Tips Beradaptasi Saat Pertama Kali Menggunakan Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Tips Beradaptasi Saat Pertama Kali Menggunakan Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Banyak orang tidak mengetahui bahwa perlu waktu untuk membiasakan diri dengan alat bantu dengar, terutama jika Anda belum pernah menggunakan sebelumnya.

Seiring dengan mempelajari cara kerjanya, Anda juga harus beradaptasi dengan semua suara dan rangsangan baru yang telah dilupakan oleh otak Anda dalam beberapa waktu terakhir. Profesional perawatan pendengaran menjadi mitra penting saat Anda belajar menggunakan alat bantu dengar.

Bagi sebagian orang, perubahan terbesar adalah suara mereka sendiri. Anda mungkin menemukan bahwa, pada awalnya, suara Anda terdengar lucu atau asing, dan mungkin juga terdengar lebih keras dari yang Anda inginkan. Mengunyah dan menelan mungkin juga akan terdengar. Sensasi ini, yang awalnya mengganggu, akan hilang semakin sering Anda memakai alat bantu dengar.

Tips membiasakan diri dengan alat bantu dengar

1. Pakai dulu di rumah

Mulailah dengan memakai alat bantu dengar Anda di rumah atau di lingkungan mendengar yang tenang. Berfokuslah untuk melakukan percakapan satu lawan satu. Beri tahu teman dan keluarga bahwa Anda sedang menggunakan alat bantu dengar baru sehingga mereka dapat membantu Anda tetap berkomitmen untuk mendengar lebih baik saat Anda memakai alat bantu dengar di lingkungan yang lebih menantang. Membaca dengan keras atau berbicara dengan hewan peliharaan Anda juga dapat membantu Anda terbiasa dengan suara Anda sendiri.

2. Beri diri Anda pekerjaan rumah

Untuk latihan ekstra dengan alat bantu dengar, coba temukan sumber semua suara di lingkungan Anda, atau dengarkan musik atau radio saat Anda sendirian di rumah.

3. Beristirahatlah

Gunakan beberapa jam di hari pertama, lalu beberapa jam lagi setiap hari setelahnya. Secara bertahap tingkatkan jumlah jam Anda memakainya per hari, dan situasi lingkungan sekitar saat Anda memakainya.

4. Rutin melakukan kunjungan tindak lanjut

Anda harus menemui profesional perawatan pendengaran untuk kunjungan tindak lanjut untuk menyempurnakan suara yang Anda dengar, menyesuaikan diri dengan pendengaran baru dan berbicara tentang situasi yang paling sulit bagi Anda saat menggunakan alat bantu dengar. Kebanyakan orang mengunjungi audiolog mereka sekitar dua minggu setelah pemasangan pertama untuk menyetel perangkat dan mungkin menyesuaikan volumenya.

5. Menghadiri kelas perawatan alat bantu dengar

Jika profesional perawatan pendengaran Anda menawarkan kelas orientasi untuk pemakai alat bantu dengar baru, pastikan untuk mendaftar. Kelas-kelas ini sangat membantu dan menghasilkan kepuasan yang lebih besar dengan penggunaan alat bantu dengar.

6. Antisipasi frustasi, terutama dengan kebisingan latar belakang

Jika Anda tidak dapat mendengar dengan baik selama beberapa tahun, alat bantu dengar akan membanjiri telinga Anda dengan suara yang tidak Anda sadari sebelumnya. Kondisi ini dapat menyebabkan Anda merasa terganggu, terdengar sangat berisik atau tidak tertahankan. Ini karena otak Anda lupa cara memilah kebisingan latar belakang dan memprioritaskan suara tertentu. Orang yang menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar baru harus mempelajari kembali cara mengabaikan kebisingan latar belakang, dan penting bagi mereka untuk bersabar karena otak  sedang menyesuaikan diri.

7. Laporkan rasa sakit

Alat bantu dengar mungkin dapat menyebabkan sedikit nyeri pada awal penggunaannya. Tetapi jika hingga menyebabkannya sakit telinga, Anda harus segera kembali ke audiolog untuk mengatasi masalah tersebut. 

Pertimbangkan rehabilitasi pendengaran

Jika Anda telah kesulitan bahkan tidak mendengar dengan baik untuk sementara waktu, Anda dapat memperoleh manfaat dengan melakukan perawatan tambahan berupa pelatihan pendengaran atau rehabilitasi. Jangan khawatir—sama seperti otot yang mengalami atrofi ketika sudah lama tidak digunakan, begitu pula sistem pendengaran kita. Perlu “berolahraga” untuk mendapatkan kembali apa yang telah hilang.

Mengapa Anda harus bekerja dengan ahli kesehatan pendengaran

Tingkat gangguan pendengaran bervariasi, sama seperti resep kacamata, itulah sebabnya setiap orang harus dievaluasi oleh ahli kesehatan pendengaran. Mereka tidak hanya dapat menentukan seberapa baik Anda mendengar dan membantu Anda mengidentifikasi alat bantu dengar terbaik untuk mengatasi gangguan pendengaran Anda, mereka juga memberikan perawatan lanjutan untuk memastikan perangkat Anda sesuai dan bekerja sesuai yang ditentukan.

Jika Anda memiliki alat bantu dengar tetapi tidak memakainya karena tidak memenuhi harapan, segera kunjungi ahli kesehatan pendengaran Anda.

Untuk bantuan dalam menemukan konsultan pendengaran yang berkualifikasi di sekitar, kunjungi kami di sini untuk melihat lokasi terdekat dari tempat Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/51911-How-to-help-a-loved-one-get-accustomed-to-new-hearing-aids

Please rate this

and share :