Musik Di Kelas Olahraga Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Musik Di Kelas Olahraga Dapat Menyebabkan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Saat ini popularitas kelas kebugaran dan ruang olahraga semakin meningkat khususnya di kota-kota besar. Mau tidak mau munculnya fenomena olahraga yang atraktif, menyenangkan semacam senam baik itu aerobik, zumba, dll juga semakin banyak. Namun, seperti yang selama ini kita tahu, beberapa olahraga tersebut membutuhkan musik yang keras sejalan dengan latihan, keringat, dan detak jantung yang berdetak kencang.

Tahukah Anda resiko dibalik olahraga menyenangkan tersebut?. Siapa yang menyangka bahwa dibalik semua unsur sehat tersebut ternyata keberadaan musik yang keras justru menyimpan resiko gangguan pendengaran terutama bagi instruktur dan peserta kelas tersebut.

Ketahui Tingkat Kebisingan yang Aman Bagi Pendengaran

Unit pengukuran yang digunakan untuk mengekspresikan intensitas suara adalah desibel (dB). Menurut National Institute for Occupational Safety and Health’s standards, tingkat paparan kebisingan yang aman adalah sebagai berikut :

  • 85 dB selama delapan jam
  • 88 dB selama empat jam
  • 91 dB selama dua jam
  • 94 dB selama satu jam
  • 97 dB selama setengah jam
  • 100 dB selama 15 menit

Tingkat kebisingan rata-rata dari kelas olahraga mencapai tingkat mendengarkan yang tidak aman. Penelitian dari George Mason University di Virginia telah menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kebisingan di kelas olahraga lebih dari 90 dB, 100 dB hingga 110 dB.

Baca juga : berapakah tingkat kebisingan yang aman bagi pendengaran?

Mencegah Gangguan Pendengaran Karena Kebisingan

Gangguan pendengaran karena kebisingan adalah satu-satunya penyebab gangguan pendengaran yang dapat dicegah. Meskipun Anda dapat menyesuaikan diri dengan musik keras di kelas olahraga, sayangnya, telinga dan otak Anda tidak. Setelah Anda kehilangan pendengaran karena paparan kebisingan, maka pendengaran Anda tidak akan beregenerasi. Gangguan pendengaran karena faktor kebisingan ini biasanya bertahap. Seringkali saat Anda menyadarinya semua sudah terlambat untuk mencegah kerusakan. Namun, tidak ada kata terlambat untuk mengambil tindakan dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Penelitian menunjukkan peningkatan tempo/ beat (bukan volume musik) adalah cara terbaik memotivasi dalam kelas olahraga.

Unduh aplikasi SoundCheck dari Starkey, yang memungkinkan ponsel Anda mengukur tingkat kebisingan lingkungan secara real time. Ini akan membantu Anda mengetahui apakah musik dimainkan pada volume yang aman. SoundCheck juga dapat digunakan dalam situasi di luar gym – seperti di restoran dan konser, dll.

Tips Menghindari Gangguan Pendengaran Akibat Kebisingan di Kelas Olahraga

  • Evaluasi tingkat kebisingan, dan pastikan itu adalah volume yang dapat diterima dengan menggunakan aplikasi SoundCheck.
  • Lakukan tes pendengaran, terutama jika Anda mengalami perubahan pendengaran, dering atau penuh di telinga.
  • Gunakan perlindungan pendengaran.
  • Penyumbat telinga busa adalah solusi ekonomis, atau pertimbangkan untuk membeli penyumbat telinga khusus untuk mengurangi paparan kebisingan.
  • Keluarlah dari kelas selama 30-60 detik untuk menenangkan telinga Anda.

Kami menganjurkan Anda menjalani gaya hidup sehat, dan kami di sini mengingatkan Anda untuk memiliki hidup yang lebih baik dengan menjaga pendengaran Anda. Ingin memiliki tips-tips berharga seputar kesehatan dan masalah pendengaran dan solusinya? Anda bisa bergabung dengan kami di sini. Atau jika Anda merasa telah memiliki masalah pendengaran dan ingin melakukan tes kesehatan pendengaran maka Anda bisa mempercayakan masalah perawatan pendengaran Anda pada kami dengan menghubungi no 0800-100-2234 atau mengunjungi website kami di sini, untuk memperoleh arahan dari para staf kami.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2019/03/Safe-listening-levels-at-the-gym

Please rate this

and share :