Menjaga Kesehatan Organ Telinga Bagi Lansia Secara Tepat
Pendengaran

Menjaga Kesehatan Organ Telinga Bagi Lansia Secara Tepat

4/5 (1)

Pentingnya menjaga kesehatan organ telinga meningkat seiring bertambahnya usia. Untuk membantu mencegah kondisi gangguan pendengaran secara serius, maka perawatan kesehatan telinga harus menjadi elemen penting dari perawatan pendengaran di rumah, khususnya pada lansia. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan  agar dapat membantu memastikan telinga orang yang Anda cintai tetap sehat.

Bersihkan Organ Telinga Dengan Benar

Penumpukan kotoran pada organ telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran, penting untuk menjaga telinga orang yang Anda sayangi tetap bersih. Namun, menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga sebenarnya bisa lebih berbahaya. Hal ini karena kotoran akan semakin terdorong ke dalam. Alih-alih, menggunakan cotton bud, Anda cukup membersihkan telinga bagian luar (daun telinga dan lipatannya) setiap sehabis mandi. Anda dapat menggunakan handuk atau lap kering dan bersih. Jika terasa ada sumbatan di telinga, Anda dapat membersihkan telinga di dokter THT.

Melakukan Pemeriksaan Organ Telinga Secara Teratur

Memeriksa organ telinga orang yang Anda cintai oleh dokter secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan pendengaran. Seorang dokter akan memeriksa telinga orang yang Anda cintai dan mendeteksi masalah sebelum menjadi lebih serius. Selain pemeriksaan rutin, pastikan orang yang Anda cintai pergi ke dokter jika Anda atau orang lain mulai mempertanyakan seberapa baik dia dapat mendengar. Atau apakah dia mengalami rasa sakit atau dering di telinga.

Hindari Suara Keras Atau Suara yang Terlalu Keras

Suara yang berasal dari musik stereo atau televisi, dapat menyebabkan kerusakan pada organ telinga. Tetapi menggunakan pelindung telinga dapat membantu menyelamatkan pendengaran. Jika orang yang Anda kasihi menggunakan alat bantu dengar, maka suara keras juga harus dihindari karena menaikkan suara dapat berisiko merusak pendengarannya.

Gunakan Alat Bantu Dengar

Jika faktor umur telah menjadi penghalang bagi sebuah kemungkinan untuk memperoleh pendengaran yang baik. Maka tidak ada salahnya jika mulai menggunakan alat bantu dengar. Alat bantu dengar akan membantu kinerja organ telinga. Agar kembali memiliki fungsi optimal dalam memperoleh suara dari lingkungan sekitar tempat tinggal seiring dengan bertambahnya faktor usia. Anda bisa memperoleh alat bantu dengar sekaligus melakukan pemeriksaan organ telinga dengan mendatangi audiolog maupun pusat perawatan kesehatan telinga terdekat di kota Anda.

Jika orang yang Anda cintai perlu membantu menjaga kesehatan telinganya, hubungi ABDI sebagai penyedia layanan perawatan pendengaran dan pembelian alat bantu dengar sebagai solusi untuk menjaga organ telinga orang tua yang  Anda kasihi. Para tenaga profesional perawatan pendengaran kami akan melakukan perawatan rutin dan kebersihan, membuat janji medis, dan juga tempat pemeriksaan terdekat yang dapat Anda jangkau dari area Anda tinggal. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan perawatan pendengaran kami, Anda bisa menghubungi staff kami yang berpengalaman di no 0800-100-2234 untuk menjadwalkan konsultasi.

Sumber : https://www.homecareassistancemississauga.ca/maintaining-senior-ear-health/

Please rate this

and share :