Cara Perawatan Alat Bantu Dengar Yang Tepat
Alat Bantu Dengar

Cara Perawatan Alat Bantu Dengar Yang Tepat

No ratings yet.

Kita sudah sering membahas tentang perawatan alat bantu dengar secara umum pada beberapa artikel sebelumnya. Namun banyaknya jenis alat bantu dengar, memungkinkan munculnya banyak pertanyaan apakah semua alat tersebut memiliki sistem perawatan yang sama?. Untuk mengetahuinya, mari kita simak beberapa fakta di bawah ini.

Cara Perawatan Alat Bantu Dengar yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyeka dengan hati-hati dengan kain lembut atau tisu kering. Lakukan hal ini saat alat bantu dengar tidak digunakan lagi, biasanya pada malam hari sebelum Anda tidur. Selanjutnya, periksa bagian alat bantu dengar yang masuk ke dalam saluran telinga. Jika terdapat kotoran telinga telah menumpuk, Anda harus menghilangkannya. Sebagian besar penyedia alat bantu dengar akan memberi Anda alat pembersih, yang bisa berupa sikat, pemetik kawat atau kombinasi keduanya. Terakhir, buka pintu baterai dan tempatkan alat bantu dengar di dalam mesin pengering atau kotak penyimpanannya. Hal ini memungkinkan udara masuk ke alat bantu dengar dan membantu mengurangi kelembaban yang mungkin menumpuk ketika alat bantu dengar berada di saluran telinga. Ini juga membantu memperpanjang usia baterai.

Gunakan sikat yang disediakan untuk alat bantu dengar. Sikat dengan hati-hati untuk membersihkan kotoran telinga. Beberapa pasien menemukan bahwa menggunakan sikat gigi bekas adalah metode yang efektif untuk menghilangkan kotoran telinga. 

Prosedur pembersihan semua jenis alat bantu dengar pada dasarnya sama. Jangan gunakan pelarut atau alkohol pada alat bantu dengar karena ada kemungkinan mereka dapat menghancurkan bahan alat bantu dengar. Ada semprotan khusus yang bisa Anda beli yang dirancang khusus untuk membersihkan dan mensterilkan alat bantu dengar. Tanyakan pada audiolog Anda tentang produk-produk ini.

Hal yang Harus Diperhatikan

Jangan biarkan alat bantu dengar menjadi basah. Hindari mandi, berenang atau sauna dengan alat bantu dengar di telinga Anda.

Jangan menempatkan alat bantu dengar dalam panas langsung. Panas akan merusak alat bantu dengar dalam waktu yang agak singkat. Untuk mengeringkan alat bantu dengar, cukup buka tempat baterai dan biarkan mengering sendiri. Ada juga pengering khusus yang dapat melakukan pekerjaan luar biasa dalam mengeringkan alat bantu dengar. Tanyakanlah pada audiolog Anda tentang barang-barang ini. Ingat, jangan pernah menyimpan alat bantu dengar di dekat sinar matahari langsung atau sumber panas. 

Jangan jatuhkan alat bantu dengar. Jika alat bantu dengar jatuh di atas karpet, permadani, atau furniture yang berlapis kain, biasanya alat itu tidak akan mengalami kerusakan. Tetapi jika jatuh di permukaan yang keras atau kasar maka berpotensi merusak alat bantu dengar. 

Jangan gunakan semprotan rambut, krim, atau gel pada rambut Anda saat memakai alat bantu dengar. Bahan-bahan ini dapat menyumbat mikrofon dan bahkan dapat memecah casing alat bantu dengar. Gunakan produk rambut Anda terlebih dahulu dan kemudian baru gunakan alat bantu dengar.

Jangan menyimpan alat bantu dengar dimana anak-anak kecil atau hewan peliharaan dapat menjangkau mereka. Hewan peliharaan dapat menghancurkan investasi Anda dalam hitungan detik. Anak kecil suka bereksperimen dengan alat bantu dengar dan secara tidak sengaja dapat menelan baterai.

Apakah Kotoran Telinga Mempengaruhi Kinerja Alat Bantu Dengar?

Pertama, kotoran telinga dapat menyumbat mikrofon atau penerima suara apada alat bantu dengar. Sehingga menghalangi suara ke telinga. Akumulasi kotoran telinga dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan alat bantu dengar memiliki umpan balik atau feedback. Jika alat bantu dengar Anda mengalami umpan balik atau feedback, segera temui audiolog atau dokter Anda. Mungkin ada kotoran telinga di saluran telinga yang perlu diangkat.

Untuk mendapatkan bantuan lebih banyak dan mengetahui jenis alat bantu dengar dan perawatannya secara tepat, Anda bisa mengunjungi website ABDI di sini.

Sumber : https://www.verywellhealth.com/hearing-aid-care-and-maintenance-1046603

Please rate this

and share :