Membersihkan Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Membersihkan Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Membersihkan alat bantu dengar harus dilakukan secara rutin agar kinerjanya tetap optimal. Penumpukan kotoran telinga adalah salah satu penyebab utama dari kerusakan alat bantu dengar. Ketika penumpukan kotoran terjadi, suara yang datang melalui alat bantu dengar akan menjadi lemah dan terdistorsi – atau tidak ada sama sekali. Ada beberapa teknik yang dapat Anda gunakan di rumah untuk menjaga alat bantu dengar tetap bersih

Beli Peralatan Untuk Membersihkan Alat Bantu Dengar

Jika pusat pendengaran Anda tidak memberikan perangkat untuk pembersih saat Anda baru membeli alat bantu dengar, pertimbangkan untuk berinvestasi sendiri dan membelinya secara terpisah. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli perangkat pembersih alat bantu dengar berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000.  Seperangkat alat pembersih, biasanya terdiri dari berbagai alat, seperti sikat dan pengambil kotoran, magnet baterai, pembersih tabung dan ventilasi, serta pembuka pintu baterai.

Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar

Lakukan inspeksi visual

Kemungkinan besar, jika Anda mencermati Anda akan dapat melihat di mana kotoran telinga selalu menumpuk. Mulailah dengan menyeka alat bantu dengar Anda dengan kain kering dan bersih. Jika kotoran masih terlihat, gunakan alat di perangkat pembersih Anda untuk membersihkannya dengan aman.

Lihat filter dan pelindung kotoran pada alat bantu dengar 

Sebagian besar alat bantu dengar saat ini hadir dengan mekanisme perlindungan dari kotoran telinga seperti filter dan pelindung. Bagian-bagian ini dirancang untuk dibersihkan dengan mudah oleh pengguna. Lama penggunaan filter dan pelindung ini bervariasi, karena produksi kotoran telinga berbeda-beda pada tiap orang. Jika alat bantu dengar Anda memiliki penyaring atau pelindung kotoran telinga, periksalah setiap hari. Hal ini untuk mengetahui pakah ada tanda-tanda kotoran yang menempel.

Lakukan cek suara

Suara keluar dari alat bantu dengar melalui lubang suara. Jika bagian ini tersumbat oleh kotoran telinga, biasanya suara kadang tidak terdengar jelas. Gunakan lingkaran atau sikat kecil untuk menarik kotoran dari lubang dengan lembut.

Tubing

Jika Anda mengenakan alat bantu dengar di belakang telinga (BTE), pastikan untuk membersihkan bagian tubing. Bagian ini merupakan yang menghubungkan alat bantu dengar ke telinga yang berbentuk seperti selang. Gunakan kabel kecil atau peniup udara yang fleksibel untuk membantu menghilangkan sumbatan. 

Beli Pengering Alat Bantu Dengar

Kotoran telinga, juga dikenal sebagai cerumen, juga dapat berkontribusi terhadap masalah yang berhubungan dengan kelembaban pada alat bantu dengar Anda. Setelah memeriksa dan membersihkan alat bantu dengar Anda , menyimpannya dalam pengering alat bantu dengar dalam semalam adalah cara yang baik untuk menjaga instrumen Anda tetap kering dan fungsional.

Pengering alat bantu dengar harganya berkisar dari Rp 100.00 hingga Rp10 juta dan tersedia di toko penjual alat bantu dengar di kota kota besar atau outlet online. Anda juga dapat berdiskusi dengan audiolog di pusat perwatan pendengaran Anda untuk rekomendasi pengering mana yang paling baik digunakan untuk merek alat bantu dengar khusus Anda.

Alat bantu dengar Anda adalah sebuah  investasi – untuk pendengaran serta kualitas  hidup yang lebih baik. Studi menunjukkan bahwa orang dengan gangguan pendengaran yang memakai alat bantu dengar memiliki insiden depresi, kecemasan, dan depresi sosial yang lebih sedikit daripada mereka yang tidak. Ketika Anda mengambil beberapa menit setiap hari untuk membersihkan dan mengeringkannya, maka Anda akan  menikmati manfaat lebih yang dapat mereka berikan.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/47795-How-to-remove-ear-wax-from-your-hearing-aids

Please rate this

and share :