Efek Samping Menggunakan Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Efek Samping Menggunakan Alat Bantu Dengar

5/5 (1)

Apakah ada efek samping menggunakan alat bantu dengar? Menurut penelitian yang didukung oleh World Health Organization, kehilangan pendengaran adalah kondisi kesehatan umum yang mempengaruhi hampir 50 juta orang di seluruh dunia. Tetapi dari 50 juta kasus tersebut, ternyata gangguan pendengaran tidak hanya terjadi pada lansia. Sebuah studi oleh Johns Hopkins yang diterbitkan dalam The Archives of Internal Medicine. Menemukan bahwa 1 dari 5 orang Amerika berusia 12 tahun dan lebih tua memiliki gangguan pendengaran yang cukup parah. Sehingga berdampak buruk pada komunikasi.

Menurut American Academy of Audiology, gangguan pendengaran adalah kondisi kesehatan paling umum ketiga di Amerika Serikat. Setelah penyakit jantung dan radang sendi. Yayasan Kesehatan Pendengaran memperkirakan bahwa jumlah orang Amerika yang hidup dengan gangguan pendengaran melebihi jumlah orang yang hidup dengan gabungan Parkinson, Epilepsi, Alzheimer, dan Diabetes. Namun, terlepas dari prevalensi gangguan pendengaran, para ahli memperkirakan bahwa hanya 20 persen dari mereka yang benar-benar memakai alat bantu dengar.

5 Efek Samping Menggunakan Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar memberikan sejumlah efek samping yang terbukti secara klinis bagi pemakai alat bantu dengar, Termasuk komunikasi yang lebih baik dan usaha yang terlalu keras untuk mendengarkan juga menurun. Yang terbaik dari semuanya, mendengar dengan baik akan membantu Anda tetap terhubung dengan orang terdekat. Berikut adalah lima manfaat utama memperbaiki gangguan pendengaran dengan alat tersebut. Bagi Anda yang masih ragu menggunakan alat bantu dengar.

Peningkatan Pendapatan

Tahukah Anda bahwa memakai alat bantu dengar sebenarnya dapat meningkatkan penghasilan?. Penelitian oleh Better Hearing Institute menemukan bahwa gangguan pendengaran yang tidak diobati dapat mengurangi pendapatan tahunan sebanyak $ 30.000. Studi ini juga menemukan bahwa mengoreksi gangguan pendengaran dengan alat bantu dengar ditemukan dapat mengurangi risiko penurunan pendapatan. Lebih dari 90 persen untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran ringan, dan hampir 77 persen untuk mereka yang mengalami gangguan pendengaran sedang hingga berat.

Penurunan Kognitif Lambat

Beberapa penelitian telah menghubungkan gangguan pendengaran yang tidak diobati dengan peningkatan resiko terkena demensia dan penurunan fungsi kognitif. Penurunan tampak paling besar bagi mereka yang tidak memakai alat bantu dengar untuk memperbaiki gangguan pendengaran. Sebuah studi dari University of Pennsylvania menemukan bahwa berkurangnya gangguan pendengaran sebenarnya dapat mempercepat atrofi di area pendengaran otak. Dan membuat pemahaman bicara menjadi lebih sulit. Berita baiknya adalah para peneliti telah menemukan bahwa alat bantu dengar membantu mengurangi atrofi. Sekaligus meningkatkan kemampuan pendengaran. Penelitian baru yang menarik lebih lanjut mendukung bahwa mengobati gangguan dapat memperlambat penurunan kognitif yang terkait dengan gangguan pendengaran.

Dapat Mengurangi Gangguan Terkait Tinnitus

Lebih dari 50 juta orang Amerika mengalami tinitus , dering tinggi atau bunyi klik di telinga. Dengan pengecualian yang jarang, tinitus biasanya disertai dengan gangguan pendengaran. Mengenakan alat bantu dengar yang cocok secara profesional untuk memperbaiki gangguan pendengaran dapat mengurangi gangguan tinnitus bagi banyak orang dengan gangguan pendengaran. Beberapa produk seperti produk Z Series termasuk teknologi yang dirancang khusus untuk meringankan tinnitus. Mengenakan alat bantu dengar untuk memperbaiki kehilangan pendengaran juga telah terbukti mengurangi stres dan gangguan yang berkaitan dengan tinnitus.

Pemakai Alat Bantu Dengar Puas Dengan Kinerja Alat Bantu Dengar

Menurut sebuah studi oleh Better Hearing Institute, lebih dari 91 persen dari mereka yang membeli alat bantu dengar pada tahun lalu puas dengan pembelian mereka. Hampir 90 persen dari pemakai alat bantu dengar saat ini akan merekomendasikan alat bantu dengar kepada seorang teman dengan gangguan pendengaran.

Hidup Lebih Baik

Akhirnya, Better Hearing Institute menemukan bahwa orang yang memakai alat bantu dengar untuk memperbaiki gangguan pendengarannya akan mendapatkan efek samping. Yaitu mampu menikmati kualitas hidup yang lebih baik daripada mereka yang membiarkan gangguan pendengaran tidak diobati. 

Siap untuk mempelajari lebih lanjut tentang alat bantu dengar? Kunjungi halaman Alat Bantu Dengar kami untuk melihat semua produk kami yang tersedia.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2016/01/5-benefits-of-hearing-aids

Please rate this

and share :