Tips Memilih Alat Bantu Dengar Yang Tepat
Alat Bantu Dengar

Tips Memilih Alat Bantu Dengar Yang Tepat

No ratings yet.

Pertanyaan yang harus di tanyakan sebelum membeli alat bantu dengar

Alat bantu dengar dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pendengaran Anda. Alat bantu dengar tidak membuat pendengaran Anda kembali normal, tetapi alat bantu dengar akan membantu Anda untuk mendengar kembali. Oleh sebab itu kami akan membahas bagaimana memilih alat bantu dengar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pendengaran Anda. Sebelum membeli alat bantu dengar, tanyakan pertanyaan penting ini kepada audiolog/Konsultan pendengaran Anda:

  • Fitur apa yang paling bermanfaat untuk saya?
  • Berapa total biaya untuk alat bantu dengar? Apakah manfaat dari teknologi yang terbaru lebih penting dari harga alat bantu dengar?
  • Apakah ada masa percobaan untuk menguji alat bantu dengar? (Sebagian besar produsen memberikan masa percobaan 30 hingga 60 hari). Biaya apa yang tidak dapat dikembalikan jika alat bantu dengar dikembalikan setelah masa percobaan?
  • Berapa lama garansi? Apakah bisa diperpanjang? Apakah garansi mencakup pemeliharaan dan perbaikan di masa mendatang?
  • Bisakah audiolog/Konsultan pendengaran melakukan penyesuaian dan memberikan servis dan perbaikan kecil? Apakah diberikan alat bantu dengar pinjaman Ketika proses perbaikan?
  • Instruksi/rekomendasi apa yang diberikan audiolog/Konsultan pendengaran?

Tidak hanya sampai disitu, ketika sudah memilih mana alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tahap selanjutnya adalah menyesesuaikan alat bantu dengar dan bagaimana cara merawat alat bantu dengar yang baik dan benar.

Menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar

Alat bantu dengar membutuhkan waktu dan kesabaran untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dalam menggunakannya. Mengenakan alat bantu secara teratur dan konsisten akan membantu Anda menyesuaikan diri dengannya.

Kenali fitur alat bantu dengar Anda. Dengan kehadiran audiolog/Konsultan pendengaran Anda, berlatihlah memasukkan dan mengeluarkan alat bantu dengar dari telinga, membersihkannya, mengidentifikasi alat bantu kanan dan kiri, dan mengganti baterai. Tanyakan cara menguji alat bantu dengar di lingkungan pendengaran di mana Anda memiliki masalah pendengaran. Pelajari cara menyesuaikan volume alat bantu dan memprogramnya untuk suara yang terlalu keras atau terlalu lembut. Konsultasikan dengan audiolog/Konsultan pendengaran sampai Anda merasa nyaman dan puas.

Anda mungkin mengalami beberapa masalah berikut saat Anda menyesuaikan diri dalam menggunakan alat bantu dengar baru.

1. Alat bantu dengar saya terasa tidak nyaman

Beberapa orang mungkin merasa alat bantu dengar sedikit tidak nyaman pada awalnya. Tanyakan pada audiolog/Konsultan pendengaran berapa lama Anda harus memakai alat bantu dengar dalam proses adaptasi.

2. Suara saya terdengar terlalu keras

Sensasi “terpasang” yang menyebabkan suara pengguna alat bantu dengar terdengar lebih keras di dalam kepala disebut efek oklusi, dan sangat umum bagi pengguna baru alat bantu dengar. konsultasikan dengan audiolog/Konsultan pendengaran untuk mengetahui apakah perlu dilakukan penyesuaian (fitting). Kebanyakan orang terbiasa dengan efek ini seiring berjalannya.

3. Umpan balik (feedback) dari alat bantu dengar

Suara siulan atau berdenging dapat disebabkan oleh alat bantu dengar yang tidak pas pemasangannya atau tidak bekerja dengan baik atau tersumbat oleh kotoran telinga atau cairan.

4. Mendengar kebisingan suara sekitar

Alat bantu dengar tidak sepenuhnya memisahkan suara yang ingin Anda dengar dari suara yang tidak ingin Anda dengar. Namun, kadang-kadang, alat bantu dengar mungkin perlu disesuaikan. Bicaralah dengan audiolog/Konsultan pendengaran Anda.

5. Ada suara mendengung ketika saya menggunakan ponsel

Beberapa orang yang memakai alat bantu dengar atau memasang alat bantu dengar mengalami masalah dengan gangguan frekuensi radio yang disebabkan oleh ponsel digital. Namun, baik alat bantu dengar maupun telepon seluler mengalami perkembangan dan perubahan, sehingga masalah ini semakin jarang terjadi. Saat Anda sedang memasang alat bantu dengar baru, cobakan juga dengan gunakan ponsel Anda untuk mengetahui apakah itu dapat berfungsi dengan baik dengan alat bantu tersebut.

Cara merawat alat bantu dengar

Pemeliharaan dan perawatan yang tepat akan memperpanjang usia pemakaian alat bantu dengar Anda. Biasakan untuk:

  • Jauhkan alat bantu dengar dari panas dan kelembapan.
  • Bersihkan alat bantu dengar seperti yang diinstruksikan. Kotoran telinga dan cairan telinga dapat merusak alat bantu dengar.
  • Hindari penggunaan hairspray atau produk perawatan rambut lainnya saat menggunakan alat bantu dengar.
  • Matikan alat bantu dengar saat tidak digunakan dan keluarkan baterai dari alat bantu dengar.
  • Segera ganti baterai jika daya baterai sudah lemah.
  • Jauhkan baterai dan alat bantu dan alat bantu dengar dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Sumber :
https://www.nidcd.nih.gov/health/hearing-aids#hearingaid_07

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.