Uncategorized

Ini Perbedaan Alat Bantu Dengar Biasa VS Premium

No ratings yet.

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran dan dokter THT yang Anda datangi sudah mengkonfirmasi bahwa Anda memerlukan alat bantu dengar, maka pilihan yang tersedia mungkin cukup membuat Anda kebingungan. Ada begitu banyak merek, variasi, dan pilihan yang tersedia, masing-masing dengan harga yang berbeda. Terkadang alat bantu dengar memang dapat menghabiskan begitu banyak uang. Namun ada juga alat bantu dengar yang bisa didapatkan gratis dengan syarat dan kondisi tertentu. Jadi bagaimana Anda memilihi alat bantu dengar yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda? Sebelum Anda memutuskan, ada baiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut.

  1. Fungsi Alat Bantu Dengar
    Sebelum Anda memahami perbedaan antara alat bantu dengar premium dengan alat bantu dengar yang murah, Anda perlu memahami apa fungsi dari alat bantu dengar. Tujuan utama dari alat bantu dengar adalah untuk membantu Anda mendengar apa yang seharusnya Anda dengar. Alat bantu dengar memiliki tiga bagian dasar yakni mikrofon, amplifier, dan speaker. Dengan istilah yang sangat sederhana, alat bantu dengar  menerima suara melalui mikrofon, mengubah gelombang suara menjadi sinyal elektrik dan kemudian mengirimkannya ke amplifier, yang meningkatkan kekuatan sinyal ini dan mentransmisikannya ke telinga melalui speaker. Yang perlu kita pahami adalah gangguan pendengaran yang dialami setiap orang berbeda. Kita tidak bisa jika hanya memperkuat suara apapun dalam kenyaringan tertentu. Alat bantu dengar digital masa kini, bahkan yang biasa sekalipun dapat memilih frekuensi suara mana yang harus diperkuat, dan memperkuat suara-suara tersebut dalam tingkat kenyaringan yang berbeda -tergantung dari fitur alat bantu dengar yang Anda miliki.
  2. Alat bantu dengar basic/biasa
    Sebenarnya alat bantu dengar basic atau biasa dengan harga yang lebih murah dari merek-merek ternama sudah dapat memperkuat suara dari frekuensi yang berbeda-beda sesuai dengan gangguan pendengaran yang Anda alami. Itu artinya, meskipun Anda membeli alat bantu dengar termurah sekalipun, itu tetap lebih baik dari pada tidak menggunakan alat bantu dengar sama sekali. Anda tidak lagi perlu menonton TV atau mendengarkan musik dengan suara yang sangat keras, Anda  dapat menikmati percakapan dengan lebih baik dibandingkan jika Anda tidak menggunakan alat bantu dengar. Jika harga adalah perhatian utama Anda, alat bantu dengar basic adalah pilihan terbaik untuk Anda. Meskipun demikian, Namun, jika gangguan pendengaran Anda terlalu parah, Anda mungkin memerlukan alat bantu dengar yang lebih bagus yang akan memakan biaya sedikit lebih banyak. Inilah alasan mengapa kita selalu mendorong setiap orang untuk memeriksakan pendengarannya  secara teratur untuk memastikan gangguan pendengaran mereka tidak terabaikan. Karena semakin terabaikan, maka derajat gangguan pendengaran yang dialami pun bisa semakin parah.
  3. Alat bantu dengar premium
    Dari harganya, otomatis fitur yang dimiliki oleh alat bantu dengar premium lebih unggul dan lebih banyak dibandingkan dengan alat bantu dengar basic. Kelebihan-kelebihan tersebut lah yang menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menghabiskan uang lebih dalam membeli alat bantu dengar. Teknologi alat bantu dengar ada untuk meningkatkan kualitas hidup mereka yang memiliki gangguan pendengaran. Selain melakukan fungsi dasarnya sebagai alat bantu dengar,  alat bantu dengar premium dengan teknologi terbaiknya memiliki fitur-fitur canggih yang membantu Anda mendengar lebih baik dari pada orang dengan alat bantu dengar basic, bahkan terkadang lebih baik dari pada orang dengan pendengaran normal. Misalnya, fitur penghilang kebisingan pada latar belakang suara. Ini memungkinkan Anda mendengar percakapan di area yang bising dengan lebih efektif. Jika aktivitas sehari-hari Anda sering berada di tempat yang ramai, maka alat bantu dengar premium seperti ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Fitur lain yang berguna adalah mikrofon direksional. Alat bantu dengar dengan fitur ini mampu menganalisis dan mengidentifikasi dari mana suara utama berasal, dan kemudian memperkuat sumber suara tersebut. Misalnya, ketika Anda mengemudi, alat bantu dengar Anda bisa mendeteksi bahwa sumber suara utama  berasal dari penumpang Anda, bukan suara jalan dari luar jendela kursi pengemudi Anda. Telah banyak penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam menciptakan algoritma cerdas sehingga pengguna alat bantu dengar bisa menikmati proses mendengar yang lebih baik dan berkualitas.

Berikut adalah beberapa fitur berguna lainnya:

  • Program untuk mendengar pada lingkungan yang berbeda-beda
  • Jumlah saluran frekuensi yang lebih tinggi untuk amplifikasi
  • Konektivitas nirkabel ke smartphone, TV atau radio
  • Pereduksi atau penghilang suara gema dan suara mendengung
  • Penyesuaian jarak jauh
  • Tahan cuaca buruk terutama ketika hujan
  • Data-logging

Tentukan pilihan alat bantu dengar yang paling sesuai dengan budget Anda di sini

Please rate this

and share :