Apakah Ada Obat Untuk Tinnitus
Tinnitus

Apakah Ada Obat Untuk Tinnitus?

No ratings yet.

Tinnitus adalah suara yang seakan-akan terdengar di telinga ketika sebenarnya tidak ada suara dari luar yang masuk ke telinga. Peristiwa ini sering didengar sebagai “dengung” di telinga. Bahkan ada beberapa orang menyebutnya “suara di dalam kepala”. Selain suara dengung, banyak orang menggambarkan suara yang mereka dengar sebagai dengungan, desisan, siulan. Bahkan, ada juga beberapa pasien yang merasa bahwa mendengarkan suara musik di dalam telinga mereka meskipun kasus seperti itu sangat jarang terjadi. 

Apakah ada obat untuk menyembuhkan tinnitus?

Pada dasarnya tinnitus bukanlah penyakit. Ia mungkin menganggu kesehatan mental Anda tapi tinnitus tidak bisa disebut sebagai penyakit. Ada banyak hal yang bisa memicu tinnitus. Kemungkinan penyebabnya antara lain paparan suara keras, trauma akustik, gangguan pendengaran, atau karena konsumsi obat-obatan tertentu. Selain itu, ada sekitar 200 masalah kesehatan yang memiliki keterkaitan dengan tinnitus.

Karena munculnya tinnitus dapat dipicu oleh banyak hal, tidak ada obat yang pasti untuk menyembuhkan tinnitus. Ada banyak situs web yang mempromosikan “obat” seperti tetes, suplemen, minyak, dan lotion. Tetapi berhati-hatilah karena manfaat dari sebagian besar obat-obatan tersebut belum terbukti secara ilmiah.

Apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami tinnitus?

Kabar baiknya, masih ada harapan. Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi tinnitus. Sudah banyak alat dan perawatan yang telah diuji dan disempurnakan dari waktu ke waktu. Alat bantu dengar Halo 2 dari Starkey dengan Teknologi Multiflex Tinnitus memiliki teknologi yang telah terbukti dapat membantu meminimalkan suara “berdengung” yang cukup mengganggu. Di malam hari, Anda bisa menggunakan aplikasi Relax pada smartphone untuk membantu saya tertidur. Sebagai seseorang yang mimilki tinnitus, saya sangat merekomendasikan keduanya.

Selain itu, masih banyak alat, perawatan, dan perangkat lain yang tersedia. Untuk memilih solusi yang paling sesuai sebenarnya tergantung dari kebutuhan Anda sendiri, karena tinnitus muncul dalam bentuk yang berbeda-beda pada setiap individu. Ada orang yang tinnitusnya hanya muncul sehari sekali, namun ada juga yang seharian penuh. Itulah mengapa dalam memilih solusi yang tepat  tergantung dari kondisi tinnitus dan kebutuhan Anda

Seangat disarankan untuk melakukan konsultasi terhadap tinnitus yang Anda alami dengan profesional kesehatan pendengaran yang dapat membantu mengatur program pelega tinnitus sesuai kebutuhan Anda. Untuk bertemu dengan profesional kesehatan pendengaran di kota Anda, hubungi 0800 1100 100 atau klik di sini. Mungkin memang tidak ada obat untuk menyembuhkan tinnitus, namun tetap ada cara untuk menikmati hidup seperti orang-orang lain.

Please rate this

and share :