Bisakah Terapi Akupunktur Untuk Gangguan Pendengaran?
Gangguan Pendengaran

Bisakah Terapi Akupunktur Untuk Gangguan Pendengaran?

No ratings yet.

Ilmu kedokteran belum menemukan cara untuk memperbaiki gangguan pendengaran sensorineural yang disebabkan oleh usia atau kebisingan. Beberapa pengguna pengobatan alternatif akupuntur, mengklaim mereka bisa menyembuhkan gangguan pendengaran dan tinnitus. Namun, benarkah hal tersebut? Kenyataannya hanya ada sedikit bukti medis dari penelitian yang menunjukkan bahwa hal tersebut benar-benar berfungsi. 

Apa Itu Akupunktur?

Menurut American Academy of Medical Acupuncture, akupunktur adalah metode untuk mendorong penyembuhan dan fungsi alami tubuh. Dengan memasukkan jarum yang sangat tipis dan menerapkan panas dan impuls listrik dengan cara yang sangat tepat. 

Menurut AAMA, ketika titik-titik akupuntur tertentu ditekan, maka hal tersebut dianggap dapat merangsang sistem saraf. Melepaskan bahan kimia ke otot, sumsum tulang belakang dan otak. Bahan kimia ini memicu pelepasan bahan kimia dan hormon lain yang merangsang kemampuan penyembuhan alami tubuh.

Pengobatan secara akupuntur ini telah banyak dilakukan. Namun masih banyak dibutuhkan penelitian untuk membuktikan efektifitasnya dalam mengatasi masalah gangguan pendengaran maupun tinnitus. “Efek akupunktur pada otak dan tubuh dan cara terbaik untuk mengukurnya baru mulai dipahami.” jelas Pusat Nasional Pengobatan Pelengkap dan Integratif yang didanai pemerintah federal. 

Bisakah Akupunktur Membantu Gangguan Pendengaran?

Berbagai laporan dari tahun 1940-an mengklaim akupunktur telah menyembuhkan tuli, gangguan pendengaran sensorineural (SSHL) dan tinnitus.  Namun, ketika melihat bukti klinis, hasilnya masih kacau. 

Penulis penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine edisi Februari 2015 mengulas 12 studi. Untuk menentukan “kemanjuran dan keamanan akupuntur dalam mengobati gangguan pendengaran sensorineural.” Mereka menyimpulkan bahwa akupunktur dapat meningkatkan pendengaran pada beberapa pasien dengan gangguan pendengaran sensorineural. Terutama bila dikombinasikan dengan obat-obatan. 

Namun, karena studi  tersebut masih menggunakan sampel kecil dan kurangnya data, penulis merekomendasikan penelitian lebih lanjut. Yang juga perlu diingat adalah bahwa penelitian itu dilakukan di Cina, dimana kedokteran dipraktekkan secara berbeda dengan di Amerika.

Terakhir dan mungkin yang paling penting: Karena perawatan ini sering digunakan bersamaan dengan pengobatan kimia maupun pengobatan herbal. Sehingga sulit untuk mengetahui sebenarnya efek apa yang membantu. Apakah akupunktur, obat-obatan, efek plasebo, atau beberapa kombinasi darinya.

Haruskah Mencoba Akupunktur Untuk Gangguan Pendengaran Mendadak?

Beberapa penelitian di Cina juga mengamati akupunktur untuk mengobati gangguan pendengaran yang mendadak , juga dikenal sebagai ketulian mendadak. Dalam sebuah penelitian 2006 , misalnya, sekitar dua pertiga dari 63 peserta mengalami “efek terapi” dari perawatan. Para peneliti menyimpulkan bahwa kasus yang lebih ringan lebih mungkin untuk mencapai hasil positif.

Tetapi sekali lagi, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan: yang pertama karena sampel penelitian kecil, dan tidak ada kelompok kontrol untuk membandingkan hasilnya. Hal ini dirasa penting karena dalam beberapa kasus, jenis gangguan pendengaran ini sering sembuh dengan sendirinya, jadi tidak mungkin untuk mengatakan apakah akupunktur atau waktu itu sendiri adalah obat dalam penelitian ini. 

Apakah Akupunktur Tepat Untuk Saya?

Meskipun praktisi pengobatan Tiongkok telah menggunakan akupunktur untuk mengobati masalah pendengaran dan tuli selama berabad-abad, sebagian besar profesional medis mengingatkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan.

Jadi, seperti kebanyakan terapi alternatif, jawabannya adalah “mungkin membantu.” Risiko terhadap kesehatan Anda rendah (dalam kasus yang jarang terjadi, misalnya jarum dapat menyebabkan infeksi). Selain itu, perlu diingat juga bahwa akupunktur bisa mahal dan jarang ditanggung oleh asuransi kesehatan.  

Akan tetapi, jika Anda tidak merasa familiar dengan pengobatan akupunktur dan gangguan pendengaran atau tinnitus yang Anda alami sudah sangat mengganggu maka segera datangi profesional perawatan pendengaran di kota Anda,dan jadwalkan janji temu . Jika Anda didiagnosis menderita gangguan pendengaran, diskusikan pilihan perawatan Anda dan beri tahu dokter Anda tentang minat Anda pada terapi alternatif maupun alat bantu dengar yang sesuai dengan keinginan yang Anda miliki

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/53003-Acupuncture-for-hearing-loss-or-tinnitus

Please rate this

and share :