tinnitus
Alat Bantu Dengar

5 Hal Tentang Tinnitus yang Harus Anda Ketahui

No ratings yet.

Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) memperkirakan bahwa 50 juta orang Amerika mengalami tinitus. Itu lebih dari 15 persen populasi A.S., atau setara dengan hampir satu dari setiap enam dari orang Amerika. Di Indonesia sendiri diperkirakan 67 juta orang juga menderita tinnitus. Jadi apa kondisi yang mempengaruhi begitu banyak orang tersebut- dan apa yang dapat dilakukan oleh penderita tinitus? Kami membahas dasar-dasarnya di sini.

Apa itu tinnitus?

Tinnitus adalah istilah medis untuk sensasi suara pendengaran di telinga Anda ketika tidak ada suara eksternal. Dalam kebanyakan kasus, tinitus adalah suara subjektif, yang berarti hanya orang yang memilikinya yang dapat mendengarnya. Biasanya, penderita menggambarkan suara sebagai “dering di telinga,” meskipun yang lain menggambarkannya sebagai mendesis, mendengung, bersiul, meraung, dan bahkan berkicau.

Sama seperti suaranya mungkin berbeda untuk setiap orang, efek tinnitus juga berbeda untuk setiap individu. Bagi sebagian orang, ini bersifat sporadis dan “tidak terlalu buruk.” Bagi yang lain, tinitus tidak pernah berhenti dan dapat membuat kehidupan sehari-hari mengerikan.

Tapi satu hal yang dimiliki oleh semua orang dengan tinitus adalah keinginan untuk lega. Bagi kebanyakan orang, keinginan ini begitu besar sehingga mereka akan mencoba apa saja untuk membuat tinitus mereka tidak terlalu mengganggu, termasuk beralih ke akupunktur, obat tetes telinga, obat herbal, hipnosis dan banyak lagi.

Apa yang menyebabkan tinnitus?

Para ilmuwan dan pakar kesehatan belum menentukan penyebab pasti dari tinitus. Tetapi beberapa sumber diketahui memicu atau memperburuk dering di telinga, termasuk:

Suara keras dan gangguan pendengaran – Paparan suara keras dapat merusak silia non-regeneratif (rambut kecil) di koklea, menyebabkan tinitus permanen dan / atau gangguan pendengaran. Tinnitus yang diinduksi oleh kebisingan sering kali merupakan hasil dari paparan kebisingan lingkungan yang keras, seperti bekerja di lingkungan pabrik, dengan atau di sekitar alat berat, atau bahkan satu peristiwa tunggal seperti suara tembakan atau konser keras.

Penuaan – Penuaan alami juga secara bertahap menghancurkan silia, dan merupakan penyebab utama gangguan pendengaran. Tinnitus adalah gejala umum gangguan pendengaran terkait usia.

Obat ototoxic – Beberapa obat resep seperti antibiotik, antiinflamasi, antidepresan, diuretik dan lainnya dapat bersifat ototoxic, yang berarti obat ini berbahaya bagi telinga bagian dalam serta serat saraf yang menghubungkan koklea ke otak.

Kondisi pendengaran – Kondisi seperti penyakit Ménière diketahui menyebabkan tinitus.

Kondisi kesehatan – Tinnitus telah dikaitkan dengan sejumlah kondisi kesehatan, termasuk:

  • Penyakit kardiovaskular
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Masalah tiroid
  • Fibromyalgia dan nyeri kronis
  • Trauma kepala atau leher
  • Misalignment rahang
  • Tumor saraf pendengaran, vestibular atau wajah
  • Stres dan kelelahan

Apakah ada obat untuk tinitus?

Saat ini, tidak ada obat yang dikenal untuk tinitus. Namun, menurut American Tinnitus Association (ATA), ada beberapa terapi dan pilihan pengobatan tinitus. Karena tidak ada obatnya, ATA mencatat, “tujuan utama untuk semua pilihan pengobatan tinitus yang tersedia saat ini adalah untuk menurunkan beban yang dirasakan dari tinitus.”

Alat bantu dengar adalah salah satu pilihan pengobatan tinitus yang tercantum dalam daftar ATA, dengan para profesional pendengaran melaporkan bahwa 60 persen pasien tinitus mereka mengalami kelegaan saat memakainya.

Terapi suara adalah pilihan perawatan lain yang terdaftar oleh ATA, yang mencatat bahwa alat bantu dengar merupakan komponen yang efektif untuk sebagian besar protokol terapi suara.

Terapi suara – dan alat bantu dengar – bekerja dengan menutupi suara tinnitus dan mengurangi persepsi dan intensitas dari “dering di telinga”. Ini membantu mengalihkan pikiran Anda dari tinitus Anda, yang membantu menurunkan bebannya.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda atau seseorang yang Anda kenal menderita tinitus?

Karena penyebab pasti dari tinitus tidak diketahui, ATA merekomendasikan Anda mengunjungi penyedia perawatan primer Anda dan seorang profesional kesehatan pendengaran untuk evaluasi. Evaluasi ini membantu mereka menentukan apakah tinitus ada dan apa yang mungkin menyebabkannya. Tes khusus dilakukan untuk mengevaluasi sistem pendengaran. Beberapa tes ini mengukur fitur spesifik dari tinitus itu sendiri, dan dapat mencakup:

  • Audiogram
  • Audiometri respons yang dibangkitkan
  • Pertandingan pitch tinnitus
  • Pertandingan kenyaringan tinnitus

Bagaimana Anda bisa mendapatkan bantuan tinitus?

Meskipun tidak ada obat untuk tinitus, alat bantu dengar Starkey dengan Teknologi Multiflex Tinnitus milik kami telah terbukti secara klinis untuk memberikan bantuan untuk dering di telinga.

Teknologi Multiflex Tinnitus meningkatkan kemampuan menyamarkan alat bantu dengar kami bahkan lebih lagi dengan menciptakan rangsangan suara yang dapat disesuaikan dan menghibur yang dapat Anda dan profesional pendengaran Anda sempurnakan. Stimulus suara ini menenangkan suara unik dan menjengkelkan yang Anda dengar – sehingga Anda dapat mengalihkan pikiran dari tinitus Anda dan mengembalikan hidup Anda.

Mencari bantuan untuk masalah  tinitus? Mulai di sini Atau  hubungi 0800-100-2234 untuk secara langsung terhubung dengan para staf kami

Please rate this

and share :