Hubungan Obesitas Dengan Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Hubungan Obesitas Dengan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Gangguan apapun yang mempengaruhi sirkulasi berpotensi menyebabkan gangguan pendengaran. Termasuk kondisi kesehatan yang terkait dengan obesitas.

Banyak orang di Amerika mengalami kelebihan berat badan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pada 2015-2016, lebih dari sepertiga orang dewasa di AS mengalami obesitas. Orang dewasa dengan indeks massa tubuh (IMT) antara 25 dan 29,9 dianggap kelebihan berat badan; mereka dengan BMI lebih dari 30 dianggap obesitas.

Apakah Obesitas Menyebabkan Gangguan Pendengaran?

Tidak, tetapi obesitas meningkatkan risiko kondisi kesehatan lain yang terkait dengan gangguan pendengaran, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Telinga bagian dalam kita terdiri dari sistem kompleks dalam sebuah koklea yang berbentuk seperti rumah siput. Bagian ini diisi dengan cairan dan ujung-ujung saraf. Salah satu komponen utama dari sistem pendengaran adalah sel-sel rambut, yang bertanggung jawab untuk mendeteksi suara, menerjemahkannya menjadi sinyal listrik dan mengirimkannya ke otak untuk interpretasi.

Studi menunjukkan aliran darah yang sehat dan oksigen berkontribusi pada kesehatan sel-sel rambut di telinga. Obesitas membebani dinding kapiler, sehingga sel darah berjuang untuk mengangkut oksigen ke sel-sel rambut secara efisien. Setelah sel-sel rambut ini rusak, mereka tidak dapat diregenerasi dan gangguan pendengaran akan bersifat permanen.

Kelebihan berat badan membuat jantung sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Percaya atau tidak, selain meningkatkan risiko stroke, tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko gangguan pendengaran. Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan tinnitus, atau telinga berdenging.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan orang dengan diabetes memiliki kemungkinan 2x lebih besar untuk mengalami gangguan pendengaran dibandingkan mereka yang tidak memiliki penyakit. 

Jika Anda merasa mengalami gangguan pendengaran, klik disini untuk membuat janji temu dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan pendengaran.

Please rate this

and share :