10 Tanda Gangguan Pendengaran Pada Lansia
Gangguan Pendengaran

10 Tanda Gangguan Pendengaran Pada Lansia

No ratings yet.

Gejala terjadinya gangguan pendengaran pada lansia tidak bisa dilihat sehingga biasanya dianggap hanya sebagai perubahan perilaku. Anda mungkin memperhatikan bahwa orang tua sering meminta Anda mengulang kata-kata, memutar volume TV sangat keras, atau mengeluh bahwa Anda selalu bergumam.

Jika Anda melihat ini atau tanda-tanda lain dari gejala gangguan pendengaran, penting bagi Anda untuk mengajak mereka mengunjungi dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat sesegera mungkin. Karena bagaimanapun, masalah gangguan pendengaran pada lansia yang tidak diobati dapat meningkatkan risiko demensia.

Artikel di bawah ini akan menjelaskan apa yang menyebabkan gangguan pendengaran pada lansia. Apa saja gejalanya dan mengapa mengobati gangguan pendengaran penting untuk kesehatan otak. Serta berbagi 10 tanda paling umum dari gangguan pendengaran untuk membantu Anda mengenalinya lebih awal.

Apa yang Menyebabkan Gangguan Pendengaran Pada Lansia

Gangguan pendengaran terkait usia disebut presbikusis. Gangguan pendengaran yang lambat dan stabil ini disebabkan oleh perubahan pada telinga bagian dalam karena penuaan. Semakin tua seseorang, semakin besar kemungkinan mereka mengalami gangguan pendengaran:

  • Hampir 1 dari 3 orang di atas usia 65 memiliki beberapa jenis gangguan pendengaran.
  • Dalam jajak pendapat AARP / ASHA dari anggota AARP, 47% responden melaporkan mengalami gangguan pendengaran yang tidak diobati. 

Mengobati Gangguan Pendengaran Dapat Mencegah Kerusakan Otak

Jika masalah gangguan pendengaran pada lansia ini tidak didiagnosis dan diobati, maka dapat menyebabkan kerusakan pada bagian otak yang terkait dengan pendengaran.

Ada 3 teori utama mengapa gangguan pendengaran terkait dengan penurunan kognitif :

  1. Beban kognitif – otak terlalu sibuk berusaha mendengar untuk fokus pada memori atau berpikir.
  2. Atrofi otak – bagian otak yang tidak terpakai dapat terbuang.
  3. Isolasi sosial – tidak dapat mendengar dapat menyebabkan para lansia menghindari bersosialisasi.

10 Tanda Umum Presbikusis

  1.   Memiliki masalah mendengar melalui telepon.
  2.   Kesulitan mengikuti percakapan ketika dua orang atau lebih berbicara pada saat yang sama.
  3.   Mengubah volume TV terlalu tinggi.
  4.   Berusaha memahami pembicaraan.
  5.   Kesulitan mendengar di latar belakang yang bising, seperti di restoran.
  6.   Mengeluh pusing, sakit, atau berdengung di telinga mereka.
  7.   Sering meminta orang mengulangi percakapan mereka sendiri.
  8.   Mengeluh bahwa orang lain bergumam atau tidak berbicara dengan jelas.
  9.   Kesalahpahaman apa yang dikatakan orang dan tidak dijawab dengan cara yang diharapkan.
  10. Kesulitan memahami ketika wanita atau anak-anak berbicara.

Tanda-tanda lain gangguan pendengaran pada lansia termasuk perubahan kepribadian. Seperti seseorang yang dulu sangat aktif dalam kehidupan sosial mereka, tetapi sekarang tidak ingin menghabiskan waktu di sekitar kelompok orang.

Pada awalnya, Anda mungkin berpikir perilaku aneh orang dewasa yang terkena gangguan pendengaran disebabkan oleh ketidaktertarikan, kebingungan, atau perubahan kepribadian. Dan kadang-kadang, gangguan pendengaran bahkan dapat dikacaukan dengan tanda – tanda demensia. Gangguan pendengaran sebenarnya adalah kondisi fisik paling umum ke-3 setelah radang sendi dan penyakit jantung. Bahkan, pada usia 65 tahun, 1 dari 3 orang mengalami gangguan pendengaran.

Sayangnya, hanya 20% dari orang yang dapat memperoleh manfaat dari perawatan pendengaran benar-benar mencari bantuan. Sebagian besar menunda sampai mereka tidak dapat berkomunikasi bahkan dalam situasi mendengarkan terbaik.

Berbagai penelitian telah menemukan hubungan antara gangguan pendengaran, penurunan kognitif, dan demensia. Tetapi sesuatu yang sederhana seperti alat bantu dengar atau penguat pendengaran dapat memiliki pengaruh besar pada fungsi otak yang sehat.

Jika Anda atau orang-orang di sekitar Anda sudah mulai menunjukkan adanya gejala gangguan pendengaran yang dialami lansia maka segeralah merujuk pada ahli perawatan pendengaran profesional terdekat di kota Anda.

Sumber : https://dailycaring.com/10-common-signs-of-hearing-loss-in-seniors/

Please rate this

and share :