Tips Melakukan Video Conference Untuk Orang Dengan Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

Tips Melakukan Video Conference Untuk Orang Dengan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Saat ini, kerja dari rumah melalui video conference memiliki konsekuensi yang cukup besar, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Di banyak komunitas, termasuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran – sekarang bekerja, bersekolah, dan menghabiskan sebagian besar waktu luang di rumah, dengan akses terbatas ke orang lain dan peralatan untuk berkomunikasi.

Bagi mereka yang terbiasa berkomunikasi secara langsung dengan membaca bibir atau menggunakan isyarat kontekstual, “new normal” ini bisa menjadi tantangan.

Saat melakukan video conference, layar tampilan yang macet dan atau video dapat di ubah dalam mode hanya audio untuk mereka yang pendengaran normal. Namun tidak untuk mereka yang kesulitan mendengar. 

Jadi apa yang dapat dilakukan untuk membantu membangun lingkungan inklusif untuk bisnis, sekolah dan komunikasi dirumah?

  • Individu dengan gangguan pendengaran harus proaktif untuk memberitahu orang lain mengenai tantangan yang mereka alami saat melakukan video conference. Beritahu orang lain bahwa Anda memiliki gangguan pendengaran dan berikan petunjuk jika memungkinkan untuk membantu mereka berkomunikasi lebih efektif dengan Anda.
  • Bereksperimenlah dengan berbagai alat komunikasi. Dengan semakin banyaknya percakapan yang beralih ke panggilan telepon dan video, serta obrolan langsung dengan menggunakan masker medis, Anda mungkin memerlukan alat tambahan untuk berkomunikasi. Seperti pena dan kertas bisa menjadi pilihan untuk membantu komunikasi Anda.
  • Gunakan platform konferensi video yang menawarkan teks instan atau langsung.
  • Sediakan catatan kecil jika diperlukan.

Coronavirus memberikan pengingat bahwa waktu dan kehidupan sangat berharga dan dapat berubah dalam hitungan detik. Komunikasi untuk tujuan sosial, bisnis dan pendidikan menjadi hal yang lebih penting dari sebelumnya.

Prioritaskan kesehatan pendengaran Anda dengan tetap berhubungan dengan ahli kesehatan pendengaran. Di ABDI, kami menerapkan protokol kesehatan di seluruh outlet untuk memastikan layanan yang kami berikan nyaman dan higienis untuk customer. Hubungi kami disini untuk informasi lebih lanjut seputar layanan berbasis protokol kesehatan selama pandemi covid 19 ini.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2020/04/22/13/19/videoconferencing-with-hearing-loss

Please rate this

and share :