Apakah Alat Bantu Dengar Dapat Mengatasi Telinga Berdenging?
Uncategorized

Apakah Alat Bantu Dengar Dapat Mengatasi Telinga Berdenging?

No ratings yet.

Bisakah alat bantu dengar membantu mengatasi telinga berdenging? Menurut American Tinnitus Association, hampir 50 juta orang di Amerika Serikat melaporkan tinnitus sampai taraf tertentu. Itu sekitar 15% dari masyarakat umum. Dari jumlah tersebut, 20 juta orang melaporkan bahwa mereka mengalami tinnitus yang melemahkan. Menurut Departemen Veteran, tinnitus adalah kondisi gangguan nomor satu untuk Veteran.

Sering dianggap sebagai dering di dalam telinga, tinnitus adalah adanya suara ketika tidak ada suara latar di sekitar lingkungan. Tinnitus dapat muncul dengan sendirinya dalam berbagai suara yang dihasilkan seperti mendengung, mendesis, menderu, atau menukik. Tinnitus bisa konstan atau intermiten, dan ada beberapa faktor yang dapat membuat tinnitus tampak lebih buruk sepanjang hari, faktor-faktor tersebut diantaranya seperti stres, kelelahan, kafein, dan lainnya.

Tidak Ada Obat Untuk Tinnitus

Tidak ada obat yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) atau prosedur pembedahan untuk membantu mengatasi telinga berdenging. Laporan bantuan untuk mengurangi tinnitus adalah dari suplemen makanan, hipnosis atau akupunktur untuk beberapa nama bersifat anekdot dan belum diverifikasi oleh uji klinis, meskipun beberapa bantuan mungkin ditemukan dari aktivitas atau pengobatan yang mengurangi stres dan membantu tidur.

Jika tinnitus memengaruhi kehidupan sehari-hari, terapi perilaku kognitif (Cognitive Behavioral Therapy) dapat membantu mengurangi reaksi emosional seseorang terhadap tinnitusnya.

Alat Bantu Dengar Terbukti Membantu Mengatasi Telinga Berdenging

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan alat bantu dengar saja telah membantu mengurangi/ menyamarkan tinnitus, baik sebagian atau seluruhnya. Alasan di balik ini mungkin karena hubungan antara tinnitus dan gangguan pendengaran, dan tinnitus sering mendasari terjadinya gejala gangguan pendengaran.

Empat Cara Bagaimana Alat Bantu Dengar Dapat Meredakan Tinnitus

  1. Alat bantu dengar dapat memberikan rangsangan pada sistem pendengaran yang telah kehilangan input akibat gangguan pendengaran tersebut.
  2. Alat bantu dengar memperkuat suara lingkungan yang mungkin tidak terdengar. Suara-suara ini dapat membantu menutupi/ menyamarkan tinnitus.
  3. Mengatasi gangguan pendengaran dengan alat bantu dengar telah terbukti mengurangi stres dan kelelahan dalam mendengar. Stres dan kelelahan keduanya telah terbukti berkontribusi memperburuk tinnitus.
  4. Alat bantu dengar telah terbukti mengurangi isolasi sosial dan meningkatkan keterlibatan dengan orang yang dicintai. Keterlibatan dan aktivitas tambahan dapat membantu mengalihkan perhatian dari tinnitus.

Selain itu, alat bantu dengar dapat menggunakan terapi suara sebagai perawatan tinnitus. Tujuan terapi suara adalah memainkan suara yang terus menerus atau berosilasi melalui alat bantu dengar untuk membantu mengalihkan perhatian otak dari tinnitus. Suara ini bisa berupa white noise (pink noise, brown noise), musik, gelombang laut, lonceng, atau apa pun yang menurut pengguna menenangkan.

Terapi suara dapat digunakan dengan atau tanpa gangguan pendengaran, karena pengguna dapat memakai alat bantu dengar sebagai alat perawatan untuk terapi suara tanpa penambahan amplifikasi.

Alat Bantu Dengar Starkey Menampilkan Teknologi Tinnitus

Alat bantu dengar terbaru dari Starkey menampilkan Multiflex Tinnitus Technology. Terbukti secara klinis untuk membantu memberikan kelegaan, teknologi eksklusif ini menghasilkan stimulus suara yang nyaman dan dapat disesuaikan yang dapat diatur dengan baik untuk menenangkan suara-suara mengganggu yang terkait dengan tinnitus dan membantu mengalihkan pikiran Anda darinya.

Anda juga dapat mengunduh aplikasi Starkey Relax di Apple Store atau Google Play Store untuk mengalirkan suara yang menenangkan melalui headphone atau alat bantu dengar.

Jika Anda mencari bantuan untuk tinnitus melalui alat bantu dengar, Anda disarankan untuk memulai dengan tinnitus dan evaluasi pendengaran dari Dokter THT/Audiolog/ Konsultan pendengaran.

Bingung untuk menemukan ahli pendengaran di dekat Anda? Klik tautan ini, dan Anda akan melihat lokasi yang terdekat dengan domisili dan dapat Anda hubungi.

 

Source:
https://www.starkey.com/blog/articles/2023/02/are-hearing-aids-good-for-ringing-in-the-ears

Please rate this

and share :