Mengenal Barotrauma dan Solusi Penyembuhannya
Gangguan Pendengaran

Mengenal Barotrauma Telinga dan Solusi Penyembuhannya

No ratings yet.

Barotrauma telinga mengacu pada sakit yang disebabkan oleh perubahan tekanan di sekitar telinga. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit serta kesulitan mendengar. Gangguan ini biasanya sembuh dengan sendirinya, tetapi beberapa orang mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter. Dalam kasus yang sangat parah, harus menjalani operasi korektif.

Penting bagi orang untuk memahami apa itu barotrauma telinga sehingga mereka dapat mencari tindakan medis jika perlu.

Apa Itu Barotrauma Telinga

Hal ini adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang merasa sakit atau tidak nyaman di telinga bagian tengah mereka karena perubahan tekanan di udara atau air di sekitarnya.

Seorang penyelam seringkali mengalami hal ini. Selain itu juga biasa terjadi saat pesawat lepas landas atau mendarat. Infeksi dan penyumbatan tertentu juga dapat menyebabkan barotrauma telinga.

Kondisinya bisa akut atau kronis. Kasus akut sering terjadi dan umumnya tidak berbahaya. Namun, seseorang dengan barotrauma telinga kronis akan mengalami gejala yang berkepanjangan, yang dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Penyebab Barotrauma Telinga

Penyumbatan tuba eustachius, yang menghubungkan telinga dan mulut, adalah penyebab umum dari barotrauma telinga. Tuba eustachius bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan ketika ada perubahan tekanan eksternal. Jika penyumbatan terjadi dalam tuba, perbedaan tekanan di dalam dan di luar telinga tengah dapat menyebabkan gejala barotrauma telinga.

Perubahan ketinggian saat lepas landas atau mendarat di pesawat juga dapat menjadi penyebabnya. Pergerakan pesawat yang cepat dikombinasikan dengan kabin bertekanan dapat menyebabkan ketidakseimbangan tekanan antara telinga tengah dan telinga luar. Perubahan ketinggian yang terjadi saat naik atau turun gunung dengan cepat dapat memiliki efek yang sama.

Juga umum bagi orang untuk mengalami hal ini saat scuba diving, karena perubahan tekanan air mempengaruhi rongga timpani di telinga. Saat menyelam, sangat penting untuk turun perlahan untuk mencegah perubahan cepat pada tekanan yang menyebabkan cedera pada telinga.

Gejala

Gejala dapat berbeda menurut seberapa parah dan berkepanjangan. Awalnya, seseorang mungkin hanya merasakan tekanan yang tidak nyaman di dalam telinga, tetapi kadang-kadang kondisi ini dapat berkembang dan memburuk.

Namun, beberapa orang mungkin mengalami gejala tambahan ketika telinga barotrauma hasil dari penyakit atau penyumbatan di telinga tengah. Dokter mengklasifikasikan barotrauma telinga sebagai akut atau kronis. Kasus akut sangat umum dan umumnya tidak berbahaya. Kasus kronis terjadi dalam waktu lama dan berpotensi menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Dalam kasus ringan, atau ketika baru pertama kali dialami, seseorang mungkin merasakan:

  • sulit mendengar atau kehilangan pendengaran ringan
  • pusing
  • perasaan penuh di telinga
  • keseluruhan ketidaknyamanan di telinga

Dalam kasus sedang hingga berat, atau jika barotrauma telinga bertahan tanpa pengobatan, seseorang mungkin mengalami gejala tambahan atau memburuk. Ini mungkin termasuk:

  • cedera pada gendang telinga
  • kebocoran cairan atau pendarahan dari telinga
  • peningkatan rasa sakit di telinga
  • sensasi tekanan di telinga, mirip dengan bagaimana rasanya berada di bawah air
  • Gangguan pendengaran sedang sampai berat

Orang dengan gejala ini mungkin perlu mencari pengobatan untuk mendapatkan bantuan gejala.

Barotrauma telinga kadang-kadang dapat menyebabkan gendang telinga pecah, juga disebut perforasi membran timpani. Jika ini terjadi, mungkin perlu beberapa bulan bagi telinga untuk sembuh sepenuhnya. Gendang telinga yang pecah sering sembuh secara spontan, tetapi, jika bukan ini masalahnya, dan pendengaran Anda berkurang secara permanen maka kemungkinan Anda akan membutuhkan alat bantu dengar.

Jika alat bantu dengar merupakan solusi yang dibutuhkan sebagai efek dari borotrauma, maka Anda perlu mencari audiolog atau profesional perawatan pendengaran terdekat di kota Anda. ABDI sebagai pusat penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia, bisa menjadi solusi bagi Anda. Hubungi ABDi di no 0800-100-2234 untuk menemukan jawaban atas masalah gangguan pendengaran dan alat bantu pendengaran yang Anda butuhkan sekarang juga.

Sumber : https://www.pusatalatbantudengarmelawai.com/news-info/anda-perlu-tahu/2018/09/150/Trick-untuk-mengurangi-gejala-Barotrauma.html

Please rate this

and share :