Cara Mengatasi Gangguan Pendengaran Sedini Mungkin
Gangguan Pendengaran

Cara Mengatasi Gangguan Pendengaran Sedini Mungkin

No ratings yet.

Jumlah orang yang terlahir dengan gangguan pendengaran di Indonesia hanya sebesar 1/1000 kelahiran. Mungkin bagi beberapa orang terlihat sedikit. Padahal, gangguan pendengaran terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu. Penyebabnya biasanya karena paparan suara keras, penuaan, atau kombinasi keduanya. Sehingga, tidak menutup kemungkinan siapapun individu di dunia ini dapat mengalaminya seiring pertambahan usia.

Statistik menunjukkan bahwa prevalensi gangguan pendengaran berlipat ganda untuk setiap dekade kehidupan. Hal ini menjelaskan mengapa satu dari tiga orang berusia antara 65 – 74 tahun mengalami gangguan pendengaran. Dan hampir setengah lansia berusia diatas 75 tahun menderita gangguan pendengaran. Serta empat dari lima orang berusia lebih dari 85 tahun juga mengalami gangguan pendengaran.

Dengan kata lain, bagi kebanyakan individu, gangguan pendengaran adalah hal yang normal dan akan dialami seiring berjalannya hidup dan bertambahnya usia.

Cara Mengatasi Gangguan Pendengaran

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan apa yang harus Anda lakukan jika gangguan pendengaran yang tidak dapat dihindarkan terjadi pada Anda.

Periksakan Pendengaran

Jika Anda merasa mengalami perubahan pada pendengaran – baik karena adanya tanda-tanda umum atau karena pasangan, teman, rekan kerja, maupun anggota keluarga lainnya terus mempertanyakan kemampuan pendengaran Anda. Itu berarti Anda harus segera melakukan pemeriksaan pendengaran.

Anda dapat mengambil langkah awal dengan mengunjungi ahli kesehatan pendengaran untuk mendapatkan evaluasi pendengaran yang menyeluruh.

Tentukan Pilihan

Jika setelah melakukan pemeriksaan kemudian diketahui bahwa Anda mengalami gangguan pendengaran, maka Anda punya dua pilihan yang harus Anda tentukan segera. Pertama, mengabaikannya dan menghadapi tantangan komunikasi yang ada, atau Anda bisa memilih untuk segera mengatasinya.

Beberapa perubahan pada pendengaran hampir tidak terlihat. Salah satu contohnya seperti selalu meminta untuk mengulangi suatu percakapan/ pembicaraan, atau melewatkan suara kecil dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagian lainnya lebih jelas dan sangat terlihat dampaknya. Seperti salah mendengar informasi penting, atau merasa tersisih dari percakapan dan aktivitas.

Yang lainnya lagi bisa menjadi masalah yang mendalam dan berhubungan dengan kesehatan. Seperti peningkatan risiko depresi, kecemasan, jatuh dan rawat inap, isolasi sosial, dan bahkan demensia.

Namun, para dokter dan ilmuwan dari berbagai institusi termasuk Johns Hopkins Medicine and Columbia University telah lama mencatat bahwa mengatasi gangguan pendengaran dapat membantu mengatasi banyak tantangan ini. Dan penelitian telah menunjukkan bahwa bagi orang dengan gangguan pendengaran, menggunakan alat bantu dengar dikaitkan dengan penurunan risiko jatuh, depresi, kecemasan, dan demensia.

Kunjungi Profesional Perawatan Kesehatan Pendengaran

Menurut Dr. Frank Lin dari Johns Hopkins, Anda direkomendasikan untuk mengatasi gangguan pendengaran sedini mungkin dan jangan ditunda sebelum perubahan struktur otak terjadi. Anda dapat mulai dengan berkonsultasi ke dokter atau dokter umum. Atau, kunjungi langsung ke ahli kesehatan pendengaran, seperti otolaryngologist (dokter THT), audiolog atau spesialis alat bantu dengar.

Gunakan Alat Bantu Dengar

Jika Anda terkonfirmasi mengalami gangguan pendengaran, maka alat bantu dengar akan direkomendasikan untuk Anda gunakan. Alat bantu dengar adalah cara paling umum untuk mengatasi gangguan pendengaran. Perangkat ini dapat membantu sebagian besar orang yang memiliki masalah pendengaran. Terutama jika alat bantu dengar telah disesuaikan oleh profesional yang berpengalaman. Dan diprogram serta disesuaikan dengan kebutuhan unik pendengaran dan gaya hidup penggunanya.

Setelah Anda menggunakan alat bantu dengar, manfaatkan masa adaptasi dan selalu gunakan saat di rumah, di luar, selama bekerja, saat menonton TV atau saat menikmati aktivitas santai, dan di sekitar teman dan orang yang Anda cintai.

Bersabarlah karena Anda membutuhkan masa adaptasi yang tidak sebentar. Lihat dan alami sendiri mengapa begitu banyak pengguna alat bantu dengar mengatakan bahwa perangkat ini dapat mengubah hidup mereka.

Mendengar Lebih Baik, Hidup Lebih Baik

Kemudian, setelah Anda berhasil melewati masa adaptasi, putuskan sendiri – apakah Anda ingin kembali ke keadaan semula, tanpa menggunakan alat bantu dengar.

Atau…

Melanjutkan hidup Anda yang penuh warna dengan menggunakan alat bantu dengar.

Jika gangguan pendengaran telah membuat hidup Anda menjadi lebih sulit atau kurang menyenangkan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu.

Cukup hubungi 0800 1100 100 atau klik di sini, dan Anda akan menemukan daftar pusat layanan alat bantu dengar dengan ahli kesehatan pendengaran terdekat yang siap membantu.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2021/03/what-to-do-about-hearing-loss

 

Please rate this

and share :