Solusi Masalah Pendengaran

Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar di Rumah

No ratings yet.

Ketika Anda membeli alat bantu dengar di sebuah hearing center atau pusat alat bantu dengar, maka secara langsung Anda juga akan mendapatkan layanan after sales, salah satunya adalah layanan perawatan terhadap alat bantu dengar Anda. Karena alat bantu dengar adalah perangkat khusus maka diperlukan perawatan yang teliti dan menyeluruh agar performanya tetap optimal. Itulah mengapa perawatan terhadap alat bantu dengar ini biasa dilakukan oleh profesional seperti audiologis di tempat Anda membelinya. Namun mungkin karena keterbatasan waktu yang Anda miliki, Anda tidak bisa selalu mendatangi hearing center untuk melakukan perawatan alat bantu dengar secara berkala. Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa melakukannya sendiri di rumah. Alat bantu dengar merupakan alat khusus dengan bentuknya yang kecil, maka diperlukan alat khusus dalam membersihkannya. Alat untuk membersihkan alat bantu dengar ini bisa didapatkan di hearing center terdekat di kota Anda.  Sebagai informasi, berikut ini adalah beberapa alat khusus yang digunakan untuk membersihkan alat bantu dengar.

  1.      MultiTool

Alat ini terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing untuk membersihkan alat bantu dengar Anda. Bagian-bagian tersebut antara lain Wire Loop, Magnet, Brush, Handle, dan Cover

  1.      Brush / Sikat alat bantu dengar

Seperti sikat pada umumnya, sikat alat bantu dengar juga memiliki fungsi utama untuk menyapu kotoran yang menempel di setiap bagian pada alat bantu dengar Anda. Namun, sikat ini memiliki desain khusus dimana bulu-bulu sikatnya berbentuk lembut dan tidak kasar. Sikat ini paling cocok digunakan untuk membersihkan alat bantu dengar tipe ITE (In-The-Ear) yang umumnya berbentuk cukup kecil.

  1.      Wire Loop

Fungsi dari wire loop adalah untuk mencungkil atau membersihkan kotoran yang menyumbat lubang-lubang kecil pada mikrofon alat bantu dengar. Kotoran yang menyumbat pada lubang-lubang kecil tersebut dapat menurunkan performa alat. Oleh karena itu, alat ini sangat berguna untuk membersihkan alat bantu dengar Anda dengan maksimal.

  1.      Magnet

Magnet akan memudahkan Anda untuk menahan atau memegang alat bantu dengar agar tidak jatuh ketika dibersihkan

Setelah mengenal beberapa alat untuk membersihkan alat bantu dengar, berikut ini adalah tahapan pembersihan yang perlu Anda

Alat bantu dengar tipe In The Ear (ITE)

Bentuk ITE ini cukup kecil karena letaknya yang berada di dalam liang telinga. Hal ini membuat Anda harus extra hati-hati ketika membersihkannya. Beberapa langkah di bawah ini dapat Anda lakukan untuk membersihkannya.

  1. Siapkan tisu kering. Mengingat alat bantu dengar termasuk perangkat elektronik, maka jangan membersihkannya dengan menggunakan cairan baik air maupun alkohol karena dikhawatirkan hal tersebut akan merusak alat bantu dengar Anda.
  2. Fokuskan pada kotoran yang menutupi lubang-lubang kecil seperti yang ada pada bagian mikrofon. Gunakan wire loop untuk mencungkil kotoran tersebut.
  3. Gunakan sikat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada badan alat dan penutup baterai.
  4. Setelah itu, lap sisa-sisa kotoran yang menempel dengan menggunakan tissue atau lap kering lain yang bersih.

Alat bantu dengar tipe Behind The Ear (BTE)

Cara membersihkan alat bantu dengar BTE kurang lebih sama dengan membersihkan alat bantu dengar ITE.  Namun, Anda perlu melepaskan ear mould dan tubing dari earhook. Selanjutnya bersihkan atau cuci ear mould menggunakan sabun agar bakteri yang menempel hilang. Setelah itu gunakan pengering untuk mengeringkan air yang tertinggal pada tube, atau diamkan di tempat yang aman semalaman sampai kering.

Waktu yang paling baik baik untuk membersihkan alat bantu dengar Anda adalah di penghujung hari ketika Anda sudah akan beristirahat sehingga esok harinya Anda bisa menggunakan kembali alat bantu dengar dalam keadaan bersih.

Dapatkan pelayanan dan perawatan terpercaya alat bantu dengar Anda di sini

Please rate this

and share :