Mitos yang Salah Tentang Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Mitos yang Salah Tentang Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Hingga saat ini masih ada banyak kesalahpahaman atau mitos yang salah tentang gangguan pendengaran. Apakah menurut Anda gangguan pendengaran hanya mempengaruhi lansia?. Jika Anda menjawab “ya” untuk pertanyaan ini, sekarang saatnya untuk mengubah perspektif Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ini dan mitos gangguan pendengaran lainnya yang dapat menghalangi cara terbaik Anda menemukan solusi dari gangguan tersebut, sebaiknya Anda menyimak fakta di bawah ini.

Gangguan Pendengaran Hanya Dialami Oleh Orang Tua

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC)sekitar 20% orang Amerika atau sekitar 48 juta orang dari segala usia – mengalami beberapa tingkat gangguan pendengaran. Selain itu, gangguan pendengaran terjadi pada lima dari setiap 1.000 bayi baru lahir setiap tahun di Amerika Serikat. Kehilangan pendengaran dapat disebabkan oleh sejumlah faktor; pengobatan ototoksik, pekerjaan atau hobi, penyakit atau genetika. Dalam beberapa kasus, terdapat penyebab gangguan pendengaran yang tidak diketahui.

Remaja dan dewasa muda berisiko mengalami gangguan pendengaran yang masih dapat dicegah. Gangguan pendengaran karena paparan kebisingan atau Noise Induced Hearing Loss (NIHL) adalah salah satu penyebab paling umum gangguan pendengaran. Mempengaruhi sekitar 26 juta orang Amerika antara usia 20 dan 69 tahun. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sebanyak 16% remaja usia 12 hingga 19 tahun telah melaporkan beberapa gangguan pendengaran yang mungkin disebabkan oleh kebisingan.

Gangguan Pendengaran Pada Satu Telinga Tidak Akan Berdampak Buruk

Otak Anda adalah sesuatu yang menakjubkan, tetapi kemampuan otak juga bergantung pada input dari kedua telinga Anda untuk menafsirkan suara yang Anda dengar.

Gangguan pendengaran di satu telinga dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk menentukan darimana suara berasal (lokalisasi suara). Dan membuatnya lebih sulit untuk memahami ucapan atau percakapan dalam situasi yang bising. Bahkan dapat mempersulit melakukan hal-hal lain saat Anda mendengarkan seseorang, karena kehilangan pendengaran sebelah dapat meningkatkan keseluruhan beban kognitif Anda.

Baca juga : hubungan gangguan pendengaran ringan dan penurunan kemampuan kognitif

Gangguan pendengaran satu sisi dapat diobati, tetapi pertama-tama Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke seorang profesional perawatan pendengaran.

Alat Bantu Dengar Akan Membuat Pendengaran Menjadi Normal Kembali

Alat bantu dengar hari ini adalah keajaiban teknologi. Teknologi mikrofon terkini dapat berfokus pada suara saat Anda sedang berada di situasi yang bising. Mereka juga dapat diprogram langsung melalui smartphone serta beberapa perangkat elektronik pribadi lain dalam kehidupan kita. Satu hal yang tidak dapat dilakukan oleh alat bantu dengar adalah mengembalikan pendengaran Anda menjadi “normal” dengan sempurna. Seperti yang telah kita pelajari tentang bagaimana indera pendengaran kita bekerja, tidak ada alat buatan manusia yang dapat sepenuhnya meniru pendengaran manusia.

Berita bagusnya, alat bantu dengar secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mendengar dengan baik. Hal ini berpengaruh pada peningkatan komunikasi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja. Kuncinya adalah bekerja sama dengan profesional kesehatan pendengaran untuk memastikan alat bantu dengar dapat membantu Anda mendengar dalam setiap lingkungan dan situasi yang biasa Anda hadiri.

Gangguan Pendengaran Tidak Dapat Diatasi

Sudahkah Anda bertanya kepada penyedia layanan kesehatan pendengaran tentang gangguan pendengaran Anda? Banyak bentuk gangguan pendengaran yang dapat diatasi. Baik dengan alat bantu dengar, operasi, obat-obatan atau prosedur pengangkatan kotoran telinga yang sederhana. Anda tidak akan pernah tahu jika Anda tidak pernah bertanya. Dan, jika sudah beberapa tahun sejak Anda melakukan kunjungan ke seorang profesional kesehatan pendengaran, pertimbangkan untuk membuat janji lain. Bidang kesehatan pendengaran telah berkembang dengan cepat. Gangguan pendengaran yang sulit diatasi pada beberapa tahun yang lalu mungkin saja sudah dapat diobati sekarang.

Kualitas hidup yang lebih baik menanti setelah Anda mengatasi mitos seputar gangguan pendengaran dan perawatannya. Jika Anda curiga Anda memiliki gangguan pendengaran atau Anda kenal seseorang yang memiliki gangguan pendengaran , Anda bisa menghubungi kami di sini atau di no 0800-100-2234 untuk menemukan klinik pendengaran di dekat Anda dan membuat jadwal janji temu hari ini!

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52638-Top-five-myths-about-hearing-loss

Please rate this

and share :