menjaga alat bantu dengar agar tetap berfungsi dengan baik. Aksesoris tersebut umumnya disediakan oleh penyedia layananan kesehatan telinga sebagai bagian dari pembelian alat bantu dengar. Namun ada juga beberapa yang bisa didapatkan secara terpisah.

Baterai

Semua alat bantu dengar membutuhkan daya agar dapat berfungsi seperti seharusnya. Kecuali alat bantu dengar Anda menggunakan teknologi baterai rechargable atau dapat diisi ulang, Anda perlu menyimpan atau menyetok baterai habis pakai (dispossable). Pada umumnya, alat bantu dengar lebih banyak yang menggunakan jenis baterai habis pakai. Baterai alat bantu dengar ini tersedia dalam empat ukuran yang berbeda dari ukuran terkecil hingga terbesar yakni 10, 312, 13, dan 675. Alat bantu dengar baru akan berfungsi setelah menggunakan salah satu dari baterai tersebut. Biasanya, penyedia layanan kesehatan pendengaran Anda akan menyediakan beberapa baterai sekaligus untuk Anda pada awal pemakaian alat bantu dengar. Baterai diatas menggunakan sistem koding warna tertentu untuk memudahkan pengguna mengingat baterai apa yang digunakan untuk alat bantu dengarnya.

  • Ukuran 10 : kuning
  • Ukuran 312 : cokelat
  • Ukuran 13 : oranye
  • Ukuran 675 : biru

Ingatlah untuk selalu membawa baterai cadangan kemanapun Anda pergi agar alat bantu dengar Anda dapat selalu berfungsi tanpa gangguan. Selain itu, karena baterai akan terus diperlukan selama Anda menggunakan alat bantu dengar, tanyakan pada penyedia layanan kesehatan pendengaran Anda jika ada program atau komunitas yang membuat pembelian baterai jadi lebih nyaman dan ekonomis.

Alat pembersih

Perlu Anda ketahui bahwa untuk membersihkan alat bantu dengar, diperlukan alat khusus yang memang diciptakan untuk menjaga alat bantu dengar Anda tetap berfungsi dengan maksimal. Berikut adalah beberapa alat khusus untuk membersihkan alat bantu dengar.

MultiTool

Alat ini sudah lengkap terdiri dari seluruh bagian pembersih alat bantu dengar yang diperlukan ketika membersihkan hearing aids Anda. Bagian-bagian tersebut antara lain Wire Loop, Magnet, Brush, Handle, dan Cover

Brush / Sikat alat bantu dengar

Seperti sikat pada umumnya, sikat alat bantu dengar juga memiliki fungsi utama untuk menyapu kotoran yang menempel di bagian apapun pada alat bantu dengar Anda. Namun, sikat ini memiliki desain khusus dimana bulu-bulunya lembut dan tidak kasar. Sikat ini paling cocok digunakan untuk membersihkan alat bantu dengar tipe ITE (In-The-Ear) yang umumnya berbentuk cukup kecil.

Wire Loop

Fungsi dari wire loop adalah untuk mencungkil kotoran yang memenuhi lubang-lubang kecil pada mikrofon alat bantu dengar. Kotoran yang terdapat pada lubang-lubang kecil tersebut dapat menurunkan performa alat karena adanya penyumbatan. Untuk itu, alat ini sangat berguna untuk membersihkan alat bantu dengar Anda dengan maksimal.

Magnet

Magnet akan memudahkan Anda untuk menahan atau memegang alat bantu dengar agar tidak jatuh ketika dibersihkan

Wadah alat bantu dengar

Pada umumnya, layanan kesehatan pendengaran profesional akan menyediakan wadah untuk menyimpan dan melindungi alat bantu dengar Anda. Jadi, Anda pun dapat membawanya dengan aman jika Anda berpergian, dan dapat menyimpannya saat malam hari ketika Anda tidak menggunakannya.

Aksesoris alat bantu dengar pilihan

Sementara baterai dan peralatan pembersih alat bantu dengar adalah aksesoris yang sifatnya dasar, berikut ini adalah beberapa aksesoris pilihan yang membuat perawatan alat bantu dengar menjadi lebih mudah dan membantu Anda mendapatkan manfaat lebih.

Dehumidifier alat bantu dengar dan Unit Dry & Store

Jika Anda mudah sekali berkeringat, tinggal di iklim yang lembab, atau sering melakukan aktivitas luar ruang yang membuat alat bantu dengar terancam mengalami kerusakan akibat faktor kelembaban, maka aksesoris ini dapat membantu.

Pada dasarnya dehumidifier menngunakan sebuah dessicant untuk menyerap lembab. Dessicant  ini akan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama dengan reaktivasi secara rutin. Beberapa desiccant dibungkus dengan kantong lunak yang dapat diaktifkan kembali di oven microwave selama sekitar 1 menit. Ada juga yang dingkus dengan timah logam yang bisa ditempatkan dalam oven yang dipanaskan hingga 325 ° selama sekitar 30 menit.

Unit Dry & Store adalah aksesoris anti-lembab yang lebih canggih lagi. Unit Dry&Store adalah perangkat elektronik kecil yang menggunakan lampu UV untuk mengeringkan dan membersihkan alat bantu dengar semalaman. Alat ini dapat dibeli secara online atau melalui layanan kesehatan pendengaran Anda.

Perangkat streaming Bluetooth

Alat bantu dengar yang paling canggih umumnya sudah dilengkapi dengan teknologi Bluetooth sehingga mudah dihubungkan secara nirkabel ke berbagai perangkat seperti telepon genggam, pemutar MP3, dan televisi. Anda mungkin memerlukan perangkat streaming eksternal yang relatif murah dan dirancang untuk bekerja dengan alat bantu dengar yang Anda gunakan.

Perangkat pendengar pembantu (Assistive listening devices)

Aksesoris ini dapat membantu alat bantu dengar Anda bekerja lebih baik di lingkungan yang khusus seperti ruang kelas, ruang kuliah, atau tempat musik dan teater. Beberapa perangkay assistive bekerja dengan telepon rumah Anda untuk mempermudah percakapan dan yang lainnya bisa bergetar untuk membangunkan Anda di pagi hari atau mengingatkan Anda saat ada seseorang di depan pintu Anda.

Aksesoris alat bantu dengar untuk gaya hidup

Ada banyak alat bantu dengar yang disesuaikan dengan gaya hidup tertentu. Jika Anda senang bermain golf, bersepeda, atau berlari, sweatbands akan membantu menjaga keringat agar tidak mengenai alat bantu dengar. Aksesori lainnya memiliki klip yang memungkinkan Anda untuk berpartisipasi dalam olahraga atau aktivitas fisik namun tetap membuat perangkat alat bantu dengar Anda bersih, kering, dan mencegahnya terjatuh.

Aksesori lainnya seperti gantungan warna-warni dan stiker dapat membuat alat bantu dengar terlihat lebih menyenangkan, entah Anda adalah orang dewasa yang sadar mode atau anak yang ingin mengekspresikan dirinya.

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, langkah pertama adalah menemukan perawatan yang tepat untuk Anda dengan mengunjungi layanan profesional kesehatan pendengaran . Dan, sebelum Anda membeli aksesoris alat bantu dengar, berkonsultasilah dengan mereka untuk memastikan aksesoris tersebut dapat bekerja pada alat bantu dengar Anda.

Please rate this

and share :