Mengenal Teknologi Alat Bantu Dengar Canggih
Alat Bantu Dengar

Mengenal Teknologi Alat Bantu Dengar Canggih

No ratings yet.

Teknologi alat bantu dengar telah meningkat pesat selama beberapa dekade terakhir. Pada intinya, alat bantu dengar selalu terdiri dari empat bagian dasar yaitu: mikrofon, prosesor suara, receiver, dan sumber daya. Mikrofon mengambil suara di lingkungan Anda dan meneruskannya ke prosesor. Prosesor suara meningkatkan sinyal dan mengirimkannya ke receiver. Kemudian mengirimkan sinyal yang diperkuat ke saluran telinga. Sumber daya, atau baterai, untuk menjalankan sistem.

Teknologi alat bantu dengar dapat masuk kategori canggih atau tidak, berdasarkan kecanggihan prosesor. Bahkan alat bantu dengar digital dasar saat ini menawarkan jauh lebih banyak manfaat daripada alat bantu dengar terbaik dari generasi sebelumnya. 

Teknologi Alat Bantu Dengar yang Baru dan Canggih

Seiring dengan meningkatnya teknologi, saat ini alat bantu dengar digital menjadi lebih otomatis dan memiliki lebih banyak fitur. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda berkomunikasi dalam situasi mendengar yang sulit. Fitur-fitur berikut lebih mungkin ditawarkan dalam alat bantu dengar canggih yang ditawarkan di pasaran saat ini.

Pemrosesan Suara dan Respons Frekuensi

Semua alat bantu dengar memproses suara, yang berarti bahwa ketika suara masuk ke alat bantu dengar, itu harus dibagi menjadi potongan-potongan suara (kadang-kadang disebut sebagai “saluran”) dan didigitalkan sebelum dapat diperkuat. Semakin baik alat bantu dengar, semakin fleksibel untuk “memotong” suara yang disesuaikan dengan resep unik gangguan pendengaran Anda. Misalnya, jika Anda hanya memiliki gangguan pendengaran frekuensi tinggi, alat bantu dengar yang dibuat lebih baik hanya dapat memperkuat suara-suara tersebut, sedangkan model kelas bawah mungkin memperkuat suara frekuensi menengah dan tinggi. Penyesuaian alat bantu dengar ini disebut respons frekuensi.

Kompatibilitas Bluetooth

Kompatibilitas Bluetooth adalah fitur nirkabel yang memungkinkan alat bantu dengar untuk terhubung ke ponsel dan perangkat lain yang menggunakan Bluetooth, seringkali melalui perangkat perantara. Teknologi Bluetooth memiliki kemampuan untuk meningkatkan rasio sinyal-ke-noise dan menghilangkan umpan balik dari mikrofon karena sinyal melewati mikrofon dan langsung memasuki prosesor alat bantu dengar. Koneksi Bluetooth juga lebih kecil kemungkinannya mengalami gangguan, yang dapat terjadi dengan sistem FM.

Kecerdasan Buatan

Beberapa alat bantu dengar memiliki fitur yang memungkinkan mereka untuk “mempelajari” preferensi Anda, sejenis Artificial Intelegence atau kecerdasan buatan. Dengan mencatat pengaturan kontrol volume dan preferensi program untuk lingkungan suara tertentu,  Teknologi alat bantu dengar dengan AI ini dapat mulai membuat perubahan secara otomatis ketika lingkungan terdeteksi. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan Anda untuk melakukan penyesuaian secara manual.

Aplikasi

Banyak alat bantu dengar canggih saat ini datang dengan aplikasi smartphone, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penyesuaian, menghubungi penyedia layanan pendengaran mereka, dan memantau masa pakai baterai. Bahkan beberapa alat bantu dengar seperti Livio AI telah memiliki teknologi, menyambungkan panggilan telepon atau sumber suara lainnya langsung ke alat bantu dengar pengguna dan juga dapat mengubah ucapan menjadi teks, dan menerjemahkan berbagai bahasa.

Baterai isi ulang

alat bantu dengar saat ini juga telah dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang , memungkinkan seseorang untuk berhenti menukar baterai dan membuangnya.

Fitur tinnitus masking

Alat bantu dengar yang paling canggih hadir dengan fitur topeng tinnitus . Teknologi alat bantu dengar ini dapat Anda gunakan dengan bantuan seorang audiolog atau penyedia perawatan pendengaran lainnya. Fitur Tinnitus Masking diprogram untuk mengeluarkan suara yang menutupi tinnitus atau dering di telinga Anda. 

Pengolahan binaural

Fitur ini sering (tetapi tidak selalu) tersedia pada alat bantu dengar dasar juga. Pemrosesan binaural berarti sepasang alat bantu dengar berkomunikasi secara nirkabel satu sama lain. Teknologi ini meniru kemampuan otak untuk memproses informasi yang datang dari kedua telinga dan membantu mengurangi penyesuaian manual. Pengolahan binaural ini paling umum digunakan untuk menjaga alat bantu dengar beroperasi secara serempak (seperti beralih dari program 1 ke 2 pada saat yang sama) atau untuk mengalirkan sinyal pendengaran dari satu alat bantu dengar ke yang lain.

Manfaat Teknologi Canggih

Bayangkan saat Anda sedang duduk di restoran yang sangat sibuk, makan malam bersama teman-teman. Suara datang dari segala arah, seperti piring berdentang, orang-orang berbicara dan tertawa, meja-meja lain dan para pelayan bergegas. Anda mengenakan alat bantu dengar baru dan mendengarkan teman yang duduk di seberang Anda di meja. Dia menceritakan lelucon. Alat bantu dengar Anda secara bersamaan mengurangi suara impuls seperti suara berdentang di atas piring (pengurangan kebisingan impuls), mengurangi deru sistem ventilasi di atas (digital noise reduction), menekan suara orang-orang di meja di belakang Anda (sistem directional mikrofon) dan menyimpan informasi tentang lingkungan pendengaran yang akan disimpan untuk penyesuaian lebih lanjut (pencatatan data). Mereka melakukan semua ini secara otomatis sambil memperkuat dan membentuk sinyal ucapan dari teman Anda.

Ini hanyalah salah satu contoh teknologi alat bantu dengar canggih saat ini dalam dunia nyata. Jika dengan penjelasan diatas Anda mulai merasa tertarik dan ingin menggunakannya maka Anda bisa  menghubungi profesional pendengaran di daerah Anda untuk menemukan alat bantu dengar di dekat Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/help/hearing-aids/technology

Please rate this

and share :