Solusi Masalah Pendengaran

4 Teknologi Alat Bantu Dengar Digital

5/5 (1)

 

Sebagai solusi gangguan pendengaran, alat bantu dengar sudah banyak sekali digunakan oleh masyarakat dunia dari berbagai kalangan usia. Menggunakan alat bantu dengar tidak hanya membuat bisa mendengar dengan lebih mudah dan jelas, namun juga dapat meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Karena tak jarang, dampak gangguan pendengaran ini bahkan sampai menurunkan kualitas seperti mengalami depresi dan gangguan psikis lainnya karena ketidakmampuan dalam medengar, berkomunikasi, dan bersosialisasi. Menggunakan alat bantu dengar memang tidak dapat menyembuhkan indera pendengaran yang terganggu, namun sejauh ini alat bantu dengar sudah banyak sekali membantu para penderita gangguan pendengaran di seluruh dunia.  Cara kerja alat bantu dengar pada umumnya adalah dengan meningkatkan volume suara atau bunyi utama dan mengurangi suara latar yang sifatnya mengganggu. Namun alat bantu dengar ini masih dibedakan lagi menjadi dua macam menurut cara kerjanya, yakni alat bantu dengar analog dan alat bantu dengar digital. Pada dasarnya, komponen yang dimiliki keduanya serupa. Perbedaan yang mencolok hanya terletak pada teknologi pengeras suara yang digunakan. Untuk saat ini, banyak orang merasa bahwa alat bantu dengar digital lebih banyak memberikan kenyamaan ketika digunakan.

atnya digital, otomatis fitur yang dimiliki oleh alat bantu dengar digital ini lebih canggih jika dibandingkan dengan alat bantu dengar analog. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh alat bantu dengar digital.

 

Computer based

Cara kerja perangkat elektronik digital adalah dengan basis komputer. Alat bantu dengar digital ini mampu mengubah suara menjadi sinyal digital berupa kode numerik yang selanjutnya diproses komputer untuk menguatkan frekuensi tertentu. Setelah itu, ia akan memproduksi tiruan suara dengan akurasi yang tinggi dari pada hanya sekadar mengeraskan volume suara seperti yang dilakukan oleh alat bantu dengar analog.

Directionality

Dengan teknologi ini, mikrofon dapat mengenali sumber suara yang masuk. Suara yang dikenali tersebut kemudian dimaksimalkan kejernihannya sedangkan suara latar yang tidak diinginkan atau noise akan diminimalkan atau dihilangkan. Bahkan Sebuah perangkat bernama Opticon Opn adalah jawaban dari doa para  pengguna alat bantu dengar yang masih memiliki masalah untuk mengatur suara dalam percakapan berkelompok. Umumnya, alat bantu dengar yang ada di pasaran akan memperkuat suara utama dan mengurangi noise atau kebisingan yang menjadi latar suara. Hal ini tentu kurang sesuai jika pengguna alat bantu dengar  sedang berada dalam percakapan kelompok. Alat akan kesulitan menyesuaikan suara mana yang menjadi sumber suara utama. Namun perangkat bernama Opticon ini tidak hanya sekadar menghapus latar suara bising. Alih-alih hanya memfokuskan satu sumber suara, ia dapat memfokuskan semua suara yang ada dalam kelompok tersebut, yang artinya pengguna pun bisa mendengar setiap suara dalam percakapan tersebut. Sebelum alat ini keluar, perusahaannya telah melakukan penelitian yang cukup lama berdasarkan review dan masukan dari orang-orang yang menggunakannya hingga terciptalah perangkat alat bantu dengar yang menakjubkan ini.

Feedback Management

Inilah alat yang berfungsi meredam feedback atau gema yang terkadang muncul ketika ada suara masuk. Fitur ini ada pada Digital Sound Processor (DSP)  di dalam alat bantu dengar digital. DSP akan mengukur jumlah arus balik yang tersedia sehingga gema yang muncul bisa dihilangakan secara efektif dengan seketika. Maka selain memberikan kenyamanan, fungsi manajemen feedback yang ada pada alat bantu dengar ini juga penting dalam mendapatkan kualitas suara terbaik.

Multi program

Alat bantu dengar digital juga memiliki kemampuan Multi Program dimana terdapat berbagai macam tombol yang dapat disesuaikan dengan keadaan. Misalnya situasi bising, senyam ataupun keadaan ramai dapat disesuaikan kualitas volume dan kejernihan suaranya melalui tombol yang tesedia. Bahkan, beberapa alat bantu dengar digital dengan inovasi terbaru sudah bisa langsung tersinkronasikan dengan aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Jadi, jika ingin menyetel pengaturan tertentu, cukup dengan mengubahnya melalui aplikasi tersebut tanpa harus menekan-nekan tombol yang ada pada alat.

Cari tahu alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan Anda di sini

Please rate this

and share :