gangguan pendengaran sementara
Gangguan Pendengaran

Tips Mengatasi Gangguan Pendengaran Sementara

No ratings yet.

Gangguan pendengaran sementara dapat mempengaruhi siapapun, tetapi kemungkinan besar akan berdampak pada orang-orang yang telah terpapar, dengan suara keras baru-baru ini atau menderita pilek dan infeksi telinga. Sebagian besar, gangguan pendengaran akan hilang dengan cepat (dalam satu atau dua hari), namun jika tidak, Anda harus mencari perawatan medis. Di bawah ini akan kita diskusikan tentang panduan praktis cara mengobati gangguan pendengaran sementara

Apakah satu telinga atau kedua telinga?

Jika gangguan pendengaran hanya terjadi di satu telinga, bisa saja tuli satu sisi yang tiba-tiba , yang dalam banyak kasus justru memerlukan perawatan medis cepat sebelum menjadi permanen. Jangan mencoba mengobati gangguan pendengaran satu sisi di rumah. Tetapi jika gangguan pendengaran tersebut terjadi  di kedua telinga, Anda lebih mungkin memulihkan pendengaran, karena penyebab gangguan pendengaran yang tiba-tiba di kedua telinga biasanya bersifat sementara. 

Cara mengobati gangguan pendengaran sementara

  • Jika Anda terkena suara keras

Suara-suara yang sangat keras — seperti jenis yang ditemukan di barisan depan sebuah konser, atau pada jarak pengambilan gambar (tanpa pelindung telinga) —dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara. Ini dikenal sebagai gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan . Jika ini terdengar seperti apa yang terjadi pada Anda, istirahatkan telinga Anda sesegera mungkin . Jangan biarkan diri Anda mendengar suara yang lebih keras jika memungkinkan. 

Meskipun pendengaran Anda kemungkinan akan pulih dalam jangka pendek, Anda mungkin telah menyebabkan kerusakan jangka panjang pada sel-sel rambut halus di telinga Anda. Jika pendengaran Anda tidak membaik dalam sehari atau lebih, cari bantuan medis.

Dan jangan lupa bahwa lain kali Anda berada dalam lingkungan yang keras, Anda harus melindungi pendengaran Anda dari kerusakan lebih lanjut dengan mengenakan pelindung telinga. Apabila Anda tahu akan menghadiri konser keras atau pertunjukan kembang api, kenakan penutup telinga atau penutup telinga. Jika hobi Anda termasuk menggunakan peralatan keras seperti sepeda motor, mobil salju atau senjata api , kenakan alat bantu dengar.

  • Apabila Anda memiliki saluran telinga yang tersumbat

Jika gangguan pendengaran Anda adalah akibat penyumbatan di saluran telinga Anda, pendengaran Anda dapat kembali normal setelah penyumbatan dilepaskan. Jenis penyumbatan meliputi:

  • Kotoran telinga – Percaya atau tidak, kotoran telinga adalah hal yang baik – sebagian besar waktu. Tugasnya adalah menjebak debu dan partikel kecil lainnya sebelum mencapai gendang telinga. Sebagai aturan umum, kotoran telinga keluar dari saluran telinga secara alami. Dalam hal kotoran telinga berlebihan yang menjadi dampak, yang terbaik adalah membiarkan seorang profesional menghapusnya.
  • Infeksi  telinga – Meskipun sebagian besar peradangan dari infeksi telinga hilang dengan sendirinya dan pendengaran pada akhirnya kembali normal, temui dokter Anda jika Anda mengalami rasa sakit atau keputihan dari telinga yang tersumbat, atau jika sakit telinga Anda disertai dengan demam tinggi, leher kaku, atau sakit kepala yang buruk.
  • Telinga perenang  – Jika Anda baru saja berenang dan mengalami gatal-gatal, sakit atau perasaan penuh di telinga Anda, Anda mungkin memiliki kasus telinga perenang . Infeksi pada saluran telinga luar ini biasanya terjadi ketika air tetap berada di telinga Anda setelah Anda berenang. Ini juga bisa disebabkan oleh goresan atau lecet di saluran telinga Anda yang disebabkan oleh penggunaan kapas, jepit rambut atau jari Anda untuk membersihkan saluran telinga Anda. Ketika kondisi ini dirawat dengan benar oleh seorang profesional medis, pendengaran Anda biasanya kembali normal.

Mendiagnosis gangguan pendengaran sementara

Kadang-kadang penyebab gangguan pendengaran sementara jelas dan hilang dengan sendirinya. Dalam kasus lain, gangguan pendengaran mungkin lebih rumit. Jika kehilangan pendengaran Anda bertahan lebih dari satu hari atau lebih, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat janji temu dengan dokter atau  ahli kesehatan pendengaran Anda . Mereka akan memberi Anda evaluasi pendengaran menyeluruh untuk menentukan penyebab gangguan pendengaran Anda.

Pada evaluasi, penyedia Anda akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang status kesehatan Anda saat ini dan masalah pendengaran. Ini akan membantu mereka menentukan apakah ada sesuatu di masa lalu Anda yang menunjukkan masalah kesehatan yang berkelanjutan.

Setelah itu, ia akan memeriksa telinga Anda apakah ada tanda-tanda kelainan sebelum memberi Anda  tes pendengaran untuk mempersempit sifat kondisi Anda. Beberapa kondisi mungkin memerlukan pengujian lanjutan, jadi Anda mungkin perlu menjadwalkan pertemuan lanjutan atau mengunjungi otolaryngologist (THT).

Penyebab gangguan pendengaran sementara

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara , termasuk gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan, saluran telinga yang tersumbat dan bahkan obat – obatan . Misalnya, aspirin yang dikonsumsi dalam dosis tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan pendengaran. 

Jika Anda membutuhkan penyedia layanan perawatan pendengaran

Karena begitu banyak masalah yang berbeda dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara, penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang menyebabkannya dan mengobati kondisi yang mendasarinya. Tidak semua gangguan pendengaran sementara dapat diperbaiki; namun, satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah kerugian Anda dapat dibalikkan adalah dengan menghubungi pusat pendengaran, seperti yang ada di direktori kami disini , untuk evaluasi menyeluruh.

Please rate this

and share :