Mengapa Kita Kehilangan Pendengaran Seiring Bertambahnya Usia?
Gangguan Pendengaran

Mengapa Kita Kehilangan Pendengaran Seiring Bertambahnya Usia?

No ratings yet.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kehilangan pendengaran saat usia bertambah. Mungkin sulit untuk membedakan gangguan pendengaran terkait usia dengan gangguan pendengaran karena alasan lain, seperti paparan kebisingan dalam jangka panjang.

Gangguan pendengaran karena kebisingan disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap suara yang terlalu keras atau terlalu lama. Paparan bising semacam ini dapat merusak sel-sel rambut sensorik di telinga yang memungkinkan Anda mendengar. Setelah sel-sel rambut ini rusak, mereka tidak tumbuh kembali dan kemampuan Anda untuk mendengar berkurang.

Kondisi yang lebih umum pada orang tua, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Obat-obatan yang beracun bagi sel-sel sensorik di telinga Anda (misalnya, beberapa obat kemoterapi) juga dapat menyebabkan kehilangan pendengaran.

Jarang, gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia dapat disebabkan oleh kelainan pada telinga luar atau telinga tengah. Abnormalitas seperti itu mungkin termasuk berkurangnya fungsi membran timpani (gendang telinga). Atau berkurangnya fungsi tiga tulang kecil di telinga tengah yang membawa gelombang suara dari membran timpani ke telinga bagian dalam.

Sebagian besar orang tua yang mengalami gangguan pendengaran biasanya disebabkan pertambahan usia dan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan.

Bisakah Mencegah Kehilangan Pendengaran Terkait Usia?

Hingga saat ini, para ilmuwan tidak tahu bagaimana mencegah gangguan pendengaran terkait usia. Namun, Anda dapat melindungi diri dari gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. Caranya dengan melindungi telinga dari suara yang terlalu keras dan terlalu lama. Penting untuk mengetahui sumber potensial dari suara yang merusak. Contohnya seperti musik keras, senjata api, mesin pemotong rumput, dan blower daun. Menghindari suara keras, mengurangi frekuensi terpapar suara keras, dan melindungi telinga dengan penyumbat telinga atau sarung telinga adalah hal-hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi pendengaran Anda dan membatasi jumlah pendengaran yang mungkin akan seiring bertambahnya usia.

Bagaimana Mengetahui Jika Saya Memiliki Masalah Pendengaran Terkait Usia?

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut. Jika Anda menjawab “ya” untuk tiga atau lebih dari pertanyaan-pertanyaan ini, Anda mungkin memiliki masalah pendengaran dan mungkin perlu memeriksa pendengaran Anda.

  • Kadang merasa malu ketika bertemu orang baru karena Anda kesulitan mendengar?
  • Merasa frustasi ketika berbicara dengan anggota keluarga Anda karena Anda kesulitan mendengarnya? 
  • Mengalami kesulitan mendengar atau memahami rekan kerja, klien, atau pelanggan?
  • Merasa dibatasi oleh masalah pendengaran?
  • Mengalami kesulitan mendengar ketika mengunjungi teman, saudara, atau tetangga? 
  • Kesulitan mendengar di film atau di teater?
  • Masalah pendengaran menyebabkan Anda berdebat dengan anggota keluarga?
  • Kesulitan mendengar TV atau radio pada tingkat yang cukup keras untuk orang lain? 
  • Merasa ada kesulitan dengan pendengaran Anda membatasi kehidupan pribadi atau sosial Anda?
  • Kesulitan mendengar keluarga atau teman saat Anda bersama di restoran? 

Diadaptasi dari: Newman, CW, Weinstein, BE, Jacobson, GP, & Hug, GA (1990). Inventarisasi Hearing untuk Orang Dewasa [HHIA]: Kecukupan psikometrik dan korelasi audiometrik. Ear Hear, 11, 430-433.

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Mengalami Kehilangan Pendengaran?

Masalah pendengaran bisa serius. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan jika Anda merasa memiliki masalah pendengaran terkait usia adalah mencari nasihat dari penyedia layanan kesehatan. Ada beberapa jenis profesional yang dapat membantu Anda. Anda mungkin ingin memulai dengan dokter perawatan primer, otolaringologis, audiolog, atau spesialis alat bantu dengar. Masing-masing memiliki jenis pelatihan dan keahlian yang berbeda. Masing-masing dapat menjadi bagian penting dari perawatan kesehatan pendengaran Anda.

  • Otolaryngologist (oh-toe-lair-in-GAH-luh-jist) adalah dokter yang berspesialisasi dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit pada telinga, hidung, tenggorokan, dan leher. Seorang otolaryngologist, kadang-kadang disebut THT, akan mencoba mencari tahu mengapa Anda kesulitan mendengar dan menawarkan opsi perawatan. Ia juga dapat merujuk Anda ke profesional pendengaran lain, seorang ahli audiologi.
  • Seorang audiolog memiliki pelatihan khusus dalam mengidentifikasi dan mengukur jenis dan tingkat gangguan pendengaran. Beberapa audiolog mungkin dilisensikan agar sesuai dengan alat bantu dengar.
  • Seorang spesialis alat bantu dengar adalah seseorang yang dilisensikan oleh negara Anda untuk melakukan dan mengevaluasi tes-tes pendengaran dasar, menawarkan konseling, dan menyesuaikan dan menguji alat bantu dengar.

Perawatan dan Perangkat Apa yang Dapat Membantu?

Perawatan untuk gangguan pendengaran terkait usia akan tergantung pada tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda, sehingga beberapa perawatan akan bekerja lebih baik untuk Anda daripada yang lain. Ada sejumlah perangkat dan alat bantu yang membantu Anda mendengar lebih baik saat mengalami gangguan pendengaran.  Alat bantu dengar adalah alat bantu elektronik paling umum  yang Anda kenakan di dalam atau di belakang telinga Anda untuk membuat suara lebih keras. Untuk menemukan alat bantu dengar yang paling cocok untuk Anda, Anda mungkin harus mencoba lebih dari satu. Pastikan untuk meminta periode uji coba dengan alat bantu dengar Anda dan memahami syarat dan ketentuan periode uji coba. Bekerjalah dengan penyedia alat bantu dengar Anda sampai Anda merasa nyaman menggunakan dan melepaskan alat bantu dengar, sesuaikan level volume, dan ganti baterai.

Sumber : https://www.nidcd.nih.gov/health/age-related-hearing-loss

Please rate this

and share :