menggunakan alat bantu dengar
Alat Bantu Dengar

Menggunakan Alat Bantu Dengar Saat Berolahraga

5/5 (1)

Tidak peduli berapa usia Anda, olahraga memiliki manfaat untuk tubuh dan pikiran Anda. Olahraga teratur membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi otot dan persendian, dan bahkan membantu kondisi mental dan emosional Anda. Namun, ketika Anda memakai alat bantu dengar, wajar untuk bertanya-tanya apakah berolahraga saat memakainya adalah ide yang baik atau apakah itu dapat menyebabkan kerusakan yang tidak terduga.

Untungnya ada beberapa cara untuk menjaga penggunaan alat bantu dengar Anda aman dari bahaya saat Anda berolahraga. Jika Anda ingin belajar tentang melindungi alat bantu dengar Anda saat berolahraga, teruslah membaca untuk tips dan saran kami.

 

Cara melindungi alat bantu  dengar Anda

Saat Anda memakai alat bantu dengar selama berolahraga, yang terbaik adalah mengambil beberapa langkah tambahan agar tetap aman:

 

  • Memakai sweatband atau pencegah keringat pada alat bantu dengar

 

Jika Anda cenderung berkeringat saat berolahraga, prioritas Anda harus menjaga keringat dari alat bantu dengar Anda. Kelembaban dapat dengan mudah merusak sebagian besar alat bantu dengar dan juga dapat menyebabkan masalah lain, seperti berkurangnya kejernihan dan peningkatan pertumbuhan bakteri. Namun, dengan mengenakan pita penahan keringat atau menutupi alat bantu dengar Anda dengan penutup keringat khusus, Anda dapat menjaga kelembaban perangkat Anda.

 

  • Mencari solusi agar alat bantu dengar tidak terjatuh

 

Masalah umum lainnya saat berolahraga adalah menjaga alat pendengaran Anda tetap di tempatnya. Jika Anda berpartisipasi dalam latihan aktif seperti aerobik, lari, atau olahraga, Anda mungkin mengalami masalah untuk mempertahankan alat bantu dengar Anda. Ada beberapa solusi yang sesuai pada jenis alat bantu dengar yang Anda gunakan. Misalnya, pengguna alat bantu dengar Behind-the-Ear dapat menggunakan topi atau ikat kepala yang pas untuk menjaga alat bantu mereka tetap di tempatnya, atau bahkan menggunakan pita rambut palsu dua sisi untuk mengamankan perangkat mereka secara langsung. Anda juga dapat berinvestasi dengan membeli klip alat bantu dengar atau lanyard yang akan mencegah alat bantu dengar Anda hilang jika jatuh.

 

  • Keringkan alat bantu dengar setelah penggunaan

 

Selalu baik untuk menempatkan alat bantu dengar Anda dalam kotak pengeringan setelah memakainya berolahraga. Meningkatnya keringat dapat dengan mudah menembus lubang dan bukaan alat bantu dengar yang lebih kecil, yang dapat menyebabkan sejumlah masalah. Dehumidifier atau kotak pengering dapat menghilangkan kelembaban ini dan menjaga alat bantu dengar Anda bekerja dengan baik selama bertahun-tahun.

 

  • Segera lakukan pengecekan alat bantu dengar jika mulai berubah

 

Salah satu cara terbaik untuk melindungi alat bantu dengar Anda adalah dengan mengamati tanda-tanda kerusakannya. Jika alat bantu dengar Anda memiliki penumpukan kotoran yang tidak biasa, tanda-tanda keausan, perubahan warna, atau hanya tidak berfungsi seperti seharusnya, mungkin sudah saatnya untuk melihatnya. Jangan takut untuk membawa alat bantu dengar Anda ke audiolog Anda untuk memastikannya dalam kondisi baik.

 

Mengapa harus memakai alat bantu dengar saat berolahraga?

Tentu saja, Anda mungkin berpikir ada solusi mudah untuk menjaga alat bantu dengar Anda tetap aman saat berolahraga: tinggalkan saja. Namun, alat bantu dengar dapat meningkatkan pengalaman olahraga Anda dalam banyak cara. Bagi kebanyakan orang, itu selalu merupakan ide yang baik untuk memakai alat bantu dengar saat berolahraga. Inilah alasannya:

 

  • Faktor keamanan dan kesadaran

 

Alasan utama untuk memakai alat bantu dengar saat berolahraga adalah sama dengan waktu lainnya: itu membuat Anda lebih aman dan lebih sadar akan lingkungan Anda. Baik Anda berlari di gym, hiking jejak favorit Anda atau bermain golf, telinga Anda memainkan peran penting. Anda harus memastikan Anda dapat mendengar pengumuman, peringatan, dan orang-orang terdekat dan suara-suara agar tetap aman.

 

  • Menggunakan Alat Bantu Dengar untuk Komunikasi yang lebih baik

 

Alat bantu dengar juga meningkatkan kemampuan komunikasi Anda. Jika Anda berolahraga atau bermain dengan pasangan atau tim, alat bantu dengar Anda menjadikan Anda teman dan rekan tim yang lebih baik. Mereka juga meningkatkan pengalaman Anda dan membuat Anda lebih terhubung dengan lingkungan Anda.

 

  • Membuat Anda tetap terhubung dan terhibur

 

Selain membantu Anda mendengar dan tetap aman, banyak alat bantu dengar modern juga berfungsi ganda seperti headset dan headphone Bluetooth untuk mendengarkan musik, menerima panggilan dan mendengar peringatan dari ponsel Anda. Ini memungkinkan Anda untuk tetap berkomunikasi saat berolahraga dan memungkinkan Anda menikmati musik, buku audio, atau podcast apa pun yang Anda lakukan.

 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara memaksimalkan alat bantu dengar Anda, hubungi kami hari ini di sini. Audiolog kami yang berpengalaman siap membantu Anda mendapatkan kembali kemampuan pendengaran dan pengalaman hidup Anda sepenuhnya.

Please rate this

and share :