Pentingnya Menggunakan Sepasang Alat Bantu Dengar (Binaural)
Alat Bantu Dengar Pendengaran

Pentingnya Menggunakan Sepasang Alat Bantu Dengar (Binaural)

4/5 (1)

Manusia memiliki dua telinga, dua mata, dua tangan, dua kaki. Mayoritas manusia memiliki pendengaran simetris, yang berarti kedua telinga mendengar sama. Bahkan ketika mengalami gangguan pendengaran biasanya hal ini terjadi kedua telinga dengan derajat maupun tipe yang hampir sama. Jika evaluasi audiologis mengidentifikasi asimetri yang signifikan secara klinis antara telinga, pengujian tambahan sering dilakukan untuk mengesampingkan alasan yang bisa diobati secara medis untuk perbedaannya.

Studi ilmiah telah membuktikan bahwa dua telinga berfungsi secara optimal bersama-sama jauh lebih efisien daripada satu yang bekerja lebih keras daripada yang lain. Oleh karena itu penggunaan alat bantu dengar direkomendasikan untuk digunakan pada kedua sisi telinga (binaural).

Para peneliti pendengaran telah menyelidiki manfaat memakai dua alat bantu dengar selama bertahun-tahun. Sebuah penelitian terbaru yang mereplikasi kondisi dunia nyata menemukan bahwa memakai dua alat bantu dengar meningkatkan kinerja pendengaran lebih dari sekadar memakai satu. Studi penelitian menunjukkan bahwa memakai dua alat bantu dengar dapat meningkatkan pemahaman bicara, lokalisasi dan kualitas suara. Mengenakan dua alat bantu dengar juga dapat meningkatkan jangkauan atau jarak yang bisa Anda dengar. Penelitian telah menunjukkan bahwa individu yang memakai dua alat bantu dengar dapat mendengar hingga empat kali jarak yang hanya mereka pakai.

Keuntungan lain dari memakai dua alat bantu dengar adalah peningkatan terhadap penekanan tinnitus. Tinnitus dipengaruhi secara positif oleh jumlah waktu dua alat bantu dengar yang dipakai oleh peserta penelitian. Secara konsisten memakai dua alat bantu dengar binaural terbukti meningkatkan jumlah individu yang mengalami tinnitus saat memakai alat bantu dengar. Sebuah penelitian independen oleh Better Hearing Institute juga menetapkan bahwa individu yang memakai dua alat bantu dengar melaporkan kepuasan keseluruhan yang lebih besar daripada yang cocok dengan hanya satu.

Manfaat Menggunakan Sepasang Alat Bantu Dengar (Binaural)

  • Peningkatan kualitas suara
  • Lokalisasi suara yang lebih baik di lingkungan pendengaran yang kompleks
  • Mengurangi gangguan dari tinnitus
  • Peningkatan rasio signal to noise
  • Mengurangi upaya mendengarkan
  • Peningkatan rentang pendengaran
  • Kepuasan meningkat

Pelajari lebih lanjut tentang manfaat alat bantu dengar binaural di sini.

Please rate this

and share :