Alergi, Salah Satu Penyebab Gangguan Pendengaran Konduktif
Gangguan Pendengaran

Alergi, Salah Satu Penyebab Gangguan Pendengaran Konduktif

No ratings yet.

Gangguan pendengaran konduktif salah satunya dapat disebabkan oleh alergi . Suara yang masuk dari telinga luar terhalang perjalanannya untuk sampai ke telinga bagian tengah dan telinga dalam. Bagaimana ini bisa terjadi? Jika alergi menyebabkan reaksi pada kulit seperti gatal atau bengkak pada telinga luar dan saluran telinga. Hal itu dapat menyulitkan Anda mendengar sementara.

Alergi juga dapat menyebabkan penumpukan cairan di telinga tengah. Cairan ini dapat menghalangi tuba Eustachius (seperti ketika Anda terserang flu). Sebagai hasilnya, Anda bisa merasakan bahwa telinga Anda penuh atau tersumbat dan mengalami beberapa gangguan pendengaran. Karena penumpukan cairan dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan juga dapat menyebabkan infeksi telinga sehingga semakin merusak pendengaran Anda.

Meskipun telinga bagian dalam adalah bagian yang paling tidak mungkin terkena alergi, jika terinfeksi, ia dapat menyebabkan gejala seperti pusing, tekanan, dan tinitus. Selain itu, sementara penyebab pasti penyakit Meniere masih belum diketahui, alergi diduga menjadi salah satu pemicu potensial. Bagi mereka yang telah didiagnosis dengan Meniere, reaksi alergi di telinga bagian dalam dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan gangguan pendengaran.

Gangguan Pendengaran Konduktif

Gangguan pendengaran karena alergi biasanya bersifat sementara yang disebut dengan gangguan pendengaran sensorineural mendadak (SSHL), atau tuli mendadak. SSHL dapat terjadi tanpa peringatan dan terjadi secara bertahap selama beberapa hari. Ini disebabkan oleh faktor-faktor termasuk trauma kepala, penyakit autoimun, infeksi virus atau bakteri, sirkulasi darah yang buruk, penggunaan obat-obatan ototoxic, atau penyakit neurologis. SSHL sering terjadi bersamaan dengan perasaan penuh atau tekanan di telinga, tinnitus, atau bahkan pusing.

Mirip dengan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh alergi, SSHL juga dapat bersifat sementara jika dirawat dengan benar dan cepat. Jika Anda tiba-tiba mengalami gangguan pendengaran, jangan tunda menemui dokter atau profesional perawatan pendengaran . Mereka dapat mengevaluasi telinga dan pendengaran Anda dan menentukan apakah gangguan pendengaran disebabkan oleh gangguan seperti pembengkakan atau cairan (yang disebabkan oleh alergi) atau apakah itu akibat masalah yang lebih serius yang mencegah telinga Anda memproses suara dengan benar.

Jangan Diabaikan

Gangguan pendengaran dapat mempengaruhi kesehatan Anda secara signifikan. Maka jika hal tersebut terjadi Anda tidak boleh mengabaikannya. Bahkan jika Anda berpikir itu hanya gejala alergi musiman, tetap akan lebih baik jika Anda melakukan pemeriksaan. Karena menunda pengobatan dapat membuat efeknya lebih buruk. Meskipun mungkin sulit untuk membedakan antara gangguan pendengaran yang disebabkan oleh alergi dan gangguan pendengaran yang tiba-tiba, seorang profesional medis dapat membuat perbedaan dan merekomendasikan pengobatan terbaik untuk melindungi pendengaran Anda.

ABDI sebagai pusat penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia dapat Anda jadikan sebagai tempat rujukan untuk melakukan pengobatan dan konsultasi tentang semua masalah gangguan pendengaran. Anda cukup menghubungi no 0800-100-2234 untuk menjadwalkan janji temu dan para staf kami akan mengatur jadwal pemeriksaan sesuai waktu dan tempat terdekat dari wilayah Anda tinggal.

https://www.signiausa.com/blog/allergy-sudden-hearing-loss-can-tell-difference/

Please rate this

and share :