Benarkah Kelembapan Menjadi Penyebab Alat Bantu Dengar Mudah Rusak?
Alat Bantu Dengar

Benarkah Kelembapan Menjadi Penyebab Alat Bantu Dengar Mudah Rusak?

No ratings yet.

Terdapat beberapa hal berbeda yang dapat menjadi penyebab alat bantu dengar mudah rusak secara perlahan hingga akhirnya perangkat Anda tidak dapat berfungsi lagi sebagaimana mestinya. Alat bantu dengar juga dapat rusak jika dalam kondisi kelembapan yang ekstrim. Untuk itu, bisa kita simpulkan bahwa kelembaban adalah masalah besar untuk alat bantu dengar.

Kerusakan yang tidak dapat diperbaiki juga dapat terjadi karena kelembapan yang tidak terlihat. Saatnya untuk memahami lebih lanjut tentang mengapa kelembapan adalah hal yang buruk untuk alat bantu dengar.

Memahami Kelembapan

Meskipun kata kelembapan sangat umum, apa sebenarnya artinya? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kelembapan adalah keadaan yang lembap. Kelembapan merupakan konsentrasi kandungan dari uap air yang ada di udara dan biasanya dinyatakan dengan persentase. Uap air sendiri dapat berubah tergantung pada temperatur udara, tekanan, dan iklim di sekitar.

Semakin besar persentasenya, semakin terasa ‘basah’. Orang sangat sensitif terhadap kelembapan karena keringat adalah cara paling efektif untuk mendinginkan tubuh. Ketika tingkat kelembapan tinggi, keringat kita tidak akan menguap dengan cepat. Kelembapan dan elektronik tidak dapat bercampur dengan baik dan elektronik disini termasuk alat bantu dengar.

Alat Bantu Dengar Mudah Rusak Jika Terpapar Dengan Kelembaban

Kelembapan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mempengaruhi alat bantu dengar. Ketika persentase uap air tinggi, kondensasi dapat terjadi saat perangkat elektronik bekerja. Dan kelembaban rendah dapat menyebabkan komponen pada perangkat elektronik mudah rapuh.

Komponen-komponen kecil pada perangkat lektronik adalah alasan alat bantu dengar dapat berfungsi dengan baik. Sebuah chip pemrosesan sinyal yang canggih dapat mengelola kebisingan di sekitar pada alat bantu dengar dengan teknologi terbaru. Fitur umum pada alat bantu dengar terbaru diantaranya seperti:

  • Peredam kebisingan
  • Anti-feedback
  • Targeted listening programs
  • Digital sound streaming

Kelembapan yang tinggi menyebabkan kelembapan menumpuk di dalam alat bantu dengar yang dapat merusak chip tersebut. Ini dapat menimbulkan korosi pada elemen di dalam casing dan juga merusak baterai. Sama halnya ketika Anda mungkin tanpa sengaja menjatuhkan alat bantu dengar ke dalam bak berisi air, dan dampaknya juga akan sama.

Cara Mengontrol Kelembapan

Alat bantu dengar tahan air saat ini telah tersedia di pasaran. Fitur ini akan memberi perlindungan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca, tetapi Anda tetap tidak bisa menggunakannya saat berenang.

Jika Anda tinggal di daerah yang lembap, pertimbangkan untuk menggunakan dehumidifier di ruangan atau diseluruh rumah untuk mengurangi uap air di dalam ruangan. Ini adalah investasi yang akan membantu Anda dan keluarga dalam banyak hal dan melindungi perangkat elektronik lain seperti TV.

Dehumidifier mengurangi risiko tumbuhnya jamur, lumut, dan tungau dari debu, sehingga semua orang dirumah juga dapat menghirup udara yang lebih baik. Namun, untuk melindungi alat bantu dengar Anda lebih lengkap tetap dibutuhkan perawatan ekstra. Ada beberapa hal lain yang dapat dan harus Anda lakukan.

Pertimbangkan untuk membeli dehumidifier atau pengering yang dirancang khusus untuk alat bantu dengar. Perangkat untuk mengeringkan alat bantu dengar juga dapat menggunakan kristal silika gel untuk melindungi perangkat elektronik. Kelembapan dapat hilang dengan memasukkan alat bantu dengar ke dalam pengering selama beberapa jam. Mengeringkan alat bantu dengar saat Anda tidur di malam hari dapat dilakukan dengan menggunakanalat pengering. Dalam keadaan darurat, Anda juga bisa menggunakan sekantong beras mentah atau silika gel untuk menghilangkan kelembapan.

Jangan lupa untuk membuka tempat baterai saat Anda menyimpan perangkat ABD. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari.

Hal yang Harus Diperhatikan

Kerusakan dapat disebabkan oleh berbagai hal lainnya. Lakukan tindakan pencegahan untuk melindungi perangkat Anda seperti:

  • Pastikan semua lotion atau tabir surya terserap sepenuhnya sebelum menyentuh alat bantu dengar atau memasangnya ke telinga Anda.
  • Tinggalkan alat bantu dengar Anda di tempat yang aman sebelum berenang.
  • Saat berolahraga, gunakan bando atau pita penahan keringat.
  • Periksa permukaan sebelum Anda meletakkan alat bantu dengar. Jangan meletakkannya di tempat basah seperti bekas gelas atau cangkir kopi.

Alat bantu dengar Anda adalah aset berharga, jadi perlakukan dan rawatlah dengan baik dan teliti. Ingatlah bagaimana kelembapan dapat merusak alat bantu dengar Anda dan pastikan untuk mencegah air masuk ke dalamnya. Jika alat bantu dengar Anda sudah rusak karena air, buatlah janji untuk memeriksa kondisi alat bantu dengar Anda dengan konsultan pendengaran kami disini.

Sumber : https://www.cruzhearing.com/hearing-aids-news/is-moisture-causing-damage-inside-your-hearing-aids/

 

Please rate this

and share :