Solusi Masalah Pendengaran

Panduan Sebelum Membeli Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Panduan membeli alat bantu dengar ini dimaksudkan agar Anda tidak salah dalam memilih alat bantu dengar yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal tersebut menjadi salah satu perhatian utama para industri layanan alat bantu dengar. Tidak peduli latar belakang pendidikan atau pengalaman profesional layanan kesehatan pendengaran yang Anda pilih, Anda harus berharap diperlakukan dengan  hormat karena setiap pusat alat bantu dengar berfokus pada permintaan dan kebutuhan individual Anda. Ada lima fase berbeda dari pengalaman pelanggan yang berkaitan dengan proses mendapatkan alat bantu dengar. Berikut adalah panduan membeli alat bantu dengar Anda.

Kumpulkan informasi dan atur jadwal pertemuan pertama dengan audiologis yang Anda pilih
Langkah ini Anda perlukan untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai gangguan pendengaran, pilihan perawatan, dan jadwal kontrol rutin. Anda bisa mencari kontak informasi audiologis atau pusat alat bantu dengar terpercaya di kota Anda di internet. Saat ini, sudah banyak sekali website-website pusat alat bantu dengar yang menyediakan tes pendengaran gratis, informasi seputar gangguan pendengaran, dan yang pasti informasi mengenai alat bantu dengar.

  • Konseling atau proses konsultasi
    Audiologis profesional tahu bahwa ia perlu memberikan sejumlah waktunya untuk mengenal Anda secara personal, terutama untuk mencarai tahu jenis dan tingkat ganggauan pendengaran yang Anda alami. Pertemuan pertama Anda dengan audiologis biasanya akan disertai dengan beberapa tes pendengaran objektif untuk mengidentifikasi gangguan pendengaran yang mungkin dialami. Selanjutnya, audiologis akan menyarankan tipe alat bantu dengar apa yang paling sesuai untuk kasus gangguan pendengaran yang Anda alami.
  • Trial time
    Untuk memastikan bahwa pilihan Anda benar setelah berkonsultasi dengan audiologis, Anda bisa meminta waktu percobaan atau trial time terhadap alat bantu dengar  yang Anda beli. Cari tahu juga secara detail tentang mekanisme pengembalian alat jika ternyata alat bantu dengar yang disarankan tersebut tidak menunjukkan fungsi yang optimal untuk gangguan pendengaran Anda.
  • Pilih alat bantu dengar yang bergaransi
    Ketika akan membeli alat bantu dengar, pastikan bahwa Anda memilih perangkat yang bergaransi selama waktu tertentu. Biasanya, alat bantu dengar juga memiliki layanan pasca-beli yakni servis yang dilakukan oleh profesional di tempat Anda membeli alat bantu dengar tersebut. Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut secara gratis untuk membersihkan alat bantu dengar Anda maupun untuk memeriksakan kondisi perangkat tersebut secara rutin agar tdapat terus berfungsi secara optimal.
  • Sesuaikan dengan budget
    Sudah bukan rahasia jika harga alat bantu dengar yang ada di pasaran tidaklah murah. Hal ini dikarenakan teknologi canggih yang dimiliki alat bantu dengar dengan ukuran cukup kecil namun manfaat yang diberikan luar biasa. Alat bantu dengar terbukti meningkatkan kualitas hidup puluhan juta para pendenrita gangguan pendengaran di seluruh dunia. Maka selain poin-poin di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan budget yang Anda miliki untuk mendapatkan alat bantu dengar terbaik dengan ukuran budget tersebut. Biasanya alat bantu dengar juga dilengkapi dengan aksesories yang dijual terpisah sehingga Anda perlu membayar lebih. Belum lagi jika Anda memerlukan jasa profesional untuk melakukan sesuatu pada alat bantu dengar tersebut di masa yang akan datang. Maka dari itu, Anda juga perlu teliti apakah asuransi kesehatan Anda meliputi pembelian alat bantu dengar atau tidak.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa alat bantu dengar tidak akan mengembalikan kemampuan mendengar Anda. Ia hanya membantu Anda mendengar dengan lebih jelas dan lebih baik dengan keterbatasan pendengaran yang Anda alami. Selain itu, pada awal pemakian alat bantu dengar mungkin Anda memerlukan cukup waktu untuk beradaptasi dengan perangkat tersebut di telinga Anda. Suara-suara di sekitar Anda pun mungkin juga akan terdengar berbeda dari sebelum Anda menggunakan alat bantu dengar. Terus menggunakannya di setiap situasi dan lingkungan yang berbeda akan membantu Anda untuk menyesuaikan diri secara lebih cepat.

Please rate this

and share :