gangguan pendengaran pria
Gangguan Pendengaran

Mengapa Pria Lebih Banyak Mengalami Gangguan Pendengaran?

4/5 (1)

Mungkin mengejutkan Anda untuk mengetahui bahwa, meskipun pria dan wanita memiliki struktur telinga dan kemampuan mendengar yang sama saat lahir, pria jauh lebih mungkin menderita gangguan pendengaran dibandingkan wanita. Tetapi mengapa hal ini bisa terjadi, dan apa yang bisa dilakukan untuk itu? Cari tahu cara melindungi pendengaran Anda sendiri dan banyak lagi.

 

Penyebab gangguan pendengaran pada pria

Kehilangan pendengaran memiliki banyak penyebab, tetapi kebanyakan dari mereka berlaku sama untuk pria dan wanita. Namun, ada beberapa perbedaan yang membantu menjelaskan mengapa pria lebih sering mengalami gangguan pendengaran.

 

Kehilangan pendengaran terkait kebisingan

Salah satu penyebab paling umum gangguan pendengaran pada pria dan wanita adalah paparan kebisingan yang keras. Gangguan pendengaran terkait kebisingan terjadi ketika sel-sel rambut sensitif di telinga bagian dalam rusak oleh paparan kebisingan berulang atau ekstrim.

Jadi mengapa pria lebih mungkin mengalaminya? Satu teori adalah bahwa itu terkait pekerjaan. Laki-laki lebih cenderung mengambil pekerjaan yang melibatkan paparan kebisingan, seperti pekerjaan konstruksi atau ladang minyak, pekerjaan militer, dan pekerjaan perdagangan. Mereka mungkin juga lebih menyukai hobi keras seperti berburu, sopir, atau pertukangan kayu. Seiring waktu paparan kebisingan dari alat-alat listrik, mesin, atau senjata api dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

 

Penggunaan obat-obatan

Kemungkinan penyebab lain dari tingginya tingkat gangguan pendengaran pada pria adalah penggunaan obat-obatan tertentu yang lebih tinggi. Sebuah studi yang dilakukan di Massachusetts oleh Universitas Harvard bekerja sama dengan beberapa penyedia medis menemukan bahwa penggunaan aspirin, acetaminophen, dan NSAID secara teratur seperti Advil atau Motrin lebih cenderung memiliki gangguan pendengaran daripada orang-orang yang menggunakan obat-obatan ini dengan hemat atau tidak sama sekali. Dan karena pria lebih cenderung menggunakan penghilang rasa sakit daripada wanita, ini bisa menjelaskan sebagian mengapa pria lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran.

 

Kurangnya kesadaran mendapat perawatan dan pengobatan

Menurut hasil sebuah survey kesehatan, pria cenderung kurang perduli untuk mencari pengobatan untuk gangguan pendengaran dibandingkan wanita. Dilaporkan dengan baik bahwa wanita lebih cenderung mencari bantuan medis daripada pria secara keseluruhan, dan hal yang sama berlaku untuk gangguan pendengaran. Wanita juga lebih cenderung di depan tentang gangguan pendengaran dalam percakapan dan kehidupan sehari-hari, sedangkan pria mungkin hanya mengatakan mereka “sulit mendengar.”

Sayangnya bagi pria, keengganan mereka untuk berobat dapat menyebabkan pendengaran dan kesehatan mereka memburuk lebih cepat. Gangguan pendengaran yang tidak diobati sering memburuk dari waktu ke waktu karena orang mencoba untuk mengimbanginya dengan menaikkan volume pada perangkat atau hanya mengabaikan gejala. Ini juga memiliki efek samping yang serius seperti penurunan keseimbangan, masalah memori, dan perubahan kepribadian atau perubahan suasana hati.

 

Cara memulihkan diri dari gangguan pendengaran

Jika Anda berpikir Anda atau orang yang dicintai mungkin menderita gangguan pendengaran, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan:

 

  • Gunakan Perlindungan Pendengaran – Langkah pertama adalah untuk melindungi pendengaran yang Anda tinggalkan dengan mengenakan perlindungan pendengaran setiap kali Anda berada di sekitar kebisingan keras, seperti di lokasi kerja, saat berburu, atau di konser yang keras.
  • Hindari Kebisingan yang Tidak Perlu – Saat Anda tidak bisa memakai perlindungan pendengaran, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari kebisingan yang keras dan tidak menghabiskan lebih banyak waktu di lingkungan yang bising daripada yang diperlukan.
  • Berhenti Merokok – Penggunaan tembakau dikaitkan dengan kerusakan pendengaran dan gangguan pendengaran. Jika Anda seorang perokok, sekarang saatnya untuk berhenti.
  • Tanya Tentang Obat – Jika Anda minum obat, tanyakan kepada dokter Anda apakah aman untuk telinga Anda. Pertimbangkan juga untuk menghentikan obat-obatan yang dijual bebas yang buruk bagi telinga Anda seperti Aspirin atau asetaminofen.
  • Dapatkan Bantuan Pendengaran – Akhirnya, kunjungi audiolog untuk membahas pilihan Anda dan belajar tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan pendengaran Anda.

 

Jika Anda tertarik mempelajari lebih lanjut tentang cara memulihkan kemampuan pendengaran Anda, hubungi kami hari ini di ABDI. Audiolog kami siap membantu Anda mengambil langkah pertama menuju pendengaran yang lebih baik. Hubungi 0800-100-2234 hari ini untuk menjadwalkan janji temu, atau kunjungi kami di website untuk melihat semua hal mengenai layanan kami.

Please rate this

and share :