Makanan Untuk Kesehatan Pendengaran
Pendengaran

Makanan Untuk Kesehatan Pendengaran

5/5 (1)

Untuk melindungi kesehatan pendengaran, terdapat beberapa mineral yang dapat Anda konsumsi. Mineral adalah zat anorganik yang ditemukan di tanah dan batu yang merupakan nutrisi penting. Hal ini dibutuhkan tubuh untuk bertahan hidup dan menjalankan fungsi dan proses sehari-hari. Kita mendapatkan mineral dengan memakan tanaman yang menyerapnya dari bumi dan memakan daging dari hewan yang memakan tanaman.

Makanan Untuk Kesehatan Pendengaran

Ada banyak mineral penting, tetapi beberapa mineral  dibawah ini ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga pendengaran dengan baik.

Kalium

Zat ini bertanggung jawab untuk mengatur jumlah cairan dalam darah dan jaringan tubuh Anda. Kalium penting bagi kesehatan pendengaran Anda karena cairan di telinga bagian dalam. Bagian dari telinga yang menerjemahkan suara yang kita dengar menjadi impuls listrik yang diinterpretasikan oleh otak sebagai suara. Bergantung pada pasokan kalium. Seiring bertambahnya usia, level-level tersebut secara alami turun yang bisa menjadi faktor penyebab presbikusis – atau  gangguan pendengaran terkait usia.

Hormon penting yang disebut aldosterol sebagian bertanggung jawab untuk mengatur kalium, dan penelitian telah mengaitkan penurunan aldosterol, umum dengan penuaan dan gangguan pendengaran. Meskipun tidak ada hubungan langsung yang ditemukan yang akan membenarkan mengambil suplemen kalium untuk meningkatkan kesehatan pendengaran. Makan makanan yang mengandung kalium bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Adapun makanan yang kaya kalium meliputi: kentang, bayam, lima kacang, tomat, kismis, aprikot, pisang, melon, jeruk, yogurt, dan susu. Anda bisa membuat salad kentang favorit Anda atau membuat salad buah dengan tambahan jeruk dan melon untuk lauk lezat dan kaya kalium.

Asam folat

Asam folat adalah elemen penting dalam kemampuan tubuh Anda untuk menghasilkan pertumbuhan sel baru. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dewasa dengan kadar asam folat yang rendah dalam darah mereka lebih mungkin mengembangkan presbikusis. Beberapa penelitian menunjukkan suplemen asam folat dapat memperlambat gangguan pendengaran. Itu mungkin karena tubuh menggunakan asam folat untuk metabolisme homocysteine, senyawa inflamasi yang mengurangi sirkulasi. Sirkulasi yang baik adalah komponen penting dalam menjaga sel-sel rambut telinga bagian dalam agar sehat dan berfungsi dengan baik.

Adapun makanan kaya folat termasuk daging, bayam, brokoli dan asparagus.

Magnesium

Penelitian yang dilakukan di University of Michigan Kresge Hearing Research Institute telah menunjukkan bahwa orang yang diobati dengan magnesium (bersama dengan Vitamin A, C, dan E) akan terlindung dari gangguan pendengaran terkait kebisingan . Para ilmuwan ini percaya karena magnesium dapat memerangi efek radikal bebas yang dipancarkan oleh suara keras. Maka magnesium berfungsi hampir seperti penghalang pelindung untuk sel-sel rambut halus di telinga bagian dalam. Kurangnya magnesium yang memadai di telinga bagian dalam menyebabkan pembuluh darah menyusut, pasokan oksigen terhalang, sehingga fungsi penghalang suara bising juga akan berkurang.

Makanan yang kaya akan magnesium termasuk buah-buahan dan sayuran seperti pisang, artichoke, kentang, bayam, tomat, dan brokoli. 

Zinc

Zinc atau seng meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel dan penyembuhan luka. Sehingga berpotensi membantu dalam menangkal kuman yang menyebabkan flu dan bahkan  infeksi telinga yang buruk . Beberapa studi menunjukkan zinc juga efektif dalam mengobati tinitus pada individu dengan pendengaran normal. Zinc memang berinteraksi dengan antibiotik dan diuretik, jadi mintalah saran dokter sebelum menggunakan suplemen.

Makanan yang kaya akan zinc termasuk daging sapi, ayam, dark chocolate kacang mete, kacang almond, kacang tanah, kacang-kacangan, kacang polong, lentil, tiram, dan coklat hitam. 

Kesimpulan

Dengan diet seimbang yang bebas dari makanan olahan dan mengkonsumsi vitamin  yang tepat dari makanan utuh, akan membuat tubuh kita mendapatkan cukup mineral untuk kesehatan pendengaran kita. Dan jangan  lupa untuk mencoba untuk menerapkan pola hidup sehat dan berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum menambahkan suplemen apa pun ke dalam diet Anda.

Namun, seperti biasa, jika Anda merasa mengalami gangguan pendengaran, mintalah saran dari ahli kesehatan pendengaran setempat untuk melakukan evaluasi pendengaran lengkap. Ingatlah, masalah gangguan pendengaran adalah masalah yang penting dalam hidup Anda, semakin cepat masalah tersebut diatasi, semakin baik dampaknya bagi kehidupan sosial Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/51181-Boost-your-hearing-with-these-power-foods

Please rate this

and share :