Uncategorized

5 Alasan Mengapa Dua Alat Bantu Dengar Lebih Baik dari pada Satu Alat Bantu

No ratings yet.

Kita memiliki telinga di kedua sisi kepala kita, memberi kita gambaran 360 derajat tentang suara di sekitar kita. Nenek moyang kita yang terdahulu mengandalkan rasa pendengaran untuk bertahan hidup. Dulu sebelum ada listrik atau api saat mereka masuk ke kayu yang gelap, mereka harus mengandalkan suara. Ketika seseorang mengalami gangguan pendengaran maka gangguan tersebut umumnya dialami oleh kedua telinga.  Meskipun demikian, banyak orang yang memilih untuk hanya menggunakan satu alat bantu dengar padahal derjat gangguan pendengaran yang ia alami sebenarnya cukup parah. Padahal, menggunakan dua alat bantu dengar dari pada hanya satu dapat memberi kita pengalaman mendengar yang lebih baik.

  1. Memahami percakapan dengan lebih baik
    Orang dengan gangguan pendengaran mengakui bahwa menemukan sumber suara dalam sebuah percakapan adalah salah satu tantangan terbesar mereka. Dengan kemampuan mendengar yang kurang dan alat bantu dengar yang terbatas mereka akan sulit membedakan kata-kata yang dilontarkan sehingga menjadikan salah dengar yang berujung pada salah persepsi. Kesulitan tersebut dapat membuat penderita gangguan pendengaran menarik diri dari lingkungan sosial. Untuk itulah dua alat bantu dengar sangat disarankan untuk digunakan karena dapat memperkuat sumber suara dalam percakapan berkelompok dan mampu mengurangi kebisingan yang menjadi latar suara utama tersebut sehingga keakurasian kata dan kalimat yang didengar pun tetap terjaga.
  2. Meningkatkan perasaan aman
    Karena menggunakan dua alat bantu dengar, tentunya  kemampuan mendengar juga menjadi lebih baik. Dengan kemampuan mendengar yang lebih baik, maka pengguna pun menjadi lebih waspada terhadap suara di sekitarnya. Ditambah lagi, pengguna juga akan merasa lebih aman karena tidak takut melewatkan sesuatu disebabkan gangguan pendengaran yang dialami. Aktivitas sehari-hari berjalan dengan baik karena tidak ada masalah dalam mendengar.
  3. Jangkauan mendengar yang lebih jauh dan lebih luas
    Otomatis denga dua alat bantu dengar, maka jangkauan suara yang didapatkan oleh pengguna alat bantu dengar pun menjadi lebih jauh dibandingkan dengan mereka yang hanya menggunakan satu alat bantu dengar. Jangkauan suara yang bisa didengar oleh seseorang yang menggunakan dua alat bantu dengar bahkan bisa 4 kali lebih jauh dari pada seseorang yang hanya menggunakan satu alat bantu dengar. Katakanlah jika dengan satu alat bantu dengar seseorang bisa mendengar dalam jarak 5 meter, maka mereka yang menggunakan dua alat bantu dengar akan mampu mendengar dalam jarak 20 meter.
  4. Fungsi keseimbangan tubuh lebih terjaga
    Telinga adalah pusat keseimbangan tubuh manusia. Jika telinga mengalami masalah, maka fungsi keseimbangan tubuh juga ikut terganggu. Jika kedua telinga sama-sama mengalami gangguan pendengaran namun hanya satu telinga yang menggunakan alat bantu dengar, maka terjadi ketidakstabilan dalam proses distribusi suara yang berdampak pada ketidakseimbangan pada salah satu sisi tubuh. Berbeda jika menggunakan dua alat bantu dengar. Kedua telinga pun akan memiliki kemampuan yang sama dalam mendistribusikan suara sehingga tidak terjadi masalah dalam fungsi keseimbangan tubuh.
  5. Syaraf pendengaran tetap terhubung satu sama lain
    Karena tubuh manusia memiliki dua buah telinga, maka secara alami kedua indera pendengaran bekerja dalam harmoni. Ketika kedua telinga mengalami gangguan pendengaran namun hanya menggunakan satu alat bantu dengar, maka telinga yang tidak menggunakan alat bantu dengar berpotensi semakin kehilangan fungsinya. Dalam gangguan pendengaran terdapat istilah Efek Deprivasi Mendengar yakni menurunnya kemampuan seseorang dalam memahami bahasa dan percakapan karena hanya menggunakan satu alat bantu dengar. Jika hanya salah satu telinga yang menggunakan alat bantu dengar dan telinga yang lain dibiarkan saja tanpa menggunakan alat bantu, tentunya akan terjadi ketidakstabilan diantara keduanya dalam menjalankan fungsi mendengar. Untuk itulah kenapa dokter dan ahli THT atau audiologis selalu menyarankan untuk menggunakan dua alat bantu dengar.

 

Menggunakan dua alat bantu dengar memang bukan suatu keharusan bagi penderita gangguan pendengaran. Namun beberapa poin di atas cukup memberikan alasan mengapa menggunakan dua alat bantu dengar lebih baik dari pada hanya menggunakan satu alat bantu. Semua kembali pada pilihan dan pengertian masing-masing individu untuk memutuskan mana yang  paling baik untuk dilakukan sebagai solusi dari gangguan pendengaran yang dialami.

Di sini tempat Alat Bantu Dengar No. 1 dengan harga terbaik!

Please rate this

and share :