Dapatkah Memperbaiki Pendengaran Seperti Semula?
Pendengaran

Dapatkah Memperbaiki Pendengaran Seperti Semula?

No ratings yet.

Dapatkah memperbaiki dan mengembalikan pendengaran seperti semula (normal)? Pertanyaan ini tidak sesederhana kelihatannya. Namun, pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan kabar baik dan kabar buruk. Tentu saja, kami akan informasikan berita buruk terlebih dahulu! Sekali pendengaran hilang, tidak mungkin mengembalikannya ke kondisi semula. Sedangkan untuk kabar baiknya: Meskipun hilangnya pendengaran tidak dapat kembali ke kondisi semula, tetapi Anda dapat mengatasi dan memperbaiki gangguan pendengaran secara signifikan dengan menggunakan alat bantu dengar!

Ada beberapa jenis gangguan pendengaran. Sejauh ini gangguan pendengaran yang paling umum adalah gangguan pendengaran yang terjadi secara alami akibat penuaan. Dalam dunia medis, gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia disebut dengan presbikusis.

Cukup Singkat Memiliki Pendengaran yang Optimal

Percayakah Anda bahwa pendengaran manusia berada pada kondisi terbaiknya antara usia 18-25 tahun? Ketika mulai memasuki usia 50 tahun atau biasa dikenal dengan “tahun emas”, sistem pendengaran kita telah mengalami kerusakan yang sama dengan yang dialami seluruh tubuh kita. Jadi, tentu saja kinerjanya tidak sebaik di masa muda kita.

Umumnya, penuaan memengaruhi pendengaran nada tinggi kita terlebih dahulu. Suara anak-anak, perempuan, serta konsonan tertentu (seperti T, S, dan F) menjadi sulit untuk dibedakan. Seseorang yang mengalami gangguan pendengaran akan sering mengatakan bahwa orang lain “bergumam” saat berbicara atau ucapan yang didengarnya tidak lagi “jelas”.

Gangguan Pendengaran dapat Diperbaiki

Mengatasi gangguan pendengaran (sebagian besar jenis gangguan pendengaran) dengan alat bantu dengar saat ini tidak lagi sesulit dulu. Teknologi digital memungkinkan konsultan pendengaran terlatih untuk memprogram/mem-fitting jumlah amplifikasi per nada yang spesifik dan akurat untuk memperbaiki gangguan pendengaran.

Teknologi digital saat ini juga memungkinkan pemrosesan suara dengan cara yang tidak hanya mengimbangi gangguan pendengaran dengan memperkuat suara tertentu seperti ucapan, namun kebisingan suara lingkungan  juga dapat dikurangi secara bersamaan.

Jadi, meskipun pendengaran normal Anda tidak dapat dikembalikan seperti semula, gangguan pendengaran dapat diatasi dan ditingkatkan secara signifikan dengan amplifikasi. Hasilnya,  masalah pendengaran terhadap aktivitas dan hidup Anda bisa sangat berkurang.

Hubungi Hotline Service 0800 1100 100 atau klik di sini untuk janji temu dengan audiolog/konsultan pendengaran kami untuk mencoba alat bantu dengar dan dapatkan pengalaman mendengar yang lebih baik. Anda akan kagum dengan perbedaan yang Anda rasakan dari alat bantu dengar.

Sumber:
https://www.starkeycanada.ca/blog/articles/2021/12/can-you-restore-lost-hearing

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.