Kelembapan dan Kaitannya Dengan Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Kelembapan dan Kaitannya Dengan Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Salah satu hal yang menyenangkan saat memulai perjalanan Anda menuju pendengaran yang lebih baik adalah dunia menjadi terasa lebih menyenangkan ketika kita dapat mendengar suara-suara yang selama ini terlewatkan.

Hal yang menyenangkan ini tanpa disadari membuat Anda menjadi lebih banyak melakukan aktivitas diluar rumah. Aktivitas ini juga memungkinkan alat bantu dengar yang Anda gunakan terpapar kelembapan. 

Mari kita bahas bagaimana kelembapan dapat mempengaruhi alat bantu dengar dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Apa Itu Kelembapan?

Kelembapan adalah ukuran jumlah uap air di udara. Udara panas dapat menampung banyak uap air, tetapi udara dingin tidak. Ketika udara panas bertemu udara dingin, maka terjadi penurunan suhu. 

Bayangkan satu kaleng soda yang dingin. Ketika udara lembap bersentuhan dengan kaleng, suhu pada kaleng yang dingin tadi akan turun dengan cepat. Setiap uap air yang dihasilkan dari udara lembap yang tidak dapat masuk ke udara dingin di sekitar kaleng harus pergi ke suatu tempat. Saat itulah terjadi kondensasi, menciptakan tetesan air layaknya embun pada sisi kaleng.

Bagaimana Kelembaban Mempengaruhi Alat Bantu Dengar Saya?

Kelembaban mempengaruhi alat bantu dengar dalam beberapa cara:

  • Pertama, seperti kondensasi yang terjadi pada kaleng soda di cerita tadi, kelembapan terjadi saat suhu dingin pada kaleng bertemu udara hangat di sekitar yang kemudian bertemu dengan komponen berbahan logam, sama hal nya dengan komponen dalam perangkat pendengaran.
  • Kedua, kelembapan membuat Anda berkeringat — dan juga membuat keringat lebih sulit untuk menguap. Keringat ini yang umumnya akan berakhir atau menempel pada perangkat pendengaran Anda.

Tapi Apa Masalah Besarnya?

Kelembapan dari kondensasi dan keringat dapat menyumbat port dan lubang alat bantu dengar. Kelembapan juga dapat terjadi pada tubing alat bantu dengar model BTE. Dimana kondisi ini dapat mempengaruhi respons frekuensi teknologi Anda. Selain itu, dapat menimbulkan korosi pada komponen dan titik kontak baterai atau menyebabkan hubungan pendek pada mikrofon dan receiver.

Singkatnya, kelembapan dapat merampas kinerja komponen alat bantu dengar Anda. Sedikit paparan kelembapan mungkin tidak akan terlalu berarti, tetapi paparan yang lama akan menyebabkan banyak kerusakan dan mempengaruhi kinerja perangkat Anda.

Bagaimana Cara Melihat Potensi Kerusakan Karena Kelembapan?

Tanda-tanda umum kerusakan kelembaban meliputi :

  • Suara statis atau terdengar serak
  • Terdengar suara yang terdistorsi
  • Suara terputus-terputus saat volume suara keras
  • Perangkat bekerja sebentar-sebentar
  • Ada korosi atau karat pada baterai 

Dengan ketelitian, perawatan rutin dan kewaspadaan, Anda dapat membantu melindungi alat bantu dengar dari kelembapan dan membuatnya tetap berfungsi dengan baik.

Penting juga untuk membawa ABD secara berkala untuk pembersihan dan pemeriksaan dengan profesional. Jika sudah lama sejak pemeriksaan terakhir atau tampaknya ABD tidak memberikan kinerja terbaiknya, jangan menunggu lagi. Jadwalkan janji temu dengan tim ABDI segera.

Sumber :

https://www.audiologyandhearing.com/blog/hearing-aids-and-humidity/

 

Please rate this

and share :