Solusi Masalah Pendengaran

Implan Koklea: Apa, Siapa, dan Bagaimana

No ratings yet.

Ketika kebanyakan orang yang mengalami gangguan pendengaran cukup terbantu dengan penggunaan alat bantu dengar, ada beberapa individu lainnya yang mengalami gangguan pendengaran berat bahkan sangat berat yang tidak cukup terbantu dengan hanya menggunakan alat bantu dengar saja. Gangguan pendengaran dengan tingkatan berat hingga sangat berat ini biasanya disebabkan karena kerusakan pada sel sensorik yang terdapat di dalam telinga sehingga implan koklea pun menjadi solusi terbaik untuk dapat mendengar. Implan koklea adalah perangkat kecil yang ditempatkan di telinga bagian dalam untuk memfasilitasi transmisi suara sehingga pendengaran pun meningkat secara signifikan. Cara kerja perangkat mungil nan rumit ini cukup berbeda dengan alat bantu dengar pada umumnya. Implan koklea tidak memperkuat suara untuk membantu individu dengan kemampuan mendengar yang tersisa, implan koklea menghantarkan suara melalui elektroda yang menggantikan fungsi sel rambut dengan merangsang saraf pendengaran secara langsung. Implan koklea tidak menyembuhkan gangguan pendengaran atau memulihkan pendengaran, namun ia memberikan kesempatan bagi penderita gangguan pendengaran berat untuk merasakan sensasi suara yang masuk melewati telinga bagian dalam yang telah rusak.

 

Bagaimana cara kerja implan koklea?

Implan koklea bekerja dengan menggunakan dua komponen utama yakni prosesor suara yang digunakan pada telinga bagian luar dan bagian dalam yang dipasang melalui operasi implantasi.

  •        Bagian Luar

Komponen eksternal dari implan koklea terdiri dari mikrofon, prosesor suara, dan transmitter (pemancar). Mikrofon dan prosesor suara ditempatkan pada perangkat yang terlihat seperti alat bantu dengar tipe BTE yang dihubungkan ke transmitter oleh sebuah kabel kecil. Transmitter ini terletak di bagian dalam perangkat. Hampir sama dengan cara kerja alat bantu dengar pada umumnya, mikrofon menangkap suara dan mengirimkannya ke prosesor suara untuk dianalisa dan diubah menjadi sinyal digital sebelum dikirimkan ke transmitter. Lalu transmitter akan mengubah sinyal menjadi kode dan mengirimkannya ke receiver melalui penghubung magnetik.

  •        Bagian Dalam

Bagian internal implan koklea terdiri dari receiver yang terletak di bawah kulit pada tulang temporal dan kumparan elektroda. Receiver mengumpulkan sinyal dari transmitter dan mengubahnya menjadi getaran elektrik lalu mengirimkannya ke elektroda yang sudah dimasukkan ke telinga bagian dalam. Elektroda tersebut kemudian merangsang saraf pendengaran secara langsung pada seluruh bagian koklea dan otak akan menafsirkan sinyal tersebut sebagai suara.

 

Siapa yang memerlukan implan koklea?

Tidak ada pengecualian kepada siapa seharusnya implan koklea ini diberikan. Solusi implan koklea ini pada umumnya ditentukan berdasarkan kasus gangguan pendengaran yang dialami, yakni gangguan pendengaran dengan tingkatan yang berat sehingga tidak lagi dapat ditangani hanya dengan menggunakan alat bantu dengar biasa.  Anak-anak dan orang dewasa memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan implan koklea tergantung dari tingkat gangguan pendengaran yang diderita. American Speech-Language-Hearing Association menyebutkan bahwa anak-anak dengan gangguan pendengaran minimal usia 1 tahun sudah cukup memenuhi syarat untuk melakukan implan koklea. Para ahli merekomendasikan implantasi seharusnya dilakukan sedini mungkin mengingat mereka juga akan memasuki masa mengenali bahasa sehingga kemampuan bicara pada anak tidak ikut terganggu.

 

Apa manfaat yang didapat dari implan koklea?

Sudah banyak orang melakukan implantasi koklea ini dan menyebutkan beberapa manfaat yang dirasakan, antara lain:

  •        Mendengar lebih baik dengan implan koklea dari pada alat bantu dengar biasa
  •        Bisa lebih fokus dalam mendengar ketika berada di lingkungan yang bising atau berisik
  •        Dapat mendengar suara atau bunyi yang tidak bisa didengar sebelum menggunakan implan koklea
  •        Merasa lebih aman karena dapat menjadi lebih waspada ketika berada di suatu lingkungan. Contohnya, dapat mendengar saat ada orang yang memanggil, saat ada kendaraan yang mendekat, atau saat mendengar bunyi alarm.
  •        Dapat berbicara dan mendengar jauh lebih baik saat di telepon
  •        Dapat menikmati musik dengan lebih nyaman

Dapatkan pelayanan implan koklea terbaik di sini

Please rate this

and share :