Manfaat Alat Bantu Dengar Jika Digunakan Pada Kedua Telinga
Alat Bantu Dengar

Manfaat Alat Bantu Dengar Jika Digunakan Pada Kedua Telinga

3.75/5 (4)

Manfaat alat bantu dengar akan dirasakan oleh penggunanya jika digunakan pada kedua telinga yang mengalami gangguan. Studi ilmiah telah membuktikan bahwa dua telinga akan berfungsi secara optimal bersama-sama. Hal ini menjadi jauh lebih efisien daripada hanya satu telinga yang bekerja lebih keras daripada yang lain. Itulah mengapa umumnya pengguna alat bantu dengar direkomendasikan untuk menggunakan dua alat bantu dengar.

Individu yang tidak memiliki masalah pendengaran umumnya memiliki pendengaran simetris. Hal ini berarti kedua telinga memiliki kemampuan mendengar yang sama. Bahkan ketika masalah pendengaran terjadi, biasanya tingkat keparahannya sama pada kedua telinga, baik dalam derajat maupun tipe masalah pendengarannya.

Alat bantu dengar Starkey dirancang untuk bekerja bersama. Komunikasi antar telinga-ke-telinga, dengan teknologi yang canggih dapat memudahkan pengguna untuk berkomunikasi serta memberikan pengalaman mendengarkan yang terbaik bagi penggunanya. Dua alat bantu dengar yang bersinkronisasi satu sama lain dapat meniru cara alami telinga kita ketika mendengar. Mendengar secara optimal dengan kedua telinga memberikan pengalaman suara yang kaya, seimbang, dan penuh bagi pendengar.

Pentingnya Mendengar Pada Kedua Telinga

Para peneliti pendengaran telah menyelidiki manfaat memakai dua alat bantu dengar selama bertahun-tahun. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa memakai dua alat bantu dengar akan meningkatkan kinerja pendengaran. Studi penelitian menunjukkan bahwa memakai dua alat bantu dengar dapat meningkatkan pemahaman bicara, lokalisasi sumber suara dan kualitas suara. Menggunakan dua alat bantu dengar juga dapat meningkatkan jangkauan atau jarak yang bisa Anda dengar. Penelitian telah menunjukkan bahwa individu yang menggunakan dua alat bantu dengar dapat mendengar hingga empat kali jarak lebih jauh daripada mereka yang hanya menggunakan satu alat bantu dengar.

Keuntungan lain dari memakai dua alat bantu dengar adalah peningkatan penekanan tinnitus. Memakai dua alat bantu dengar secara konsisten terbukti mengurangi jumlah individu yang mengalami tinnitus saat memakai alat bantu dengar. Sebuah penelitian independen oleh Better Hearing Institute juga menetapkan bahwa individu yang memakai dua alat bantu dengar melaporkan kepuasan keseluruhan yang lebih besar daripada yang hanya menggunaka satu alat bantu dengar.

Manfaat Alat Bantu Dengar Pada Kedua Telinga (Binaural)

  • Peningkatan kualitas suara
  • Lokalisasi suara yang lebih baik di lingkungan atau situasi pendengaran yang sulit/ bising
  • Mengurangi gangguan dari tinnitus
  • Mengurangi upaya mendengarkan secara berlebihan
  • Peningkatan rentang pendengaran
  • Kepuasan meningkat

Pelajari lebih lanjut tentang manfaat alat bantu dengar binaural di blog ABDI di sini.

Please rate this

and share :