Kegiatan Untuk Lansia Pengidap Demensia
Solusi Masalah Pendengaran

Kegiatan Untuk Lansia Pengidap Demensia

No ratings yet.

Kegiatan sehari-hari dapat menjadi terlalu sulit untuk orang dewasa yang lebih tua dengan Alzheimer atau demensia. Tapi, seperti kita semua, mereka masih ingin merasa sukses dan bermanfaat. Itulah mengapa kegiatan tanpa risiko kegagalan untuk penderita demensia sangat penting. Hal ini akan menumbuhkan semangat pada diri mereka bahwa mereka akan selalu berhasil, apapun yang terjadi.

Dengan senang hati terlibat dalam aktivitas yang memuaskan mengurangi agitasi, kecemasan, depresi, dan kemarahan. Bahkan dapat mengurangi perilaku yang menjengkelkan bahkan mengurangi kebutuhan akan obat-obatan.

Untuk membantu lansia agar merasa produktif dan sukses, kami punya 6 ide aktivitas sederhana. Plus, bisa dilakukan secara gratis atau biaya sangat rendah.

6 Aktivitas Untuk Penderita Demensia

Setiap orang berbeda, sehingga mungkin perlu eksperimen atau pemikiran kreatif untuk menemukan kegiatan yang menarik bagi mereka.

Catatan keselamatan : Hindari benda tajam dan hanya berikan barang yang aman digunakan untuk lansia pengidap demensia. Misalnya, jika mereka cenderung meletakkan benda-benda di mulut atau mengikat bagian-bagian tubuh. Maka hindari benang, barang-barang kecil, atau benda-benda yang akan pecah ketika digigit.

Melipat Handuk

Meminta para lansia untuk membantu Anda melipat cucian adalah cara yang bagus untuk membuat mereka sibuk. Memberi mereka kegiatan yang bisa membuat mereka merasa sukses, dan membantu mereka merasa seperti mereka berkontribusi pada rumah tangga.

Tujuannya adalah agar mereka tetap terlibat. Yang terbaik adalah menggunakan handuk tangan karena handuk itu kecil dan mudah dilipat. Tidak peduli seberapa baik atau buruk handuk dilipat, intinya adalah bahwa mereka merasa senang dengan aktivitas tersebut.

Membuat Kotak Memori 

Memori atau barang bekas dapat membantu para lansia dengan demensia merasa terhubung dengan karier masa lalu dan hobi mereka sebelumnya. Dapatkan segala jenis kotak dan isi dengan benda-benda yang akan mereka gunakan di tempat kerja. Salinan foto dan kenang-kenangan yang tidak penting, atau benda-benda dari hobi mereka terdahulu.

Misalnya, untuk mantan pekerja kantoran, buat kotak yang mengingatkan mereka akan karier mereka. Sertakan klip kertas, pensil, penghapus, kertas, surat (junk mail), kalkulator, folder file, notes, dll di dalam kotak.

Jika orang itu biasa melakukan pekerjaan praktis. Isi kotak dengan mur, baut, potongan pipa pvc dan alat kelengkapannya, sepotong kayu (tanpa serpihan), amplas halus, dan benang.

Lansia yang suka memasak atau membuat kue mungkin akan menyukai sendok ukur, pengaduk, spatula, dan barang-barang terkait lainnya. Kegiatan ini bisa digunakan untuk semua jenis pekerjaan atau hobi, yang dilakukan para manula tersebut di masa lalu.

Mengurai Simpul Tali

Ini adalah sebuah kegiatan ringan yang hanya membutuhkan bahan tali yang cukup tebal untuk diuraikan. Karena kegiatan ini ditujukan untuk lansia yang terkena demensia maka Anda cukup mengikat tali tersebut secara longgar. Beberapa simpul sederhana dan minta para lansia tersebut untuk membantu Anda melepaskan ikatannya.

Mengelompokkan Kain Perca

Ini menyenangkan untuk semua orang, tetapi terutama bagi seseorang yang terbiasa menikmati kerajinan menjahit atau kain. Gunakan sebuah kotak dan letakkan puluhan potongan kain di dalamnya. Cobalah untuk mendapatkan warna yang berbeda dan berbagai tekstur seperti renda, kain, sutra, beludru, wol, kapas, dll.

Anda kemudian bisa meminta para lansia dengan demensia untuk memilahnya sehingga mereka dapat menikmati kegiatan sentuhan, pelipatan, dan penyortiran kain.

Menempelkan Potong Gambar dari Majalah atau Kalender

Para lansia mungkin suka membuka-buka majalah atau kalender tua dan memotong gambar yang mereka sukai. Yang terbaik adalah menggunakan majalah yang mencerminkan hobi atau minat mereka.

Anda bisa menyediakan kertas kosong dan bagi mereka yang menikmatinya, mereka juga dapat menempelkan gambar-gambar itu ke dalam kertas kosong tersebut, menciptakan “lembar memo” yang menyenangkan

Membuat Teka-Teki Gambar Puzzle

Cetak salinan foto keluarga atau pemandangan favorit yang khusus untuk para lansia dengan demensia. Anda juga dapat mencetak foto atau gambar yang mereka sukai, seperti mobil, buah berwarna-warni, dll. Laminasi foto dan potong menjadi empat (atau lebih) potongan berbentuk puzzle untuk membuat puzzle yang dipersonalisasi.

Beberapa kegiatan diatas dapat menjadi inspirasi tanpa batas Anda dalam membersamai orang-orang tercinta yang menderita demensia.

Sebagai langkah antisipatif berikutnya,tidak ada salahnya, Anda mulai melakukan pemeriksaan pendengaran sejak dini jika menemukan ada orang-orang tercinta di sekitar Anda yang mulai mengalami gangguan pendengaran untuk menghindari kemungkinan resiko adanya demensia terkait gangguan pendengaran.

Anda bisa menghubungi profesional perawatan terdekat di kota Anda untuk mendapatkan pemeriksaan dan tes pendengaran secara mudah dengan klik di sini.

Sumber : https://dailycaring.com/activities-for-people-with-dementia-10-fun-no-fail-ideas/

Please rate this

and share :