Hubungan Antara Kehilangan Pendengaran dan Rasa Kesepian
Gangguan Pendengaran

Hubungan Antara Kehilangan Pendengaran dan Rasa Kesepian

4/5 (1)

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa rasa kesepian menjadi masalah kesehatan yang akan terus berkembang dan cukup mengganggu. Kesepian mempengaruhi lebih dari sepertiga orang berusia 45 tahun keatas. Penelitian ini diadakan sebelum pandemi Covid-19 melanda. Seperti kita ketahui, kondisi saat ini memaksa banyak orang untuk bekerja dari rumah dan untuk menjaga jarak dengan orang lain. Kewajiban baru yang harus kita patuhi ini tidak jarang membuat orang-orang semakin merasa kesepian, terutama pada orang dengan gangguan pendengaran.

Kaitan Antara Kehilangan Pendengaran dan Kesepian 

Mengapa rasa kesepian disebut dapat menjadi masalah kesehatan? Bukankah kesepian hanyalah sebatas masalah sosial? Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), kesepian dan isolasi sosial berkaitan dengan :

  • Meningkatnya risiko demensia sebesar 50%.
  • Peningkatan risiko kematian dini sebesar 45%.
  • Tingkat depresi dan kecemasan yang lebih tinggi.

Sebuah studi menyatakan bahwa dampak kesepian bagi kesehatan sama dengan merokok sebanyak 15 batang sehari.

Kehilangan pendengaran dikenal sebagai penyumbang rasa kesepian dan isolasi sosial. Hal ini cukup masuk akal. Manusia merupakan makhluk sosial, dan jika untuk melakukan komunikasi terdapat berbagai tantangan, mereka yang mengalami gangguan pendengaran umumnya akan memilih untuk meminimalkan interaksi dengan orang lain, menjauh saat berkumpul, dan akhirnya memutuskan untuk berdiam diri di rumah, sendirian.

Jadi tidak mengherankan jika para ahli berpikir bahwa mengatasi kehilangan pendengaran dapat membantu mengurangi rasa kesepian. Dan jelas menggunakan alat bantu dengar yang konsisten adalah kuncinya. Terlebih saat ini teknologi alat bantu dengar dilengkapi dengan banyak fitur yang bermanfaat. Tidak hanya untuk mempermudah pendengaran, tetapi juga dapat menghubungkan penggunanya dengan teman dan keluarga melalui smartphone. Serta membantu memotivasi kita untuk lebih aktif secara fisik dan sosial.

Temukan Bantuan Untuk Mengatasi Rasa Kesepian Karena Gangguan Pendengaran

Jika Anda mengenal keluarga, kerabat atau bahkan mungkin diri Anda sendiri yang mengalami gangguan pendengaran, segeralah temukan bantuan untuk mengatasi gangguan pendengaran yang dialami. ABDI menyediakan berbagai solusi untuk masalah pendengaran dan komunikasi Anda. Temukan lokasi terdekat ABDI disini atau hubungi ABDI di 0800-100-2234 (bebas pulsa) untuk reservasi kunjungan Anda maupun orang terdekat.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2020/07/can-hearing-aids-help-with-loneliness

Please rate this

and share :