Gangguan Pendengaran

Apakah Gangguan Pendengaran Bisa Diturunkan?

No ratings yet.

Ketika Anda memiliki anggota keluarga dengan gangguan pendengaran, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda akan mengalami hal yang sama. Gangguan pendengaran bisa merupakan kondisi genetik, tetapi setiap kasus gangguan pendengaran berbeda. Pastikan Anda memahami cara kerja gangguan pendengaran genetik dan cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk  menjaga diri tetap sehat.

Gangguan pendengaran turunan dan kerugiannya

Gangguan pendengaran turunan adalah segala jenis gangguan pendengaran yang diwariskan oleh faktor genetika dalam sebuah keluarga. Gangguan pendengaran turun-temurun relatif sering terjadi, tetapi tidak semua orang yang memiliki gangguan pendengaran dalam keluarga mereka akan mengalami gangguan pendengaran sendiri.

 

Ada dua jenis umum gangguan pendengaran genetik: progresif dan non progresif. Gangguan pendengaran non progresif sering terjadi sejak lahir, sementara gangguan pendengaran progresif muncul pada usia berapa pun dan secara bertahap memburuk dari waktu ke waktu. Gangguan pendengaran juga bisa simetris atau asimetris, di mana masing-masing telinga memiliki tingkat kemampuan pendengaran yang berbeda.

 

Gangguan pendengaran turunan dan penyebabnya

Gangguan pendengaran genetik dapat memiliki banyak penyebab. Beberapa kehilangan pendengaran genetik disebabkan oleh mutasi gen yang diturunkan dari orang tua Anda. Gangguan pendengaran genetik lainnya adalah sindrom, yang berarti disebabkan oleh kondisi seperti Sindrom Treacher-Collins atau sindrom Usher.

 

Sebagian besar jenis gangguan pendengaran genetik muncul sejak lahir. Namun, genetika juga terkait dengan berbagai jenis gangguan pendengaran saat onset lambat. Anda juga mungkin lebih cenderung mengalami masalah pendengaran jika Anda memiliki jenis kondisi genetik lain, seperti riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

 

Mungkinkah saya akan kehilangan pendengaran jika salah satu keluarga juga menderita gangguan pendengaran?

Ketika Anda memiliki anggota keluarga dengan gangguan pendengaran, wajar untuk khawatir kehilangan pendengaran akan terjadi pada diri Anda sendiri juga. Namun kenyataannya, tidak semua orang yang memiliki riwayat keluarga dengan gangguan pendengaran akan mengalami masalah pendengaran sendiri. Berikut adalah beberapa cara untuk menentukan apakah Anda berisiko atau tidak:

 

  1. Jenis Gangguan Pendengaran – Pastikan Anda tahu gangguan pendengaran seperti apa yang diderita anggota keluarga Anda. Misalnya, jika kerabat Anda mengalami gangguan pendengaran karena mereka bekerja di lingkungan yang bising selama bertahun-tahun, risiko Anda lebih rendah daripada jika gangguan pendengaran mereka muncul dengan sendirinya.

Baca juga : Jenis-jenis Gangguan Pendengaran

  1. Faktor Gaya Hidup – Seiring dengan genetika, gaya hidup memainkan peran besar dalam kemampuan pendengaran Anda. Jika Anda mengambil tindakan pencegahan dengan pendengaran Anda sendiri, Anda dapat mengurangi banyak risiko kehilangan pendengaran genetik. Misalnya, jika Anda menghindari merokok, memakai pelindung pendengaran, dan berolahraga secara teratur, Anda akan secara signifikan menurunkan risiko kehilangan pendengaran.
  2. Bantuan Profesional – Akhirnya, jika Anda merasa sudah mengalami beberapa gangguan pendengaran, Anda dapat menjalani tes pendengaran di klinik audiologi kami dan berbicara dengan audiolog tentang faktor risiko dan opsi pendengaran Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang kesehatan pendengaran Anda dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi pendengaran Anda sejak dini.

 

Dapatkan bantuan dan konsultasi  untuk masalah pendengaran Anda

 

Apa pun penyebab gangguan pendengaran Anda, ABDI sebagai pusat layanan konsultasi dan penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia dapat membantu Anda. Audiolog bersertifikat kami akan menentukan penyebab masalah pendengaran Anda dan menyusun rencana terbaik untuk perawatan. Hubungi 0800-100-2234 hari ini untuk menjadwalkan janji temu, dan temukan kesempatan untuk hidup lebih baik dengan pendengaran yang lebih baik sekarang juga .

Please rate this

and share :