Tips Aman Menyimpan Baterai Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Tips Aman Menyimpan Baterai Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Alat bantu dengar ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang atau baterai “kancing” kecil sekali pakai. Meskipun alat bantu dengar isi ulang Dengan cepat menjadi pilihan baterai yang lebih populer, banyak orang masih menggunakan alat bantu dengar dengan baterai sekali pakai.

Baterai alat bantu Dengar harus bekerja pada kinerja optimalnya, tetapi tahukah Anda bahwa mereka dapat menyebabkan cedera serius atau kematian jika tidak ditangani dengan benar?

Baterai mengandung merkuri, perak, litium, dan logam berat lainnya sebagai komponen utamanya. Ketika bahan kimia ini tertelan dan bersentuhan dengan cairan tubuh, mereka menciptakan arus listrik yang dapat membakar jaringan dan merusak organ dalam secara serius hanya dalam waktu dua jam. Saat Anda menangani baterai yang bocor, dapat langsung menyebabkan luka bakar serius.

Ini benar terlepas dari apakah baterai terisi penuh atau tidak lagi memberi daya pada alat bantu dengar Anda.

Anak saya menelan baterai kancing. Apa yang saya lakukan?

Ini adalah keadaan darurat medis dan Anda tidak boleh mencoba pertolongan pertama di rumah. Jika anak lebih tua dari satu tahun, beri mereka sekitar dua sendok teh madu setiap 10 menit sampai mereka berada di UGD. Madu dapat membantu memperlambat perkembangan luka bakar baterai internal, tetapi tidak akan menghentikannya.

Jangan menunda perawatan medis. Jika tertelan, baterai kancing dapat menyebabkan luka bakar internal yang serius, pendarahan, dan cedera. Banyak anak terluka parah atau meninggal karena menelan.

Untuk bayi (di bawah satu tahun), mereka harus segera melakukan rontgen untuk menemukan lokasi baterai. Jika baterai ada di kerongkongan, maka harus segera dilepas. Cedera serius termasuk kematian mungkin terjadi.

Pada anak yang lebih besar, ikuti petunjuk dokter Anda. Mereka kemungkinan besar akan membutuhkan baterai dilepas menggunakan prosedur endoskopi.

Jika Anda tidak yakin apakah anak Anda menelan baterai kancing, tanda-tanda yang harus diwaspadai termasuk mengi, mengeluarkan air liur, muntah, rasa tidak nyaman di dada, kesulitan menelan, dan tersedak saat makan atau minum.

Kerusakan juga dapat terjadi jika anak memasukkan baterai ke hidung atau telinganya.

Menyimpan baterai alat bantu dengar sekali pakai dengan aman

Sekarang setelah Anda tahu, Anda dapat melihat mengapa penting untuk menyimpan milik Andabaterai alat bantu dengar aman dari tangan kecil atau hewan peliharaan yang ingin tahu. Penting untuk menemukan tempat yang aman untuk menyimpan baterai Anda. Berikut beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan:

  • Gunakan wadah dengan penutup yang rapat. Simpan di rak (semakin tinggi semakin baik – selama Anda bisa meraihnya dengan aman) di lemari yang pintunya Anda tutup rapat.
  • Simpan baterai Anda pada suhu kamar. Panas mempersingkat masa pakai baterai dan, bertentangan dengan pendapat umum, masa pakai baterai tidak diperpanjang dengan menyimpannya di lemari es.
  • JANGAN simpan baterai di dekat benda logam, seperti koin dan kunci. Ini adalah barang-barang umum yang ditemukan di saku celana dan dompet.
  • JANGAN simpan baterai Anda dengan obat-obatan Anda. Banyak pil memiliki ukuran dan bentuk yang sama dengan baterai alat bantu dengar. Banyak kasus keracunan baterai yang tidak disengaja terjadi dari orang-orang yang secara tidak sengaja menelan baterai saat meminum obat sehari-hari.
  • Berhati-hatilah dengan semua baterai tombol di rumah Anda, bukan hanya yang ada di alat bantu dengar Anda. Baterai kancing juga biasa digunakan pada remote control, mainan, termometer, lilin tealight, gantungan kunci, dan bahkan sepatu yang dapat menyala.

Cara membuang baterai dengan benar

Saat Anda mengganti baterai alat bantu dengar, pastikan untuk segera memasukkannya ke dalam wadah tahan anak dan hewan peliharaan sampai Anda dapat membawanya ke pusat daur ulang. Jangan meninggalkannya di atas meja atau membuangnya ke tempat sampah.

Baterai dapat didaur ulang

Karena logam berharga yang terkandung dalam baterai ini, baterai ini sangat dapat didaur ulang. Konten yang sama membuatnya sangat berbahaya jika Anda membuangnya begitu saja ke tempat sampah. Seiring waktu, baterai dapat membocorkan bahan kimia berbahaya ini dan mencemari lingkungan. Pusat daur ulang mengekstraksi bahan kimia berbahaya dan membuang sisa isinya, yang aman untuk tempat pembuangan sampah.

Di zaman sekarang ini, kemungkinan ada lebih dari beberapa pusat pengumpulan daur ulang baterai di komunitas Anda. Jika Anda belum mengetahui lokasinya, hubungi pusat pendengaran Anda.

Acid Burn

Terkadang, baterai dapat mengeluarkan asam yang dapat membakar kulit Anda. Jika Anda mengalami luka bakar akibat asam saat menangani baterai alat bantu dengar Anda:

  • Gunakan kain basah untuk menyeka area di tangan, wajah atau kaki,
  • Lepaskan semua pakaian atau perhiasan yang mungkin bersentuhan dengan asam baterai agar tidak membakar area lain,
  • Alirkan air dingin ke area yang terkena selama 15 menit,
  • Bungkus area yang terkena dengan kain kasa bersih atau handuk katun dan hubungi dokter Anda jika kulit Anda terus berubah warna.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52253-Hearing-aid-battery-safety

Please rate this

and share :