Kehilangan Pendengaran Pasti Dialami Semua Orang?
Gangguan Pendengaran

Kehilangan Pendengaran Pasti Dialami Semua Orang?

No ratings yet.

Ada kesalahpahaman umum bahwa kehilangan pendengaran tidak bisa dihindari. Masih banyak orang berpikir hal ini terjadi secara alami karena pertambahan usia. Namun, itu tidak sepenuhnya benar. Meskipun gangguan pendengaran memang banyak mempengaruhi orang tua, namun hal itu dapat terjadi tidak sepenuhnya hanya karena faktor usia. Gangguan pendengaran dapat terjadi pada usia berapapun.

Kehilangan Pendengaran, Apa Saja Penyebabnya?

Untuk menjawab pertanyaan itu, Anda perlu tahu bagaimana gangguan pendengaran terjadi. Singkatnya adalah karena indera pendengaran Anda bergantung pada kesehatan sel-sel rambut yang sangat kecil di telinga bagian dalam. Tidak seperti kebanyakan sel lain, ketika sel-sel rambut dalam telinga Anda rusak, mereka tidak dapat diperbaiki. Inilah sebabnya mengapa melindungi telinga Anda dari suara keras atau menahan diri dari menggunakan cotton buds sangat penting.

Ini juga menerangkan bahwa efek gangguan pendengaran bersifat kumulatif atau bertambah dan itulah sebabnya gangguan pendengaran lebih jelas terlihat pada orang tua. Sejumlah kecil kerusakan pendengaran selama bertahun-tahun terus terjadi dan menumpuk. Menciptakan masalah yang lebih besar pada orang yang lebih tua daripada mereka yang lebih muda. Banyak individu yang lebih muda kemungkinan besar sudah memiliki beberapa bentuk gangguan pendengaran; namun masalahnya belum terlihat atau belum memiliki efek buruk pada hidup mereka.

Faktor Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Bahkan jika Anda telah merawat telinga dengan baik, Anda masih tetap berpotensi mengalami gangguan pendengaran.

Sejarah keluarga

Gangguan pendengaran memiliki komponen genetik. Jadi jika keluarga Anda mengalami gangguan pendengaran, Anda bisa memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalaminya sendiri.

Merokok

Selain risiko merokok yang paling umum diketahui, nikotin juga dapat meningkatkan peluang gangguan pendengaran Anda.

Obat-obatan

Obat-obatan tertentu, seperti beberapa antibiotik, diuretik, dan perawatan kemoterapi, dapat mempengaruhi kesehatan pendengaran Anda secara keseluruhan.

Penyakit

Sejumlah penyakit dan kondisi yang berbeda dapat mempengaruhi pendengaran Anda, termasuk meningitis, diabetes, dan gangguan autoimun di telinga bagian dalam.

Kesimpulan

Sederhananya, gangguan pendengaran pada tingkat tertentu adalah alami karena sel-sel rambut mulai berkurang seiring waktu. Namun, jumlah gangguan pendengaran yang terjadi akibat proses penuaan justru sangat rendah. Sebaliknya, ketika kerusakan itu dipercepat oleh suara keras, faktor kesehatan, dan gaya hidup, saat itulah mulai terlihat gejala yang merujuk pada gangguan pendengaran. Jadi dalam arti tertentu, gangguan pendengaran tidak bisa dihindari, tetapi tingkat dan keparahan gangguan pendengaran dapat dipengaruhi oleh berbagai metode pencegahan .

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang gangguan pendengaran dan langkah-langkah apa yang dapat Anda ambil untuk memastikan kesehatan pendengaran Anda, hubungi Audiolog terlatih yang di miliki oleh pusat penyedia alat bantu dengar Indonesia (ABDI) hari ini. Tim audiologis kami berdedikasi untuk menjawab semua pertanyaan Anda dan memberi Anda alat yang Anda butuhkan untuk menjalani gaya hidup sehat. Hubungi kami hari ini di 0800-100-2234 atau jadwalkan janji temu online kapan saja. Kami ingin sekali bertemu dengan Anda.

 –

Sumber : https://audiorecovery.com/blog/is-hearing-loss-inevitable-oklahoma-city/

Please rate this

and share :