Cara membuat baterai alat bantu dengar lebih tahan lama
Alat Bantu Dengar

Cara Membuat Baterai Alat Bantu Dengar Bertahan Lebih Lama

5/5 (3)

Baterai alat bantu dengar dapat disimpan cukup lama, semakin lama baterai berada dalam penyimpanan, semakin pendek masa pakainya. Baterai alat bantu dengar biasanya dapat bertahan antara 3-7 hari, tergantung pada beberapa faktor seperti:

  • Jenis dan ukuran alat bantu dengar
  • Jenis dan ukuran baterai
  • Lama penggunaan dalam satu hari
  • Tingkat teknologi atau fitur alat bantu dengar
  • Lingkungan tempat tinggal
  • Cara merawat baterai

Untungnya, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menjaga baterai alat bantu dengar tetap baik dan bertahan selama mungkin.

Simpan Baterai Alat Bantu Dengar Pada Suhu Kamar yang Kering

Temperatur yang ekstrem (baik panas maupun dingin) dan tingkat kelembaban yang tinggi tidak baik untuk masa pakai baterai alat bantu dengar. Untuk alasan ini, jangan pernah menyimpan baterai alat bantu dengar di kulkas atau kamar mandi.

Jangan Lepaskan Segel Stiker Dari Baterai Sebelum Digunakan

Segel stiker ini berfungsi untuk menjaga kualitas baterai agar tetap baik saat berada di penyimpanan. Dan segera setelah Anda melepasnya, baterai baru akan diaktifkan.

Cuci tangan Sebelum Mengganti Baterai Alat Bantu Dengar

Debu dan kotoran di tangan Anda dapat berpindah ke baterai. Hal ini akan memberi dampak buruk untuk masa pakai baterai serta kualitas alat bantu dengar Anda sendiri.

Biarkan Baterai Setelah Segel Stiker Dilepas

Saat Anda melepas segel stiker, kandungan Zinc didalam baterai akan bercampur dengan udara dan disinilah daya baterai baru akan diaktifkan. Terdapat banyak pendapat seputar berapa lama Anda harus menunggu setelah melepas segel stiker dan sebelum memasukkan baterai ke tempatnya. Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa jika Anda menunggu selama lima menit, Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai sebanyak 2- 3 hari.

Biarkan Wadah Baterai Terbuka Saat Tidak Digunakan

Kapanpun Anda tidak menggunakan alat bantu dengar, matikan perangkat, kemudian simpan di tempat yang aman dan kering (jangan tinggalkan di meja kamar mandi saat Anda mandi). Biarkan tempat baterai pada alat bantu dengar terbuka.  Melakukan hal Ini akan memungkinkan kelembapan berlebih dalam tempat baterai untuk keluar. Sehingga dapat mengurangi terjadinya korosi baterai yang tidak baik untuk alat bantu dengar.

Gunakan Mesin Pengering Alat Bantu Dengar

Tempat penyimpanan yang kering dan mesin pengering kelembapan ini akan melindungi alat bantu dengar dan baterainya. Mereka juga menyediakan tempat yang aman untuk menyimpan perangkat saat Anda mengambilnya.

Keluarkan Baterai Dari Wadahnya Jika Tidak Digunakan Dalam Waktu Lama

Ini juga membantu untuk menghindari korosi dan kerusakan dari kelembaban yang mungkin terperangkap dalam komponen baterai atau alat bantu dengar.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang pemeliharaan baterai alat bantu dengar, Anda dapat berkonsultasi dengan tenaga profesional pendengaran kami di sini.

Please rate this

and share :