Apa Itu Tinnitus dan Bagaimana Cara Menguranginya
Tinnitus

Apa Itu Tinnitus dan Bagaimana Cara Menguranginya

No ratings yet.

Bagi banyak orang yang mengalami tinnitus, suara berdengung, mendesis atau berdering di telinga adalah sesuatu yang mereka alami sepanjang waktu. Suara gangguan konstan ini sulit untuk dihilangkan sehingga membuat aktivitas dan kehidupan sehari-hari menjadi lebih sulit. Kadang-kadang ketidaknyamanan ini dapat diselesaikan melalui pengobatan berdasarkan penyebabnya, tetapi seringkali penyebabnya tidak diketahui.

Cara Mengurangi Tinnitus

Jika perawatan tidak berhasil untuk Anda, ada strategi lain yang dapat membantu Anda menemukan sedikit mengurangi dampak dari suara konstan tersebut.

Kesehatan Fisik

Penyebab umum tinnitus termasuk kehilangan pendengaran adalah  paparan suara keras, pola makan yang buruk, stres dan tekanan darah tinggi. Kesehatan dapat berkontribusi pada denging di telinga, Maka dari itu lakukan perawatan ekstra untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Periksakan Pendengaran

Kehilangan pendengaran dan tinnitus sering terjadi bersamaan. Jika Anda mengalami kehilangan pendengaran, memakai alat bantu dengar dapat meminimalkan terjadinya tinnitus.

Gunakan Pelindung Pendengaran

Jika Anda bekerja di sekitar mesin keras atau menari di dekat speaker yang keras, jangan lupa untuk mengenakan busa penutup telinga sehingga tinnitus Anda tidak menjadi lebih buruk.

Olahraga

Ada banyak cara untuk dapat mengontrol tekanan darah Anda tanpa harus pergi ke dokter atau minum obat. Berolahraga adalah salah satunya. Pertimbangkan jenis olahraga yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan di sekitar garis pinggang, yang merupakan faktor kunci dalam menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Karena darah tinggi juga dapat memicu hadirnya tinnitus.

Perubahan Pola Makan

Kurangi jumlah natrium yang Anda konsumsi dan ubah kebiasaan makan secara keseluruhan untuk memasukkan diet kaya biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan lemak sehat. Anda juga harus membatasi konsumsi alkohol dan produk tembakau.

Mengurangi Stres

Stres dan kecemasan dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan tinnitus untuk sementara. Anda dapat mencoba mengurangi jumlah stres dengan memijat, bermeditasi atau berlatih latihan pernapasan. Meningkatkan jumlah aktivitas fisik Anda secara umum juga akan menurunkan stres. 

Mengurangi Kafein

Mengkonsumsi terlalu banyak kopi atau soda secara teratur tidak hanya dapat meningkatkan tekanan darah Anda, tapi juga dapat memperburuk tinnitus. Kurangi minuman yang mengandung kafein tinggi, ganti dengan minuman yang lebih sehat.

Biasakan Diri

Beberapa penderita tinnitus mengatakan bahwa belajar untuk membiasakan diri dengan penyakit tersebut, atau mengabaikannya, adalah salah satu cara terbaik untuk membantu menikmati hidup dan berdampingan dengan tinnitus. Anda dapat mengisi waktu luang dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi seperti berkebun, melukis, atau mendaki gunung. Hal ini untuk mengalihkan pikiran dari rasa frustasi dan membantu Anda memfokuskan kembali konsentrasi pada sesuatu yang membuat Anda bahagia.

Temui Profesional Perawatan Pendengaran

Menemui seorang profesional kesehatan pendengaran yang berspesialisasi dalam diagnosis tinnitus dapat membantu Anda mengungkap penyebab dan mengidentifikasi kemungkinan perawatan untuk Anda. Banyak orang merasa lega karena mendapatkan sepasang alat bantu dengar maupun tips-tips kesehatan untuk meminimalkan tinnitus pada dirinya. Kunjungi website ABDI dan dapatkan konsultasi, pemeriksaan dan solusi  untuk masalah tinnitus Anda di sini.

Please rate this

and share :